Perhatikan 10 Sikap ini Ketika Anda Sedang Berbicara di Depan Umum

31 Jan 2022 12:50 1522 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Perhatikan 10 Sikap Ini Ketika Anda Sedang Berbicara Di Depan Umum

Masing-masing individu harus bisa menguasai suatu keterampilan yaitu bagaimana berbicara di depan umum yang sesuai dengan etika ? Dimana keterampilan berbicara ini akan dapat membantu individu bersangkutan untuk mampu mengembangkan diri secara optimal sebagai salah satu potensi alami yang ada di dalam diri masing-masing individu tersebut. Bisa anda bayangkan jika seorang individu berhasil menguasai keterampilan berbicara yang maksimal di depan umum maka ia akan cenderung lebih bebas dan berani dalam mengungkapkan pendapatnya terutama di hadapan forum ataupun sebuah acara organisasi. Tentu saja ini akan memberikan pengaruh terhadap pola pemikiran dan sudut pandang orang lain terhadap anda terutama ketika anda bisa memulai untuk berani berpendapat di depan umum, menguasai gaya bahasa yang benar serta didukung oleh etika yang sopan, anda sudah mempunyai jaminan untuk dipandang bernilai di hadapan orang lain. 

Maka dari itu sangat penting bagi masing-masing individu untuk dapat memulai melatih dan mengoptimalkan kemampuan berbicara di hadapan umum. Di sini ada beberapa hal yang membutuhkan perhatian khusus dalam berbicara di hadapan umum yang berhubungan dengan seni dan etika yang sopan dan santun, silahkan menyimak penjelasan dari kami.

1/ Gunakan kontak mata dengan lawan bicara

Sikap yang pertama adalah menggunakan kontak mata dengan lawan bicara karena ini memiliki pengaruh terhadap audience. Jika anda melakukan kontak mata dengan mereka maka mereka seakan-akan merasa bahwa anda sedang mengajak mereka untuk berbicara dan mereka merasa diakui keberadaannya di depan anda sehingga proses penyiaran bisa berlangsung dengan hangat.

2/ Beri jeda pada setiap kalimat

Dalam menyampaikan sesuatu hal tidak perlu terburu-buru dimana seringkali ketika anda merasa gugup tanpa anda sadari anda berbicara dengan memakai tempo yang sangat cepat tanpa memberi jeda sedikit pun dari masing-masing kata yang diucapkan. Jika ini dilakukan secara terus-menerus maka akan menyebabkan pesan dan informasi yang hendak disampaikan tidak bisa tiba di tujuan dengan baik.

3/ Infleks

Sikap yang ketiga perlu anda perhatikan adalah infleks. Dimana dalam melakukan komunikasi biasanya diperlukan penggunaan nada berbicara atau yang menyerupai dengan irama lagu sehingga pesan atau informasi yang hendak disampaikan tidak terlihat monoton.

4/ Intonasi

Intonasi erat hubungannya dengan sikap untuk dapat menarik audience agar mendengarkan apa yang akan anda sampaikan.

5/ Artikulasi

Artikulasi berhubungan dengan kejelasan dalam penyampaian setiap kata yang diucapkan.

6/ Gaya berbicara yang ceria dan ekspresif

Gaya berbicara yang ceria dan ekspresif seringkali perlu disesuaikan dengan jenis pesan apa yang hendak disampaikan. Sebagai seorang penyiar radio atau televisi, alangkah lebih baik apabila membawakan suatu program dengan lincah disertai keceriaan yang alami. Karena hal ini akan berdampak pada para pendengarnya dimana apabila suatu program dibawakan dengan ceria maka bisa menciptakan energi positif bagi para pendengarnya. Dan yang akan menerima dampaknya adalah para pendengar yang akan merasa lebih ceria dan energik.

7/ Gunakan suara asli atau natural voice

Sikap ketujuh yang perlu diperhatikan adalah menggunakan suara asli atau natural voice dimana ketika berbicara di depan umum maka diharapkan anda tidak memakai suara yang dibuat-buat, alangkah lebih baik jika anda menggunakan suara yang seperti biasanya anda pakai ketika sedang berbicara dengan orang lain di kehidupan sehari-hari sehingga tidak terlihat mengganggu kenyamanan orang lain saat mendengarkannya.

8/ Jangan lupa untuk senyum di saat yang tepat

Dalam melakukan siaran maka anda dituntut untuk dapat tersenyum kapan pun. Karena hal ini memberikan dampak pada terciptanya vibes yang hendak tersampaikan pada para pendengar.

9/ Atur kestabilan dari napas

Aturlah kestabilan dari napas sehingga suara napas anda yang teratur tidak akan mengganggu kualitas dari audio itu sendiri. Kestabilan dari napas ini perlu dijaga agar para pendengar tidak merasa terganggu dan nyaman dengan anda.

10/ Kosentrasi

Sikap kesepuluh yang perlu anda perhatikan ketika sedang berbicara di depan umum adalah kosentrasi pada setiap informasi yang ingin disampaikan sehingga pesan-pesan dan informasi yang hendak disampaikan bisa tersalurkan dengan optimal.

Semoga bermanfaat.

Tags PC Windows

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel