Manfaat Bumbu Dapur Ini untuk Pelengkap dan Pelezat Masakan

4 Feb 2022 13:15 1294 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Bumbu Dapur Ini Untuk Pelengkap Dan Pelezat Masakan.

Siapa pun pastilah setuju dengan pendapat yang satu ini yaitu bahwa salah satu kunci dari kelezatan sebuah masakan adalah terletak dari pandainya anda menggunakan beragam bumbu dapur yang terdiri dari rempah-rempah masing-masing akan menyumbangkan rasa yang unik mendukung hasil akhir masakan yaitu cita rasa enak di lidah. Apalagi kalau anda berbicara mengenai ragam masakan Nusantara, bumbu-bumbu dapur khas Nusantara sudah menjadi rahasia umum diantara para ahli kuliner di dunia. Dimana diketahui bahwa ada banyak sekali bumbu dapur yang ada di Indonesia memiliki fungsi dan karakter yang berbeda-beda. Yuk kenali lebih dekat berbagai bumbu dapur wajib ada di dapur khas Nusantara untuk membantu kesempurnaan cita rasa masakan yang sedang anda siapkan.

1/ Bawang Merah & Bawang Putih

Kedua jenis bumbu dapur ini yaitu bawang merah dan bawang putih merupakan rempah khas Nusantara paling populer di Indonesia dimana hampir digunakan sebagai bumbu dasar dari berbagai hidangan. Bermanfaat memberikan rasa yang gurih pada masakan yang anda buat, kedua bumbu ini juga kerap digunakan karena mengeluarkan aroma yang harum ketika ditumis / digoreng dengan mentega. Selain diolah bersama dengan bumbu rempah lainnya sebagai pelezat suatu sajian, bawang merah dan bawang putih kerap digoreng garing untuk dijadikan sebagai bawang goreng pelengkap hidangan dengan cara ditaburi di atas makanan seperti soto, nasi goreng, bubur ayam dan masakan Nusantara lainnya.

2/ Berbagai jenis cabai

Bahan dasar dapur yang kedua adalah cabai. Karena di Indonesia dikenal menyimpan beragam kuliner yang rata-rata bercita rasa pedas, maka ada banyak sekali varian dari bumbu dapur yang satu ini dengan tingkatan yang berbeda-beda. Untuk memperoleh tingkat pedas yang paling tinggi, anda bisa mencoba menggunakan caai rawit dan cabai burung sedangkan cabai keriting bisa dijadikan pilihan pemberi rasa pedas masakan namun tidak setajam cabai rawit. Bumbu dapur yang satu ini biasa diolah dengan cara ditumbuk dan dihaluskan dalam hidangan Nusantara. Pada hidangan yang lebih modern, cabai pada umumnya disajikan dengan cara diiris sebelum digunakan untuk memasak. Bisa juga digunakan dalam keadaan segar atau cabai dikeringkan.

3/ Jahe

Selain dikenal sebagai salah satu bahan dasar memasak, jahe kerap digunakan sebagai obat tradisional mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit ringan. Jahe mempunyai cita rasa pedas yang biasa digunakan untuk kuliner bersantan dan ragam masakan ditumis. Selain sebagai bahan pelengkap dan pelezat beberapa jenis masakan, jahe juga kerap menjadi bahan dalam membuat beragam jenis minuman hangat tradisional seperdi kopi jahe, susu jahe atau wdang jahe.

4/ Merica

Selama ini merica dikenal dengan nama lada merupakan salah satu bumbu dapur yang menyimpan cita rasa pedas dan agak pahit. Merica atau lada biasa menjadi bagian dari hidangan khas Nusantara seperti beberapa diantaranya adalah bumbu ayam goreng, sop dan hidangan dengan bumbu lengkap lainnya. Bumbu dapur ini tersedia dalam bentuk bubuk yang digunakan sebagai pelengkap makanan siap saji. Lada bubuk bisa ditaburkan ke berbagai makanan seperti mie ayam, soto, nasi goreng, bakso atau yang lainnya.

5/ Serai

Bumbu dapur yang kelima adalah mempunyai fungsi untuk memberikan aroma pada masakan berkuah yang sedang anda olah. Memiliki bentuk menyerupai rumput ilalang, serai atau sereh ini digunakan dengan cara diiris tipis-tipis atau dimemarkan bagian bongolnya. Selain pada masakan tertentu, serai juga digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman tradisional hangat lainnya.

6/ Daun Salam

Jika kebanyakan bumbu dapur merupakan umbi, maka bumbu dapur yang keenam ini adalah berupa daun. Daun salam mempunyai fungsi memberikan aroma khas dalam beragam masakan Nusantara yang anda buat untuk keluarga seperti lodeh, opor dan yang lainnya. Daun salam juga bisa membantu mengusir aroma-aroma tidak sedap atau amis dari hidangan seafood. Maka dari itu daun salam selalu menjadi salah satu bumbu pelengkap ikan bakar atau pepes ikan.

7/ Lengkuas

Sekilas pandang bumbu dapur yang satu ini terlihat menyerupai bentuk jahe namun lengkuas menyimpan cita rasa dan fungsi yang berbeda. Lengkuas pada umumnya digunakan untuk memasak kuliner bersantan, sayur asam dan beragam masakan tumisan. Memiliki aroma lebih wangi dengan rasa pahit yang tajam agak keasaman, menjadikan salah satu bumbu dapur terpopuler di Indonesia dengan nama lainnya yaitu laos.

8/ Kunyit

Apabila anda sering menikmati kuliner khas Nusantara seperti opor dan kari berwarna khas yaitu kekuningan maka bumbu dapur yang satu inilah yang memiliki peran dalam memberikan warna cerah tersebut seperti halnya pada masakan nasi kuning. Kunyit tidak hanya digunakan untuk memberikan warna menarik pada sajian yang sedang anda masak tetapi juga menghilangkan aroma tak sedap dari bahan-bahan makanan berbentuk daging baik itu sapi, ayam atau ikan laut. Juga, bumbu dapur yang satu ini merupakan bahan dasar digunakan dalam membuat jamu tradisional.

9/ Kayu Manis

Bumbu dasar dapur yang kesembilan adalah kayu manis yang sebenarnya merupakan kulit kayu yang diambil dari beberapa jenis spesies pohon Cinnamomum. Memberikan aroma manis, bumbu dapur ini juga menyumbangkan rasa segar pada beragam masakan yang anda buat. Selain pada hidangan masakan, bumbu dasar ini juga kerap menjadi pelengkap bahan membuat minuman dan pelezat kue.

10/ Bunga Lawang

Apabila anda ingin memberikan aroma yang lezat pada masakan tertentu maka gunakan bumbu dapur yang satu ini sebagai pilihan pelengkap bumbu masakan anda. Dikenal dengan nama kembang lawang atau pekak, bumbu dasar ini tidak hanya terkenal sebagai pelengkap bumbu masakan Nusantara tetapi juga digunakan sebagai bahan pelezat pada beberapa jenis masakan dari negara lainnya di Asia dan Cina. Cita rasa dari bumbu ini agak pahit sehingga penggunaannya haruslah sesuai takaran agar tidak merusak cita rasa asli dari kuliner yang sedang anda masak.

Itulah 10 jenis bumbu dasar dapur yang cukup sering ditemukan dan digunakan dalam hidangan khas Nusantara. Dengan memahami fungsi serta karakter setiap bumbu dapur tersebut, anda tentu akan lebih mudah menyajikan berbagai hidangan lezat buat keluarga di rumah.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel