Berbuka Puasa dengan Keluarga Bersama Menu Khas Dari Kampung

21 Jan 2022 09:43 212 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Berbuka Puasa Dengan Keluarga Bersama Menu Khas Dari Kampung 

Apa yang akan anda lakukan ketika bulan suci Ramadhan tiba ? Tentu saja ada hal penting yang ditunggu-tunggu yang berhubungan dengan makanan kesayangan keluarga yaitu saat berbuka puasa. Apalagi bagi anda yang saat ini menetap di daerah perkotaan pastilah akan rindu dengan suguhan beragam menu makanan berbuka puasa ala kampung. Menu makanan ala kampung rata-rata unik dengan rasa yang khas selalu membuat anda rindu untuk mencicipinya. Nah berikut ini kami rekomendasikan beberapa menu makanan berbuka puasa ala kampung yang akan menemani acara berbuka puasa anda dengan keluarga. Silahkan menyimaknya.

1/ Jajanan tradisional : kelepon

Makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan. Namanya adalah klepon yang merupakan jajanan khas warga pedesaan yang dibuat dari bahan utama yaitu tepung ketan lalu dikukus dimana di dalamnya ditambahkan gula merah. Cara menyantapnya adalah dengan ditemani baluran kelapa parut gurih yang menyelimuti bulatan-bulatan klepon berwarna hijau cerah. Jajanan tradisional ini sejak dulu menjadi makanan favorit terutama ketika bulan suci Ramadhan datang. Menu makanan ala kampung ini sangat disarankan untuk dijadikan sebagai menu buka puasa karena kandungan karbohidrat yang tinggi mampu menambah energy tubuh melakukan puasa sepanjang hari. Klepon juga mampu membantu menjaga kesehatan tulang, mengobati rematik, mengencangkan kulit wajah, menyerap minyak dan melancarkan sistem pencernaan.

2/ Jajanan tradisional : bubur candil

Bubur candil merupakan salah satu menu berbka puas yang rasanya lezat adalah menu berbuka puasa ala kampung yang terbuat dari ubi jalar dan tepung tapioka lalu dibentuk bulatan-bulatan kecil seperti mini bola. Makanan khas Ramadhan ini kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, zat besi, kalsium dan fosfor. Cara membuatnya sangat mudah dan praktis yaitu dengan mencampur ubi yang sudah dihaluskan menjadi pasta dengan taburan secukupnya saja garam dan tepung lalu uleni hingga merata. Selanjutnya adonan tersebut dibuat bola-bola kecil kemudian dimasukkan ke dalam air yang sudah disiapkan dengan gula merah diberi tambahan daun pandan. Rebus hingga matang. Kemudian masak santan kental bersama dengan daun pandan dan garam secukupnya saja secara terpisah. Nah bubur candil sudah siap dijadikan sebagai hidangan dalam keadaan dingin maupun hangat di saat bulan Ramadhan tiba. 

3/ Minuman tradisional : es degan

Es degam atau disebut dengan nama populer adalah es kelapa muda ini nikmat dibuat untuk menemani buka puasa anda ketika tiba bulan suci Ramadhan. Es degan menyegarkan tenggorokan karena minuman yang satu ini mampu mengembalikan ion tubuh yang hilang seharian. Es degan berasal dari buah kelapa secara langsung dan bukan dari bubuk yang sudah diolah dengan rasa buah kelapa. Es degan cocok untuk menemani buka puasa anda yang cara penyajiannya bisa dengan tambahan sirup gula merah atau sari buah lainnya. Hindari mengkonsumsi minuman kemasan maupun minuman yang memiliki jandungan gula tinggi ketika menjadi puasa di bulan suci Ramadhan. Es degan ini menjadi solusi anda sebagai teman minum ketika sahur yang sifatnya praktis maupun untuk berbuka. Kandungan elektrolit yang terdapat pada es degan mampu membantu mengembalikan energi tubuh seketika.

4/ Cemilan tradisional : kolak pisang

Buka puasa anda rasanya masih kurang apabila belum mencicipi makanan camilan yang rasanya serba manis. Salah satu contoh yang populer saat ini adalah kolak pisang bisa menjadi teman berbuka puasa yang rasanya lezat, gurih dan manis. Kolak pisang akan mudah ditemukan dimana-mana menjelang bulan Ramadhan datang sehingga anda bisa dengan mudah membelinya untuk acara berbuka puasa maupun sahur. Cita rasa khas yang tercipta dari kolak pisang membuat makanan yang satu ini tak pernah lepas dari cerminan budaya masyarakat di Indonesia.

5/ Jajanan tradisional : kolang-kaling

Jajanan tradisional untuk berbuka puasa ala kampung yang terakhir adalah kolang-kaling. Menu berbuka puasa yang satu ini berasala dari buah salah satu tumbuhan yang memiliki tekstur kenyal. Anda bisa memasaknya bersamaan dengan gula putih dicampur dengan sirup berbagai varian rasa. Hasilnya adalah kolang-kaling yang terasa segar dan manis sehingga nikmat dijadikan sebagai menu buka puasa. Apalagi dimakan dengan menambahkan es batu ke dalamnya, es kolang-kaling menjadi salah satu menu berbuka puasa atau sahur yang sederhana dalam penyajian tetapi nikmat disantap bersama dengan keluarga. Manfaat yang terkandung di dalamnya juga banyak yaitu salah satunya untuk mencegah penuaan dini karena kandungan senyawa galactomannan dalam kolang-kaling jumlahnya cukup tinggi. Kolang-kaling mengandung serat kasar dan kalsium yang mampu memperlancar pencernaan dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Apalagi bagi anda yang sedang berbka puasa, kandungan berbagai vitamin dan mineral mampu membantu menghidrasi tubuh anda.

Semoga bermanfaat.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel