Daun pegagan, Si Hijau yang Menyimpan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

2 Feb 2022 11:55 413 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Si Hijau Yang Menyimpan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Daun Pegagan.

Beragam nutrisi yang bisa menunjang kesehatan tubuh terdapat dalam daun pegagan. Beberapa diantaranya adalah mineral, protein, vitamin B dan vitamin C serta beberapa jenis antioksidan seperti flavonoid, tanin dan polifenol. Inilah yang menyebabkan daun pegagan bagus difungsikan sebagai obat herbal yang terkenal khasiatnya untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Apabila anda adalah termasuk orang yang suka menggunakan skin care dari bahan-bahan alami maka manfaat daun pegagan pastilah sudah tidak asing lagi ditelinga. Tumbuhan dengan nama ilmiah Centella Asiatica ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh terutama kulit dan organ-organ tertentu lainnya di dalam tubuh. Bahkan diketahui bahwa daun pegagan sudah biasa digunakan sebagai salah satu obat tradisional yang sangat populer di India dan Cina. Nah apa sajakah manfaat daun pegagan untuk kesehatan ? Berikut ini ulasan yang dapat kami berikan.

1/ Membantu meningkatkan fungsi kognitif

Menurut Healthline, adalah sebuah studi kecil tahun 2016 yang membandingkan efek ekstrak daun pegagan dan asam folat dalam hubungannya untuk meningkatkan fungsi kognitif setelah seseorang terserang stroke. Studi ini menjelaskan tentang dampak yang dihasilkan pada 3 kelompok peserta. Peserta pertama mengonsumsi 1.000 mg pegagan per ahri, yang kedua mengkonsumsi 750 mg pegagan per ahri dan yang ketiga adalah mengkonsumsi 3 mg asam folat per hari. Terlihat bahwa keduanya sebenarnya sama-sama bermanfaat dalam meningkatkan kognitif secara keseluruhan. Namun daun pegagan dianggap lebih efektif untuk menunjang kesehatan tubuh dibandingkan dengan asam folat.

2/ Membantu mengurangi kecemasan

Daun pegagan diketahui efektif dalam mengurangi kecemasan. Kandungan asam asiatat di dalam tumbuhan ini ampuh untuk mengontrol aktivitas GABA (gamma-aminobutyric acid) di dalam tubuh seseorang. GABA adalah neurotransmitter untuk menghambat reaksi atau sinyal otak tertentu yang sifatnya merugikan. Nantinya asam asiatat akan membantu penyerapan GABA oleh otak. Sehingga rasa cemas dan depresi menjadi berkurang. Tetapi mengkonsumsi daun pegagan harus diikuti dengan pola hidup sehat lainnya seperti olahraga dan tidur cukup agar tubuh semakin relaks.

3/ Meringankan insomnia

Karena bekerja guna menekan rasa cemas dan depresi maka daun pegagan dapat difungsikan untuk membantu mengatasi gangguan sulit tidur / insomnia. Untuk memperoleh tidur yang berkualitas maka pastikan anda mematikan ponsel serta mengatur pencahayaan dan suhu ruangan agar mendapatkan tidur yang nyenyak di waktu malam hari.

4/ Bisa untuk mengurangi stretch mark

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa daun pegagan kerap menjadi salah satu bahan utama mencampur krim untuk mengatasi stretch mark. Stretch mark bisa berkurang dalam kurun waktu tertentu. Bisa dioleskan saat stretch mark masih baru muncul di bagian tertentu tubuh. Namun fungsi krim daun pegagan di sini adalah hanya bisa untuk mengurangi tetapi tidak untuk menghilangkan secara total. Karena seperti diketahui bahwa stretch mark memiliki sifat irreversible (tidak bisa diubah). Jadi kondisi kulit tidak bisa balik sempurna seperti sebelumnya.

5/ Mengurangi pembangkakan

Penelitian yang dilakukan tahun 2001 menemukan bahwa daun pegagan ampuh untuk mengurangi masalah retensi cairan, pembengkakan pergelangan kaki dan sirkulasi darah yang berhubungan dengan penerbangan lebih dari 3 jam. Seseorang yang mengalami penyakit vena superfisial (superficial venous disease) tingkat ringan hingga sedang dengan varises disarankan untuk mengkonsumsi daun pegagan selama dua hari sebelum melakukan penerbangan, hari penerbangan dan sehari setelah penerbangan. Hasilnya adalah para peneliti menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen pegagan mengalami retensi cairan dan pembengkakan pergelangan kaki yang jauh lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. 

6/ Meredakan nyeri sendi

Sifat-sifat antiinflamasi dari daun pegagan mungkin bermanfaat dalam mengobati radang sendi. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2014 lalu tentang kondisi arthritis yang diinduksi kolagen pada tikus menemukan bahwa pemberian pegagan secara oral ampuh untuk mengurangi peradangan sendi dan erosi pada tulang. Efek antioksidannya mempunyai dampak positif terhadap sistem daya tahan tubuh.

Meskipun daun pegagan efektif dalam meningkatkan kesehatan namun bukan berarti anda bisa sembarangan memakainya sebagai obat. Diskusikan terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum mengkonsumsinya secara rutin sebagai obat penyakit tertentu.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3648631/manfaat-daun-pegagan-untuk-kesehatan-tubuh/

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel