Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda Memilih Jurusan Akuntansi di Kampus?

25 Jan 2022 16:35 463 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Apa Kelebihan Dan Kekurangan Anda Memilih Jurusan Akuntansi Di Kampus ? 

Salah satu jurusan di perguruan tingg dengan peminat yang sangat tinggi adalah akuntansi. Bagaimana tidak ? Kebutuhan akuntan di Indonesia dari tahun ke tahun jumlahnya cukup tinggi sehingga ini akan memberikan pengaruh bagus yaitu hampir sebagian besar lulusan dari jurusan akuntansi memiliki peluang kerja yang cukup besar dan menjanjikan prospek yang cerah. Di samping itu di dalam jurusan akuntansi para mahasiswa/wi di dalamnya tidak hanya mempelajari tentang akuntansi saja melainkan juga ada mata kuliah yang lainnya seperti ekonomi, bisnis, pajak dan manajemen. Ini erat hubungannya dengan bagaimana mengetahui dan memelihara kondisi keuangan suatu perusahaan sebab pada dasarnya keduanya khusus dipelajari dalam jurusan akuntansi. 

Jurusan akuntansi dikenal sebagai salah satu jurusan yang menawarkan banyak kelebihan namun jika diperhatikan lebih terfokus, sebenarnya ada juga kekurangan jurusan akuntansi. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan jurusan akuntansi ? Mari disimak penjelasan kami tersebut di bawah ini.

Kelebihan Jurusan Akuntansi Di Perguruan Tinggi

1/ Memiliki kemampuan mengelola keuangan dengan baik dan optimal

Kelebihan anda menekuni jurusan akuntansi di kampus yang pertama adalah bisa untuk menambah keahlian dalam mengelola keuangan perusahaan. Sehingga tidak mengherankan jika para lulusan akuntansi rata-rata memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan yang dimiliki oleh perusahaan ataupun milik pribadi guna mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Para mahasiswa/wi jurusan akuntansi dituntut untuk bisa membaca setiap peluang yang ada terutama yang berhubungan dengan keuangan demi untuk mendapatkan laba yang tinggi. Jika anda pintar mengelola keuangan hingga mendatangkan keuntungan di dalamnya maka akan sangat berdampak pada kehidupan yang semakin baik.   

2/ Jika bekerja di kantor rata-rata mendapatkan gaji yang menjanjikan

Lulusan jurusan akuntansi biasanya akan mendapatkan besarnya gaji yang diperoleh ketika sudah diterima oleh sebuah perusahaan adalah rata-rata dalam jumlah yang memuaskan. Apalagi pekerjaan yang berhubungan dengan konsultan pajak, gaji yang didapat lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap hari. Karena bagaimana pun setiap perusahaan pastilah akan membutuhkan seorang akuntan guna menghitung setiap transaksi keuangan yang masuk dan keluar serta ketelitian dan juga kemampuan analisa yang sangat baik. Inilah mengapa gaji lulusan akuntan terbilang tinggi karena sebanding dengan pekerjaan yang ditekuni.

3/ Mendapatkan peluang kerja yang lebih mudah

Tidak dapat dipungkiri bahwa lulusan dari jurusan akuntansi memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Dimana ada beragam pekerjaan yang bisa dijadikan sebagai pilihan jika telah lulus dari perguruan tinggi dengan dilengkapi oleh gelar sarjana akuntansi. Mulai dari auditor yang memiliki tugas memastikan jika seluruh laporan keuangan telah tepat dan benar dijalankan di dalam sebuah perusahaan, akuntan perusahaan, penganalisis keuangan, perencanaan keuangan hingga pegawai kelembagaan keuangan pemerintah. Hal inilah yang menyebabkan jurusan akuntansi memiliki banyak peminat di setiap tahunnya bahkan menjadi jurusan dengan peminat tertinggi dari kluster sosial atau IPS.

4/ Bisa diterima bekerja di industri apapun

Masing-masing perusahaan yang bekerja di bidang apapun pastilah membutuhkan seorang akuntan guna menghitung setiap transaksi keuangan yang dimilikinya. Sehingga tidak mengherankan apabila lulusan akuntansi diharapkan mampu bekerja di bidang industri apapun.

Kekurangan Jurusan Akuntansi Di Kampus

1/ Tidak jauh dari uang

Tugas-tugas yang ada di jurusan akuntansi kadang-kadang cukup membingungkan jika pengetahuan dasar akuntansi tidak dikuasai secara optimal. Setiap tugas yang diberikan sebagian besar berhubungan dengan uang. Apabila kelebihan atau kekurangan angka 0 saja akan memiliki pengaruh besar terhadap hasil akhir perhitungan.

2/ Saingan yang amat tinggi

Setelah lulus dari perguruan tinggi jurusan akuntansi, alumni jurusan akuntansi masih harus bersaing dengan lulusan jurusan akuntansi lainnya di lembaga pendidikan lain dalam mencari pekerjaan. Seperti yang diketahui bahwa perusahaan hanya mencari calon pekerja yang terbaik dari yang baik.

3/ Dibutuhkan ketelitian yang tinggi

Jurusan ini tak lepas dari menghitung angka-angka yang jumlahnya sangatlah banyak. Oleh karena itu sangat dibutuhkan ketelitian dan kosentrasi yang tinggi supaya tidak mengalami kesalahan dalam perhitungannya. Terutama ketika menghitung pembukuan yang harus menyamakan antara jumlah akhir ketika sedang menyiapkan dan menyusun laporan keuangan. Bagi seseorang yang memiliki keinginan dan minat di bidang akuntansi keuangan maka sebelumnya haruslah mengikuti training akuntansi keuangan terlebih dahulu agar bisa lebih menguasai bidang yang ada di suatu perusahaan.

Semoga bermanfaat.

Tags PC Windows

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel