Daya Imajinasi Perlu Ditingkatkan dengan Mempraktekkan 8 Tips Berikut ini

27 Jan 2022 14:50 798 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Daya Imajinasi Perlu Ditingkatkan Dengan Mempraktekkan 8 Tips Berikut Ini

Imajinasi adalah suatu kegiatan otak yang banyak melibatkan otak. Imajinasi mungkin terdengar tidak ada manfaatnya namun sebenarnya hal tersebut salah. Imajinasi membantu seseorang dalam beberapa pekerjaan hingga bersosialisasi. Jika kamu merasa kurang memiliki hal tersebut  maka berikut ini adalah tips agar daya imajinasi kita meningkat.

1/ Rajin berolahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang mendatangkan banyak manfaat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh dan otak. Salah satunya adalah melancarkan peredaran darah yang bisa mencegah tumbuhnya lemak jahat di dalam tubuh yang dapat menghambat aliran darah. Dimana diketahui bahwa otak adalah menjadi salah satu organ tubuh yang terbanyak membutuhkan darah. Jika anda rajin melakukan olahraga maka kebutuhan darah dalam otak akan terpenuhi dan bisa bekerja secara maksimal. Ini karena otak anda mempunyai daya pikir yang baik dan tajam termasuk untuk berimajinasi dan menghadirkan ide-ide cemerlang.

2/ Berbicara dalam bahasa baku

Bahasa baku biasanya digunakan dalam situasi formal saja dan sangat jarang diucapkan dalam kegiatan / kehidupan sehari-hari. Karena bahasa baku akan terdengar aneh jika terlalu sering digunakan dengan teman-teman anda atau di dalam keluarga sendiri. Ternyata memakai bahasa baku bisa membantu untuk meningkatkan daya imajinasi. Hal ini lantaran ketika anda sedang berbicara menggunakan bahasa yang formal dan tepat akan mengaktifkan jaringan sel-sel otak sehingga menjadi lebih peka terhadap penyebaran informasi.

3/ Mengamati benda-benda sekitar

Saat anda sedang berada di suatu tempat maka sekali waktu cobalah untuk mengamati hal-hal yang ada di sekitar anda dimana sembari mengamati, ciptakanlah / munculkan rasa penasaran, rasa empati dan memunculkan cerita-cerita di dalam pikiran. Kemudian gabungkanlah ide-ide tersebut menjadi sebuah cerita yang berhubungan dengan fakta. Nah pada saat anda sedang mengamati benda-benda di sekitar anda inilah akan memungkinkan daya imajinasi bekerja dengan maksimal.

4/ Mengembangkan sikap optimis

Seseorang bisa saja terhalang untuk melakukan sesuatu karena adanya rasa pesimis dan takut gagal. Maka dari itu mereka menjadi enggan untuk mencoba hal-hal baru dan mengeksplor diri sendiri. Inilah yang bisa menyebabkan mereka kurang memiliki daya imajinasi yang berpengaruh kepada semangat untuk berkreativitas. Untuk mengatasi hal tersebut maka anda harus meningkatkan sikap optimis dan membuang jauh-jauh pikiran negatif.

5/ Istirahatlah dan konsumsi makanan bergizi

Beristirahatlah yang cukup dimana aktivitas ini akan mebuat tubuh anda menjadi lebih mudah rileks dan stabil serta menjadikan otak lebih mudah fokus. Diimbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat yang akan mengasah imajinasi seseorang karena bisa meningkatkan daya konsentrasi. Makanan yang dimaksudkan adalah mengandung antioksidan tinggi, kaya akan omega 3 dan zat besi dalam jumlah yang mencukupi. Contoh buah blueberry segar, makanan yang terbuat dari tepung gandum, minyak ikan, telur, buah tomat, brokoli dan yang lainnya.

6/ Perbanyak membaca buku

Beberapa dari anda tentu sudah tidak asing dengan pepatah yaitu buku adalah jendela ilmu pengetahuan. Hal ini memang benar adanya karena di dalam sebuah buku terdapat berbagai jenis ilmu pengetahuan dan informasi. Buku bisa memicu peningkatan daya imajinasi karena saat anda membaca terutama buku-buku cerita atau dongeng maka secara otomatis otak akan berusaha menggambarkan adegan-adegan yang dimaksudkan. Ini bisa diterapkan pada anak-anak yang masih dalam proses tumbuh kembang. Daya imajinasi anak akan menjadi meningkat apabila diberi buku yang mengandung banyak gambar-gambar menarik.

7/ Melamun

Terlalu banyak melamun mungkin dianggap tabu bagi sebagian orang tetapi menurut pendapat para ilmuwan menjelaskan bahwa melamun membantu anda meningkatkan daya imajinasi. Ini disebabkan karena pada saat melamun membantu otak untuk membuat koneksi dengan menghubungkannya ke hal-hal yang berkaitan dengan informasi yang akan diperoleh. Terlebih apabila melamun anda lakukan di tempat-tempat yang hening. Dimana dalam keadaan seperti ini biasanya orang akan dengan mudah menemukan sebuah ide.

8/ Mengunjungi tempat baru

Lakukan aktivitas ini yaitu mengunjungi tempat baru yang menghadirkan pengalaman baru dan membantu meningkatkan imajinasi. Ini disebabkan karena ketika sedang berada di tempat yang baru anda kunjungi tersebut memberikan kecendrungan berupa kesempatan untuk mempelajari tempat tersebut yang bisa menemukan hal-hal baru. Tempat yang dimaksudkan bisa berupa tempat rekreasi, taman hiburan, pasar, sawah, museum, kebun binatang dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel