Mengenal Makanan yang Umum Disajikan untuk Menyambut Hari Halloween dari Seluruh Dunia

2 Feb 2022 09:54 580 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Makanan Yang Umum Disajikan Untuk Menyambut Hari Halloween Dari Seluruh Dunia

Apakah anda mengetahui peringatan hari halloween yang mengandung makna malam hari semua orang-orang kudus ? Halloween adalah suatu perayaan yang biasa anda jumpai di sejumlah negara pada tanggal 31 Oktober setiap tahun yang merupakan malam hari raya semua orang kudus ala Kekristenan barat dimana perayaan ini mengawali peringatan trihari masa para kudus, adalah suatu periode dalam tahun liturgy yang ditujukan untuk mengenang orang yang telah meninggal dunia termasuk para kudus atau santo/santa, martir dan semua arwah umat beriman. 

Kegiatan utama saat halloween meliputi trick or treat (hal-hal yang berhubungan dengan penyamaran mengenakan kostum seram), menghadiri pesta kostum halloween, kegiatan mendekorasi, mengukir waluh menjadi Jack-o-lantern, menyalakan api unggun, mengunjungi atraksi berhantu, menceritakan dongeng-dongeng yang menakutkan dan kegiatan menonton film horor. Dimana pada beberapa belahan dunia, perayaan keagamaan umat Kristen saat malam para kudus ini terfokus pada menghadiri ibadah gereja sambil menyalakan lilin pada makam keluarga yang sudah meninggal masih dilakukan hingga sekarang menjadi populer. Atau beberapa umat Kristen secara historis berpantang daging pada malam para kudus, merupakan suatu tradisi yang tercermin dengan makan makanan tertentu misalnya apel, panekuk kentang atau kue basah tradisional masing-masing negara. Makanan khas dari berbagai negara ini menyuguhkan cita rasa yang beragam seperti manis, asin atau pedas dan campuran ketiganya. Nah, apakah anda penasaran dengan makanan apa saja yang tersaji saat merayakan halloween ? Yuk simak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Fiambre Guatemala

Ini adalah salah satu sajian berupa salad yang berasal dari Guatemala terkenal dengan nama fiambre yang biasa disajikan dalam kondisi dingin dengan mencampur 50 bahan utama di dalamnya. Fiambre biasa dimakan hanya pada saat merayakan hari orang mati dan hari semua orang kudus. Inilah yang menjadikan salad ini sebagai makanan unik karena jarang tersedia dan tidak dijual secara umum di tempat-tempat umum.

2/ Pan de muerto Meksiko

Warga masyarakat Meksiko suka menyajikan makanan ini pada hari-hari menjelang hari orang mati. Makanan ini adalah berupa roti gulung bertekstur lembut dengan rasa yang menonjol yaitu sangat manis. Uniknya, makanan ini hanya dapat disantap di samping makam keluarga yang mereka cintai sebagai tanda merayakan ulang kehidupan mereka di masa lalu. Mereka juga biasa menyiapkan adonan menyerupai tulang pada bagian atas roti. Ciri khas ini selanjutnya menjadi salah satu makanan paling populer di Meksiko. 

 

3/ Permen apel Amerika Serikat

Apakah anda pernah melihat permen apel ? Ini adalah merupakan salah satu makanan khas halloween yang paling populer. Pesta malam halloween di Amerika Serikat rasanya kurang lengkap apabila tidak menyediakan permen apel ini. Lapisan luar permen apel adalah berupa gula lengket dengan tambahan berupa sirup jagung, air, kayu manis serta pewarna merah. Karena rasanya yang sangat manis maka makanan yang satu ini sangat digemari oleh anak-anak.   

4/ Pao-por-deus Portugal

Makanan ini populer dengan nama roti tuhan. Bentuknya menyerupai bola-bola kecil yang di dalamnya berisikan kelapa dicampur dengan gula, selai atau sirup sari buah. Kue pao-por-deus hanya disantap pada hari Dia de Todos-os-Santos yaitu hari semua orang kudus yang jatuh pada tanggal 1 November setiap tahun. Kue ini menggunakan sedikit rum, kulit lemon dan taburan vanila sebagai komposisi utama bahan kue yang disiapkan guna menyambut hari halloween. Lalu selanjutnya dipanggang hingga mengeluarkan aroma wangi.

5/ Huesos de santo Spanyol

Makanan yang satu ini cukup populer di Spanyol dimana ketika merayakan hari halloween, warga masyarakat di seluruh Spanyol wajib menyantap sajian yang satu ini yang populer disebut dengan nama lain yaitu tulang suci hadir dengan berbagai isian yang berasa manis lalu dilapisi dengan sirup rasa gula atau sari buah segar dan madu.

6/ Bonfire toffee Inggris

Suguhan yang berasa manis dan bertekstur legit ini merupakan salah satu makanan tradisional khas halloween yang sejak zaman dahulu sangat populer di seluruh wilayah Inggris terutama di daerah pelosok desa. Sekilas pandang penyajian makanan ini tampak menyeramkan karena terbuat dari black treacle dicampur dengan mentega dan gula sebagai karamel.

7/ Pan dei morti Italia

Apakah anda mengetahui bahwa makanan yang satu ini populer dengan julukan kacang orang mati ? Karena makanan ini dibuat dalam bentuk oval yang hanya bisa dimakan pada tanggal 2 November setiap tahun di seluruh Italia. Mereka biasa memakan sajian ini bertepatan dengan hari semua jiwa yang biasa mereka sebut dengan istilah Commemorazione dei defunti. Makanan ini terbuat dari kacang almond yang dibuat pasta dicampur dengan kacang pinus, kayu manis dan kulit lemon. Untuk anda yang gemar dengan makanan serba mengandung kacang-kacangan maka hidangan ini cocok disuguhkan. Rasanya gurih.

8/ Barmbrack Irlandia

Menjelang malam perayaan halloween, rumah-rumah di Irlandia alan dipenuhi dengan wangi barmbrack yang baru matang mengepul dari dapur mereka. Bambrack adalah roti tradisional khas warga Irlandia yang berisikan kismis dan sultana dengan melalui proses pembuatan yang mudah dan cepat. Makanan ini rasanya sangat lezat jika ditambahkan dengan olesan mentega atau selai sebelum dinikmati bersama dengan minuman pendamping seperti susu, kopi, cokelat atau teh.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.ruparupa.com/blog/makanan-khas-halloween/

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel