Tips Tidak Bosan Membaca Buku Ilmiah

28 Jan 2022 09:10 1060 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Untuk Mahasiswa Yang Suka Membaca Buku Ilmiah Tanpa Mudah Bosan

Bagi para mahasiswa/wi pastilah tidak akan lepas dari tugas membaca setumpuk buku-buku ilmiah yang rata-rata memiliki halaman yang tebal. Jika anda memiliki sikap pemalas untuk membaca maka anda bisa ketinggalan dengan teman-teman sesama mahasiswa/wi yang lainnya guna mengejar prestasi. Tetapi tentu saja ini tidak berlaku bagi para penyuka buku, deadline tugas yang seakan-akan saling berkejaran menjadi tidak masalah lagi. Perlu memperhatikan trik agar tetap semangat membaca buku-buku kuliah tanpa merasa mudah lelah dan bosan.

Selain rasa lelah dan bosan juga kadang-kadang terselip rasa malas yang menjadi penyebab utama anda mudah menyerah ketika sedang membaca beberapa buku kuliah. Buku-buku tersebut menjadi kurang menarik lagi untuk diselami bahkan yang suka membaca pun menjadi kurang berminat lagi untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Dimana diketahui bahwa kegiatan membaca memiliki beberapa pilihan genre yang menjadi favorit dan digemari. Karena wajib maka anda tetap harus meluangkan banyak waktu buat membaca buku-buku kuliah yang mungkin terasa membosankan.

Nah cobalah praktekkan beberapa tips membaca buku-buku kuliah tersebut di bawah ini tanpa mudah merasa lelah apalagi bosan dan malas, silahkan menyimaknya.

1/ Beri target untuk membaca harian secara realistis

Tips yang pertama ini tidak hanya berlaku sebagai salah satu tips untuk membaca buku-buku kuliah tanpa mudah merasa lelah. Anda juga dapat menyelesaikan tugas membaca secara efektif misalnya sekali membaca diharapkan mampu menyelesaikan 10 halaman atau satu bab. Bila ternyata anda memiliki waktu luang sebanyak dua kali untuk membaca (biasanya pada waktu pagi hari atau malam sebelum tidur) berarti anda harus kuat membaca sebanyak 20 halaman atau dua bab per hari. Jadikan itu sebagai target harian sesuai kemampuan anda.

2/ Pilihlah lingkungan yang ternyaman dan menyehatkan untuk membaca

Disarankan untuk tidak membaca di dalam ruang yang gelap karena bisa merusak penglihatan anda. Atau mungkin anda lebih suka membaca dalam suasana sunyi dan tenang seperti di perpustakaan atau kamar tidur. Ada juga yang dapat tahan membaca di tempat keramaian seperti toko buku atau kafe kampus. Dan sebagian lagi merasa nyaman membaca sambil mendengarkan musik. Yang pasti pilihlah yang terbaik bisa anda lakukan saat membaca buku.

3/ Siapkan camilan dan minuman pembangkit semangat

Tentu saja anda tidak ingin otak menjadi mudah lelah ketika melakukan kegiatan membaca. Maka dari itu siapkan snack, teh atau kopi agar energi otak anda terjaga. Tidak perlu makanan yang berat-berat cukup dengan menyediakan kue-kue manis untuk penyuplai energi otak. Atau kalau mau lebih sehat, sediakan buah-buahan segar dan minuman air putih untuk menemani kegiatan anda membaca buku-buku kuliah yang tebal dan banyak. 

4/ Pakai bookmark berwarna dengan motif menarik guna menandai halaman terakhir yang dibaca

Hindari untuk malas memanfaatkan fasilitas bookmark apalagi untuk kelompok buku yang anda pinjam dari perpustakaan kampus. Daripada melipat halamannya maka lebih baik gunakan bookmark sebagai penanda halaman terakhir yang and abaca. Pilihlah yang berwarna cerah dengan motif-motif menarik agar tambah semangat membaca.

5/ Kuatkan niat dan ingat komitmen guna menyelesaikan kuliah

Ini adalah tips yang kelima agar anda bisa membaca buku-buku kuliah tanpa mudah merasa lelah dan bosan. Apapun yang dilakukan dengan niat yang kuat maka akan mendapatkan hasil yang sepadan. Lagi pula anda juga ingin segera menyelesaikan tugas bukan ?

6/ Pilihlah waktu yang tepat untuk membaca

Hindari untuk memaksakan diri membaca apabila sudah mengantuk atau merasa lelah. Pilihlah waktu yang paling tepat dan nyaman bagi diri sendiri. Ada yang lebih nyaman membaca ketika pagi hari dengan suasana udara yang masih segar karena ini memberikan pengaruh besar terhadap pikiran juga masih bugar. Aatau ada yang terbiasa melakukannya saat jam istirahat di kampus atau malah sebelum tidur.

7/ Temukan posisi paling nyaman saat membaca

Ini adalah tips yang paling terakhir membaca buku-buku kuliah tanpa mudah lelah yaitu dengan memperhatikan posisi duduk tegak tanpa harus tegang merupakan yang paling tepat untuk dilakukan. Karena anda tidak akan mudah merasa epgal atau mengalami kram pada bagian leher dan punggung. Kalau membaca sambil berbaring atau terlalu banyak bersandar maka mata menjadi mudah lelah lalu tertidur.

Nah itulah 7 tips yang bisa anda lakukan untuk membaca buku-buku kuliah tanpa mudah lelah. Jangan lupa luangkan waktu istirahat bagi mata anda. Juga hindari membaca lebih dari satu buku dalam waktu yang bersamaan. Yang ada anda malah kewalahan karena tidak bisa menyerap semua informasi yang berbeda-beda sekaligus. 

Tags PC Windows

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel