Menu Appetizer yang Lezat dan Bergizi

28 Jan 2022 14:57 1381 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Menu Pembuka Yang Lezat Dan Bergizi.

Apakah anda adalah penyuka sajian serba hijau yang bernama salad segar ? Nah kali ini anda bisa menikmati sepiring salad segar yang terbuat dari bahan utama yaitu kacang edamame. Edamame bisa dijadikan sebagai inspirasi menu pembuka sehat dan lezat apalagi jika dicampur dengan bahan-bahan lainnya yang menjadikan salad kaya akan cita rasa sehingga anak-anak pun mau menyantapnya.

Edamame atau kacang kedelai berwarna hijau ini berada di dalam kelompok polong-polongan. Merupakan bahan utama untuk membuat beragam camilan sehat yang sangat populer di Jepang. Kacang ini terasa nikmat dan diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bisa diolah dengan cara direbus atau dikukus, edamame merupakan salah satu jenis sayur yang bagus dimanfaatkan sebagai salad sayur yang lezat. Contohnya adalah salad edamame yang sangat praktis dibuat di rumah karena hanya membutuhkan bahan utama dari sayuran saja seperti edamame, kyuri atau mentimun Jepang, wakame (rumput laut) dan tomat ceri. Semua bahan bisa anda beli di supermarket atau toko online. Tidak akan membutuhkan banyak waktu untuk menyiapkannya, cukup bersihkan mentimun dan tomat kemudian iris ukuran sedang. Edamamenya dikukus hingga matang. Sedangkan wakame bisa diseduh dengan air panas hingga lembut atau bisa menggunakan wakame siap saji yang sudah dibumbui.

Salad edamame rumput laut berfungsi sebagai dressing yaitu menu pembuka yang di dalamnya memadukan cita rasa unik yang dikeluarkan oleh bulir-bulir hijau kacang edamame ditambah dengan gurihnya kecap manis dan rasa lain dari bumbu pelengkap menyebabkan makanan ini cocok dibuat untuk menu santap makan malam keluarga. Untuk sisi penampilan, anda bisa tata salad di dalam mangkok saji yang akan terlihat menarik dengan warna-wrani cantik menggugah selera makan. Bisa dipadukan dengan menu makan utama seperti steak bakso atau steak ayam crispy.

Resep Praktis Salad Edamame Rumput Laut

Bahan utama membuatnya :

  1. 300 gram edamame
  2. 1 buah kyuri / mentimun Jepang iris tipis-tipis
  3. 100 gram wakame seduh dengan air panas tiriskan
  4. 5 buah tomat ceri potong 2 bagian

Bahan membuat salad dressing :

  1. 6 sdm wijen putih sangrai hingga kecokelatan
  2. 5 sdm Hellmann’s Real Mayonaise
  3. 4 sdm cuka beras
  4. ½ sdm gula pasir
  5. 1 sdm air
  6. 1 sdt minyak wijen
  7. 1 sdt Bango Kecap Manis Light

Cara membuatnya :

  1. Kukus edamame hingga matang. Angkat lalu kupas dan ambil isinya. Sisihkan.
  2. Belah 2 memanjang mentimun. Potong 1 cm sisihkan.
  3. Membuat salad dressing : haluskan wijen. Aduk rata wijen halus bersama semua bahan termasuk kecap manis.
  4. Tata edamame. wakame, mentimun dan tomat ceri di atas piring atau mangkok saji. Siram dengan salad dressing di bagian atasnya.
  5. Sajikan.

Edamame tak hanya nikmat direbus sebagai camilan ringan, juga lezat dijadikan salad pembuka makan malam anda bersama dengan keluarga. Selamat mencoba.

Sumber tulisan :

https://www.masakapahariini.com/resep/resep-salad-edamame/

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel