Penyebab Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur dan Waktu Tepat untuk Kunjungan Dokter

3 Feb 2022 12:10 759 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Penyebab Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur Dan Waktu Tepat Untuk Kunjungan Dokter.

Apakah anda pernah merasakan sakit pinggang terutama ketika baru bangun tidur ? Kenali penyebabnya untuk memudahkan anda mengatasi dan memberikan obat. Sakit pinggang yang terlalu sering diderita saat bangun tidur bisa menyebabkan hari-hari anda menjadi terganggu. Hal yang lebih buruk adalah ketika anda tidak tahu alasan di balik sakit pinggang yang sedang anda derita. Padahal dengan mengetahui penyebabnya maka diharapkan bisa membantu mencarikan cara untuk mengatasinya. Keluhan sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti masalah otot, ginjal, saraf atau tulang belakang. Bila menyebar hingga area kaki maka bisa disebabkan oleh terjepitnya saraf.

Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur Dan Penyebabnya

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan anda merasakan sakit pinggang saat bangun tidur, antara lain sebagai berikut :

1/ Dalam kondisi fibromyalgia

Fibromyalgia adalah sejenis gangguan kronis yang memicu munculnya nyeri di berbagai bagian tubuh. Hingga saat ini penyebab fibromyalgia masih belum diketahui dengan pasti namun penelitian menjelaskan bahwa penyakit ini erat hubungannya dengan gangguan pada sistem saraf pusat. Selain memunculkan sakit pada bagian pinggang, gejala lain dari kondisi ini adalah kelelahan, insomnia, masalah memori dan konsentrasi, sakit kepala, sindrom iritasi usus besar, mati rasa dan kesemutan di bagian lengan dan kaki. Karena penyebab utama belum diketahui maka fibromyalgia belum bisa diatasi dengan tuntas. Pengobatan yang ditujukan hanya untuk membantu mengendalikan gejala yang dialami penderita.

2/ Bangun dari tempat tidur dengan tidak semestinya

Cara anda bangun pagi hari dari tempat tidur bisa menjadi vital untuk mencegah rasa nyeri yang biasanya muncul di waktu pagi hari. Jika seseorang cukup mendapatkan waktu istirahat, membangunkan badan terlalu cepat atau menekuk terlalu jauh ke depan ketika bangun tidur bisa menyebabkan ketegangan di area punggung bagian bawah. Untuk dapat mengurangi risiko sakit pinggang saat bangun tidur di waktu pagi hari, lakukanlah gerakan-gerakan perlahan menuju ke tepi tempat tidur. Kemudian baru bangun dengan bantuan menggunakan lengan untuk pengungkit, pindahkan ke posisi duduk dengan kaki menggantung di sisi tempat tidur. Ambil beberapa detik waktu untuk menyesuaikan posisi ini lalu perlahan-lahan letakkan kaki di lantai dan berdiri.

3/ Penyakit cakram degeneratif

Faktor usia yang menjadi semakin tua bisa menjadi penyebab keausan pada cakram di sumsum tulang belakang. Kondisi ini bisa mengakibatkan terjadinya penyempitan kanal tulang belakang. Dokter memvonis penyempitan ini sebagai arthritis tulang belakang atau penyakit cakram degeneratif. Penyakit ini bisa menekan saraf tulang belakang yang menyebabkan munculnya rasa sakit dan berkurangnya mobilitas yang umumnya akan mempengaruhi kondisi punggung bagian bawah atau leher. Rasa sakit dapat berkisar dari yang ringan-ringan saja hingga sangat parah dan bisa menyebar ke bagian lain dari tubuh. Jika anda mengalami gejala ini maka disarankan untuk segera berobat ke dokter dimana pertolongan sejak dini dapat membantu menurunkan risiko komplikasi. 

4/ Osteomalasia

Osteomalasia adalah sebuah kondisi buruk dimana tulang melemah karena kekurangan vitamin D. Maka anda akan mengalami rasa nyeri tulang kronis yang berkepanjangan. Nyeri ini akan semakin memburuk saat bangun pagi hari setelah tubuh anda berada pada posisi yang sama sepanjang malam sehingga bisa menyebabkan sakit pinggang saat bangun tidur. Terapi yang pas untuk osteomalasia adalah penambahan suplemen vitamin D dan kalsium guna memperkuat tulang. Namun sebelumnya kondisi ini perlu anda konsultasikan ke dokter spesialis ortopedi agar dapat ditangani dengan lebih teliti dan terfokus.  

5/ Melakukan aktivitas berat

Riwayat kegiatan / aktivitas seperti olahraga berat yang membebani otot serta struktur lain di pinggang dan sekitarnya bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri. Contohnya adalah angkat beban atau olahraga intens mendadak di luar kebiasaan. Maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan postur aktivitas dan olahraga yang baik dan benar serta menyesuaikan intensitas kegiatan sesuai dengan kemampuan. Biasakan untuk melakukan pemanasan dan peregangan sebelum dan sesudah olahraga. Untuk sakit pinggang yang berhubungan dengan olahraga maka anda bisa mencoba mengatasinya dengan mengompres air hangat-hangat kuku atau air es pada area yang nyeri. Obat antinyeri dapat dikonsumsi jika nyeri tidak juga mereda.

Kapan Anda Harus Ke Dokter ?

Apabila sakit pinggang saat bangun tidur tidak juga mereda dengan modifikasi postur, mengganti matras, istirahat dan obat antinyeri yang dijual bebas maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Juga jika disertai dengan munculnya gejala-gejala lain seperti gangguan buang air kecil atau tungkai yang terasa kebas dan melemah maka segeralah berkonsultasi ke dokter. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen, selain wawancara medis dan pemeriksaan fisik guna menegakkan diagnosis.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel