Makanan Terfavorit di Indonesia yang Diminati Banyak Orang

17 Jan 2022 11:54 862 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Makanan Terfavorit Di Indonesia Yang Diminati Banyak Orang

Ada banyak sekali makanan paling enak di Indonesia yang diminati oleh banyak orang dengan cita rasa menggoyang lidah, bergizi dan harganya murah. Rata-rata makanan tersebut kaya akan rempah sehingga menyuguhkan cita rasa masakan asli khas Nusantara yang melegendaris. Dimana untuk mendapatkan makanan ini bisa dengan membuat sendiri di rumah atau banyak dijual di resto-resto mewah hingga warung-warung angkringan. Ciri yang menonjol dari makanan ini ketika dijual adalah selain enak juga selalu laris, menyimpan rasa yang tidak berubah dan mampu mempertahankan keberadaannya sejak zaman dahulu hingga sekarang. Jika anda penasaran apa saja yang termasuk ke dalam kelompok makanan ini silahkan menyimak penjelasan kami tersebut di bawah ini.

1/ Mie ayam

Makanan pertama yang merakyat di Indonesia dan merupakan salah satu makanan paling lezat di Indonesia adalah mie ayam. Semua orang di Indonesia mengenal makanan yang satu ini. Termasuk sebagai makanan cepat saji yang sangat digemari oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Jika suatu hari nanti anda berkesempatan melakukan kunjungan wisata ke kota-kota di Indonesia maka jangan lupa untuk mencicipi semangkok mie ayam yang menggugah selera makan siapa saja. Mie ayam banyak dijual dimana-mana di seluruh pelosok Indonesia terutama di Pulau Jawa dan Pulau Bali. Ini adalah salah satu makanan terfavorit karena rasanya sangat gurih dan bergizi.

2/ Nasi goreng

Makanan kedua yang merakyat di Indonesia adalah nasi goreng. Makanan ini sudah terbukti memiliki rasa enak di lidah sehingga siapa saja suka menyantapnya untuk menu sarapan pagi atau menu utama santap makan siang dan makan malam. Nasi goreng dijual di resto-resto mewah hingga warung-warung angkringan yang mempunyai banyak varian rasa dari nasi goreng sayur, nasi goreng buah, nasi goreng daging atau nasi goreng jamur dan nasi goreng keju. Sejak jaman dahulu hingga sekarang nasi goreng menjadi makanan incaran bagi sapa saja mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas. 

3/ Rendang Padang

Makanan ketiga yang termasuk ke dalam daftar makanan terenak bukan saja di Indonesia tetapi di dunia adalah rendang. Makanan ini sangat khas bercita rasa masakan Nusantara yang kaya akan baluran rempah. Rendang Padang terbuat dari bahan daging sapi yang dimasak dalam jangka waktu yang cukup lama dengan menggunakan kuah dari santan yang kental akan campuran beragam rempah. Proses memasak yang lama menjadikan daging sapi terasa sangat empuk dan bumbunya meresap sampai ke serat daging. Bumbu yang beragam ini menjadikan makanan yang satu ini semakin nikmat jika dimakan bersama dengan nasi hangat atau ketupat.

4/ Gudeg Yogyakarta

Kuliner yang sangat populer di Indonesia yang keempat khususnya di Jogja adalah gudeg. Makanan ini selalu menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke kota pendidikan ini karena masakan ini mempunyai rasa yang khas yaitu manis, pedas, gurih dan nikmat. Rata-rata dari masyarakat Indonesia memang sangat menyukai makanan manis seperti rasa yang ditawarkan oleh gudeg ini atau tahu bacem dan kupat tahu atau sambal kacang sate ayam. Gudeg khas kota Jogja disajikan bersama dengan daging ayam kampung, telur kecap dan nasi hangat. Daging ayam kampung dimasak hingga lembut dengan bumbu merasuk ke dalamnya. Kenikmatan yang ditawarkan oleh semangkok gudeg menjadikannya sebagai salah satu makanan paling enak di seluruh Indonesia.   

5/ Sate enak

Orang Indonesia sebenarnya cukup kreatif dalam menyajikan daging yaitu salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi sate. Sate adalah salah satu masakan yang bercita rasa lezat seperti sate Madura atau sate Jawa. Sekilas pandang keduanya terlihat sama namun jika diperhatikan lebih terfokus ada banyak perbedaan di dalamnya mulai dari cara penyajian, bumbu untuk membalur dan daging yang digunakan. Namun rata-rata menawarkan rasa paling enak sebagai salah satu sajian khas Nusantara. Di Bali dijual sate lilit khas Bali dimana menjadi makanan khas warga Bali yang banyak digemari oleh wisatawan baik itu dari dalam maupun luar negeri.

6/ Rawon

Makanan khas Jawa Timur ini memang menjadi salah satu kuliner yang cukup terkenal di Pulau Jawa bagian timur dimana saat ini sudah mulai diburu sebagai salah satu masakan khas oleh para wisatawan yang ingin mencicipi bagaimana rasa rawon khas Jawa Timur ini. Rawon sendiri mempunyai kuah yang berwarna hitam kecoklatan yang di dalamnya dicampur dengan bahan utama yaitu daging sehingga memberikan hasil terakhir yaitu ada rasa manis, asin dan asam. Tentu saja membantu selera makan menjadi bergairah dan bisa dinikmati oleh anak-anak.

7/ Empek-empek Palembang

Makanan melegenda di Indonesia yang ketujuh adalah empek-empek Palembang yang menjadi salah satu makanan yang sangat lezat. Dimana diketahui bahwa makanan ini sebenarnya bukanlah merupakan makanan berat namun tetap mengenyangkan, saking enaknya makanan ini, masyarakat dari luar Palembang pun turut menyukainya. Pempek Palembang saat ini sudah banyak dijual di rumah makan di banyak kota di Indonesia. Pempek terbuat dari bahan seperti tepung sagu atau tepung kanji yang dicampur dengan filet ikan atau rebon kemudian diberi bumbu spesial. Sajian terakhir adalah dengan menyiramkan kuah khas yang menjadikan pempek semakin lezat.

8/ Bika Ambon

Makanan selanjutnya yang merupakan salah satu makanan terfavorit di Indonesia adalah bika Ambon. Kue basah tradisional ini dijadikan sebagai cemilan oleh warga msayrakat di Indonesia yang berasal dari Medan di Sumatera Utara. Makanan ini rasanya sangat lezat yaitu didominasi oleh rasa manis dan bertesktur legit yang mengeluarkan aroma wangi. Bika Ambon menjadi salah satu camilan yang tidak membosankan untuk dinikmati oleh siapa saja dalam beragam acara. Anda bisa menemukan makanan ringan ini banyak dijual di toko-toko roti atau pusat oleh-oleh seputar kota Medang.

9/ Gulai ikan patin Jambi

Para turis asing yang sedang berkunjung ke Indonesia wajib mencicipi gulai ikan patin. Gulai adalah salah satu masakan Indonesia yang menyuguhkan cita rasa khas dan rasanya nikmat sekali disantap bersama dengan sepiring nasi putih hangat. Makanan ini terlihat istimewa karena dibuat dari rempah-rempah pilihan yang dipakai mencampur dalam keadaan segar. Makanan ini merupakan makanan khas Jambi dimana awalnya masyarakat Jambi memasak gulai ini dengan memakai daging buah durian yang sudah difermentasi namun karena baunya terlalu tajam maka digantilah dengan mencampur santan kelapa.

10/ Pendap Bengkulu

Makanan yang terakhir menjadi salah satu makanan paling enak di Indonesia adalah pendap Bengkulu. Makanan ini sangat banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu dimana ini terbuat dari berbagai macam rempah yang kemudian dicampur dengan parutan kelapa lalu dipanggang. Rasanya sangat gurih dan nikmat disantap dengan secangkir kopi pahit di waktu luang. Kalua di Sunda makanan ini dikenal dengan nama pepes.

Itulah 10 makanan paling enak di Indonesia yang saat ini semakin mudah untuk ditemukan dimana-mana ketika anda sedang berkunjung ke daerah masing-masing. Makanan tersebut di atas merupakan makanan asli yang berasal dari suatu daerah dan sudah dengan mudah dijumpai di luar daerah pencipta makanan tersebut.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel