7 Tips Melakukan Hal Berkesan dan Bahagia Setelah Pergantian Tahun

24 Jan 2022 16:30 978 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

7 Tips Melakukan Hal Berkesan Dan Bahagia Setelah Pergantian Tahun

Bulan Desember 2021 sudah berakhir beberapa hari yang lalu dan kini sudah memasuk bulan Januari di tahun yang baru yaitu 2022. Tahun baru sudah ada di depan mata, meskipun demikian, sebelum memulai untuk memikirkan resolusi tahun 2022, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan setelah pergantian tahun guna memulai hari yang baru di tahun baru agar sepanjang tahun ini bisa anda merasakan hal-hal yang berkesan dan bahagia. Yuk simak penjelasan kami berikut ini.

1/ Usahakan untuk bisa membayar hutang dan janji

Jika di akhir tahun 2021 yang lalu anda masih mempunyai hutang kepada orang lain baik itu berbentuk uang, barang atau janji, maka gunakan awal tahun baru ini untuk membayar semuanya. Sehingga anda tdak lagi mempunyai beban menjalani hari-hari sepanjang tahun 2022 ini.

2/ Membersihkan rumah dan lingkungan sekitarnya

Mungkin aktivitas membersihkan rumah sudah terbiasa anda lakukan setiap hari di rumah, tetapi memasuki awal bulan di tahun baru ini cobalah lakukan bersih-bersih rumah secara menyeluruh mulai dari ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah lalu melebar ke pekarangan depan dan halaman belakang dan jika dianggap perlu lingkungan sekitar rumah seperti got di depan rumah. Anda akan menemukan hal-hal kecil yang bermakna dilakukan seperti menemukan beberapa barang seperti taplak meja, korden, karpet dan sebagainya tidak dicuci setiap hari bisa menjadi fokus anda untuk membersihkannya kali ini.

3/ Memeriksa barang-barang milik anda

Kebiasaan di tahun lama yang ikut hingga ke awal tahun baru adalah membeli barang-barang setiap tahun mungkin membuat anda lupa terhadap apa-apa saja barang yang sedang anda miliki selama ini. Sebelum pergantian tahun maka mulailah untuk menyeleksi mana saja barang yang masih layak pakai dan tidak sama sekali, mana barang yang benar-benar rusak dan barang-barang yang masih bisa dipakai. Jika kondisinya masih bagus namun tidak anda pakai maka anda bisa menyumbangkannya kepada orang lain.

4/ Berpikir tentang hal yang belum anda capai di tahun ini

Meskipun pergantian tahun sudah anda jalani beberapa hari di bulan Januari 2022 ini , namun tidak ada salahnya untuk memikirkan ulang tentang hal-hal yang ingin anda capai di tahun ini sebagai sebuah rencana yang diharapkan bisa terlaksana. Karena tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan jika ada niat dan kesungguhan hati. Mulailah dari hal-hal yang sederhana saja seperti membaca koleksi buku bacaan terbaru anda di tahun baru atau menyelesaikan membaca buku tahun lalu yang belum tuntas anda lakukan, bisa jalan-jalan ke suatu tempat bersama dengan keluarga atau mengungkapkan perasaan anda pada seseorang. Lakukan selama anda bisa dan masih ada waktu.

5/ Memaafkan orang lain

Momen pergantian tahun bisa menjadi waktu yang tepat untuk membuka lembaran baru. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan memaafkan kesalahan-kesalahan orang lain yang telah menyakiti anda di tahun lalu. Begitu juga sebaliknya, jika anda mempunyai kesalahan maka segera minta maaf pada orang yang bersangkutan. Anda tentu saja tidak mau hanya tahun yang berganti tetapi anda sendiri masih dengan perasaan yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya ?

6/ Mengungkapkan hal-hal yang ingin anda katakana

Ungkapkan dengan lapang dada tentang apa-apa saja yang ingin anda katakana kepada orang-orang di sekitar anda, entah itu pasangan kekasih, rekan kerja di kantor, sahabat main atau sesama anggota keluarga. Mungkin anda ingin mengakui kesalahan kecil yang pernah anda buat, lakukanlah selagi masih ada waktu. Dan momen setelah pergantian tahun ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan itu semua.

7/ Jangan lupa berdoa

Ini adalah salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika memasuki tahun baru yaitu menjadi salah satu momen yang luarbiasa berkesan dan bisa menjadikan anda bahagia selamanya. Berdoalah kepad Tuhan agar di tahun baru ini anda bisa menjadi orang yang lebih baik lagi dan bisa menutup tahun dengan perasaan yang bahagia.

Nah itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan sebelum setelah memasuki tahun baru, mana yang belum anda lakukan ?

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.fimela.com/lifestyle/read/4838327/7-hal-yang-harus-dilakukan-sebelum-pergantian-tahun/

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel