Menyenangkan dan Bernilai Edukasi Bagi Siswa Sekolah dengan Melakukan 9 Tema Study Tour Berikut

31 Jan 2022 19:15 4035 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Menyenangkan Dan Bernilai Edukasi Bagi Siswa Sekolah Dengan Melakukan 9 Tema Study Tour Berikut Ini

Di tahun 2014, Wali Kota Sukabumi, Muhamad Muraz, menyampaikan pendapat bahwa kunjungan lapangan adalah kegiatan konsumtif lantaran kurang memberikan manfaat bagi siswa. Ia pun menyarankan agar sekolah mengubah metode atau agenda hiburan bernuansa pendidikannya sehingga memberi lebih banyak manfaat. Sejalan dengan hal tersebut, berikut 10 rekomendasi tema study tour bernilai edukasi sekaligus menyenangkan yang bisa diterapkan siswa sekolah.

1/ Melakukan kunjungan industri

Tren study tour belakangan ini adalah menghimbau para guru agar mengajak siswa/wi sebagai anak muda generasi penerus bangsa untuk melakukan wirausaha yang semakin gencar dilakukan. Maka dari itu, tema study tour dengan melakukan kunjungan industri ini sangat cocok dilaksanakan untuk menumbuhkan minat mereka. Di samping itu para siswa/wi pun akan mendapatkan bekal berharga berhubungan dengan dunia kerja dan industri secara praktis.

2/ Melakukan wisata petualangan

Tersedia banyak pilihan sebagai tempat wisata petualangan di setiap daerah di Indonesia bahkan di dunia ini. Selain bisa untuk memacu adrenalin, jenis study tour yang kedua ini memberikan beberapa manfaat bagi para siswa/wi yaitu mengajarkan bagaimana bekerja sama yang baik, kemandirian dan keberanian.

3/ Jalan-jalan sambil berwisata kerajinan

Yang ketiga adalah dengan mengamati proses pembuatan kerajinan tangan agar dapat menumbuhkan kreativitas para siswa/wi. Juga, kegiatan ini tergolong menarik untuk dilakukan terlebih ketika mereka diberikan kesempatan untuk mencoba hal-hal serupa. Sebagai rekomendasi, kota Yogyakarta yang terkenal akan produksi batik bisa menjadi pertimbangan dalam memilih tujuan wisata.

4/ Melakukan kunjungan kampus

Jenis study tour yang keempat ini sangat cocok untuk siswa/wi di jenjang SMA yang nantinya ingin mendapatkan gambaran tentang seluk-beluk dunia kampus. Dengan melakukan kunjungan secara langsung ke kampus-kampus maka diharapkan para siswa/wi juga bisa mendapatkan banyak peluang dan pengetahuan tentang berbagai jurusan yang kelak akan mereka pilih untuk melanjutkan kuliah setelah tamat dari SMA. Kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi para siswa/wi untuk belajar lebih giat demi bisa diterima di universitas impian.

5/ Jalan-jalan untuk beraktivitas outbond

Seperti diketahui bahwa olahraga memberikan banyak manfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa seseorang wajib melakukan kegiatan yang satu ini agar terhindar dari suasana hati yang membosankan. Nah guna memperoleh manfaat ini secara menyenangkan maka ajaklah para siswa/wi untuk melakukan wisata yang dapat melatih fisik seperti outbound.

6/ Wisata kuliner Nusantara

Zaman sekarang ini anak-anak muda cenderung menyukai makanan atau minuman cepat saji karena praktis dan kaya akan pilihan rasa meskipun jika terlalu sering mengkonsumsi makanan / minuman ini tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dalam hal ini, sekolah mempunyai kesempatan mengenalkan kuliner Nusantara yang tak kalah lezat melalui sebuah wisata dimana bukan hanya sekadar berkunjung saja melainkan mereka pun bisa sekaligus diajak ke tempat pengolahan makanan atau minuman khas Nusantara yang merupakan salah satu warisan bangsa ini.

7/ Melakukan perjalanan yang ramah lingkungan guna mencintai bumi

Seperti diketahui bahwa pemanasan global mengingatkan manusia agar lebih mencintai bumi dengan melakukan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan ramah lingkungan. Pemerintah pun memberlakukan peraturan guna mengurangi penggunaan plastik sebagai salah satu solusi dalam mengatasi isu ini. Sebagai pelajar, mereka bisa turut serta di dalam berbagai upaya dengan salah satunya yang cukup menyenangkan adalah melakukan study tour bertema mencintai bumi. Sebagai rekomendasi, pihak sekolah bisa mengajak mereka jalan-jalan ke sebuah desa bernama Watu Lumbung di Yogyakarta dimana masyarakat di sini sangat memegang teguh filosofi keseimbangan hidup demi kelestarian alam.

8/ Melakukan perjalanan warisan budaya

Anda tentu sudah mengetahui tentang perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaan membutuhkan proses panjang serta banyak pengorbanan dari para pahlawan. Maka dari itu, sejarah mempunyai peran penting untuk dipelajari dan diketahui khususnya oleh para siswa/wi agar mereka bisa memetik pelajaran berharga dari peristiwa tersebut sehingga nantinya tidak sekadar belajar dan tahu melalui buku, ajaklah mereka berwisata ke berbagai jenis warisan budaya yang ada di sekitar negara tercinta ini.

9/ Melakukan wisata desa

Wisata desa menawarkan beragam jenis agenda menarik seperti salah satunya adalah dengan mengikuti kegiatan kebudayaan setempat. Jika memungkinkan disarankan para siswa/wi untuk diajak bermalam di sana agar bisa mendapatkan pengalaman baru yang berkesan. Jenis kunjungan ini memberikan banyak manfaat bagi siswa/wi khususnya yang kurang mempunyai kepercayaan diri sebab di dalam kegiatan tersebut siswa/wi mempunyai kesempatan untuk berbaur dengan banyak orang.

Nah itulah 9 tema study tour terekomendasi yang dapat dipilih guna mengedukasi sekaligus memberikan hiburan yang menyenangkan dilakukan oleh para siswa/wi. Masing-masing pilihan mempunyai manfaat tersendiri dimana pihak sekolah tinggal menentukan pilihan mana yang akan menjadi prioritas dan kegiatan ini tidak menjadi konsumtif lagi.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.educenter.id/inilah-10-tema-study-tour-bernilai-edukasi-sekaligus-menyenangkan-untuk-siswa-sekolah/

Tags PC Windows

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel