Bagaimana Cara Kuliah dengan Gratis ? Ikuti 6 Tips Mendapatkan Beasiswa Perguruan Tinggi

26 Jan 2022 11:10 241 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana Cara Kuliah Dengan Gratis ? Ikuti 6 Tips Mendapatkan Beasiswa Perguruan Tinggi

 

Sudah menjadi impian banyak orang untuk bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi apalagi jika anda bisa menempuh pendidikan tinggi tanpa membayar uang kuliah atu kuliah gratis. Kuliah gratis ini selain mendapatkan ilmu juga akan memberikan banyak pengalaman dan status pendidikan yang lebih tinggi. Tentu saja untuk mewujudkannya membutuhkan biaya yang terbilang tidak sedikit. Maka dari itu, bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang kuliah tetapi tidak mempunyai biaya yang mencukupi untuk kebutuhan kuliah maka anda bisa mengatasinya dengan mencari beasiswa kuliah. Ada beberapa jenis beasiswa yang tersebar dimana-mana seperti mendapatkan beasiswa S1 di Indonesia tidaklah semudah yang dibayangkan terlebih jika anda belum pernah mendapatkan beasiswa sebelumnya. Ini dikarenakan ada banyak hal yang perlu anda persiapkan agar bisa lolos mendapatkan beasisa kuliah.

Nah tersebut di bawah ini adalah beberapa tips yang kami berikan untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Apa sajakah tips yang dimaksudkan, berikut ulasan lengkapnya.

1/ Perhatikan timeline pendaftaran

Tips yang pertama adalah anda harus memastikan bahwa berkas akan dikirim sebelum deadline atau pendaftaran beasiswa ditutup. Anda bisa memulainya dengan mencatat kapan terakhir atau deadline pendaftaran beasiswa lalu persiapkan dengan baik berkas-berkas yang dibutuhkan sehingga ketika waktu pengumpulan berkas tiba, anda tidak perlu repot-repot mencari berkas karena sudah disiapkan sebelumnya.

2/ Rajin mencari dan mengumpulkan informasi program beasiswa

Yang kedua adalah membuang jauh sikap malas anda karena akan menghambat anda untuk mendapatkan beasiswa. Salah satu caranya adalah dengan bertanya kepada pihak sekolah atau kampus. Baik itu sekolah maupun kampus sudah mempunyai banyak koneksi dengan lembaga-lembaga yang khusus menyediakan beasiswa kuliah gratis untuk dicoba. Juga anda bisa mencari dan mengumpulkan informasi melalui teman atau saudara yang mempunyai pengalaman lebih dulu dan lebih banyak. Perlu melakukan riset dengan mencari informasi seputar beasiswa kuliah gratis di internet atau media sosial lainnya. Maka dari itu pastikan bahwa anda rajin untuk mencari informasi seputar beasiswa kuliah gratis.

3/ Pahami macam-macam beasiswa

Apabila sudah melakukan riset program beasiswa, anda selanjutnya perlu memahami beragam jenis beasiswa kuliah misalnya beasiswa yang diberikan dari pemerintah seperti KIP kuliah, Bidikmisi dan KJMU. Juga terdapat beasiswa di lembaga non pemerintah atau private scholarship seperti beasiswa Sampoerna, beasiswa Baznas dan lain sebagainya.

4/ Prestasi akademik baik

Tips keempat untuk mendapatkan beasiswa adalah dengan melalui prestasi akademik yaitu apakah prestasi pendaftar tergolong baik atau tidak ? Maka dari itu anda harus mempunyai nilai yang bagus dan berbagai prestasi lainnya yang membanggakan selama sekolah di SMU. Harus juga bisa mempersiapkan portofolio dan CV terbaik anda sebagai syarat untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Disarankan untuk mengemas data diri sebaik dan serapi mungkin agar pihak penyelenggara beasiswa dapat memperoleh informasi yang lengkap tentang diri anda.

5/ Penuhi segala persyaratan beasiswa

Agar tepat sasaran dan juga memudahkan melakukan proses seleksi, hampir seluruh penyelenggara beasiswa pada umumnya akan memberikan beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh seluruh pendaftar. Salah satu syarat utama adalah pendaftar tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun. Meskipun demikian kadang-kadang ada juga yang membolehkan tetapi biasanya lebih diutamakan pendaftar yang belum mempunyai beasiswa manapun. Syarat yang lainnya wajib diperhatikan adalah harus memastikan lulus SMA tepat waktu, nilai akademik yang bagus, perilaku baik serta melengkapi dokumen pribadi yang diperlukan.

6/ Siapkan test dengan baik

Setiap program beasiswa pastilah mempunyai proses seleksi yang cukup ketat mulai dari seleksi berkas, tes tertulis, tes kesehatan hingga pengumuman hasil penerimaan beasiswa. Oleh karena itu anda perlu mempersiapkan tes-tes tersebut dengan baik di setiap tahapannya.

Semoga bermanfaat.

Tags Windows

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel