Mencarikan Sekolah yang Tepat Untuk Buah Hati, Perhatikan Tips Berikut Ini

15 Jan 2022 09:05 1543 Hits 8 Comments Approved by Plimbi

Mencarikan Sekolah Yang Tepat Untuk Buah Hati, Perhatikan Tips Berikut Ini

Apakah bunda mengetahui bahwa dua kondisi ini memiliki sifat yang sama yaitu mencari sekolah untuk anak-anak seperti mencarikan jodoh buat mereka yaitu gampang-gampang susah. Apalagi jika bunda tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, pilihan sekolah semakin banyak dan hampir semua sekolah tersebut mempunyai keunggulan dan prestasi tersendiri. Makanya sediakan waktu setidaknya 1 tahun sebelumnya untuk berpikir bagaimana cara mencari salah satu sekolah terbaik bagi anak-anak. Inilah daftar tugas bunda selama 1 tahun ke depan sampai anak-anak mendapatkan sekolah terbainya.

1/ Lakukan browsing informasi di internet

Ketikkan kata kunci yang tepat di mesin pencari informasi Google, sehingga dengan mudah bunda mencari dan menemukan tentang sekolah-sekolah terbaik sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Jika bunda jeli dan rajin melakukan browsing di internet, bunda justru akan dengan mudah menemukan lebih banyak informasi berguna di media sosial, blog ataupun forum. Di sini biasanya berkumpul para orang tua untuk melakukan curhat dan membagi informasi soal sekolah untuk anak-anak mereka berupa informasi yang sangat mendetail mulai dari suasana sekolah, sikap guru-gurunya sampai dengan kondisi kamar mandi sekolah. Ini adalah sharing yang sangat bermanfaat untuk bunda ketahui sebelum memasukkan anak-anak ke sekolah tersebut. Melalui sharing ini bunda tidak hanya mendapatkan informasi yang bagus-bagus saja melainkan juga sisi buruk yang mungkin pernah dialami oleh bunda lainnya. Ini bisa dijadikan tambahan untuk bahan pertimbangan bunda.

2/ Menentukan kriteria

Tentu saja bunda tidak mau sembarangan memilihkan sekolah buat anak-anak tercinta. Sekolah teruama TK dan SD merupakan investasi jangka panjang bagi masa depan anak-anak yang berhubungan dengan pilihan bunda tak hanya menyangkut soal biaya dan jarak tempuh atau apakah itu adalah sekolah negeri atau sekolah swasta. Sekolah swasta saat ini sudah memiliki banyak pilihan apakah itu berbasis nasional, nasional plus, internasional, berbasis agama, sekolah alam dan sebagainya. Masing-masing pilihan bunda pastilah mempunyai kriteria yang berbeda-beda dalam menentukan sekolah terbaik untuk anak-anak. Ada orangtua yang berpendapat bahwa sekolah terbagus adalah yang menyediakan paket lengkap dimana di dalamnya tidak hanya memberikan ilmu bagi anak-anak didiknya melainkan juga menanamkan akhlak dan budi pekerti yang baik serta memberikan ilmu agama yang mendalam. Ada juga orangtua yang senang dengan sekolah gaya lama yang mutu akademisnya sudah teruji bertahun-tahun melalui kualitas para lulusannya. Yang perlu bunda ingat adalah penentuan kriteria sekolah haruslah didasari oleh kebutuhan dan minat anak, bukan semata keinginan saja.

3/ Mulai melakukan hitung-hitungan

Pastilah setiap orangtua menginginkan mendapatkan sekolah terbaik untuk anak-anaknya. Meskipun sekolah terbaik untuk anak-anak belum tentu sekolah yang mahal. Jadi mulailah berhitung dengan cermat, ini bukan berarti anda tidak boleh memasukkan si kecil ke sekolah-sekolah yang mahal. Disarankan untuk memilih sekolah yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda di rumah. Apabila di akhir perburuan sekolah bunda mempunyai lebih dari satu sekolah incaran, maka masalah biaya mungkin bisa menjadi senjata pamungkas untuk menentkan sekolah mana yang akan dipilih (tentu dengan tidak mengesampingkan suara si kecil). Cari tahu informasi mengenai total biaya yang harus anda keluarkan untuk sekolah A, sekolah B atau sekolah C, mulai dari uang masuk, formulir pendaftaran, uang kegiatan, hingga uang SPP. Pakar keuangan Ligwina Hananto dalam sebuah seminarnya menjelaskan bahwa jangan sampai uang menjadi penghalang antara anak dengan cita-citanya. Mungkin sebagian orangtua mengartikan bahwa orangtua harus menyediakan berapa pun besarnya biaya untuk pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. Dimana perlu diketahui bahwa tanggung jawab anda sebagai orangtua terhadap pendidikan anak-anaknya tidak hanya saat ini yaitu ketika anak masuk TK atau SD. Karena masih ada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, SMP, SMA dan kuliah. Bunda harus bisa memastikan anak mendapatkan pendidikan terbaik di semua jenjang tersebut sesuai dengan kemampuan keuangan keluarga.

4/ Mulai melakukan school shopping

Jika sudah memiliki daftar incaran maka sekarang saatnya melakukan school shopping atau mendatangi sekolah bersangkutan satu per satu. Apabila selama ini informasi yang anda miliki hanya berdasarkan brosur, pengalaman atau sekadar dari foto saja, kini saatnya untuk bisa melihat secara langsung wujud fisik sekolah incaran anda. Ada banyak hal yang harus diamati ketika tiba waktunya school shopping seperti mulai dari jarak tempuh dari rumah ke sekolah, kondisi jalanan di waktu pagi hari, lokasi dan lingkungan sekitar sekolah, gedung beserta fasilitasnya serta suasana sekolah. Inilah waktu yang tepat buat bunda untuk bertanya lebih banyak soal sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah bersangkutan. Perhatikan kurikulum dan cara belajar di sana juga hal-hal mendasar lainnya seperti apakah sekolah tersebut memberikan kesempatan bagi murid-muridnya untuk mengikuti kompetisi meskipun mereka kurang berprestasi.

Sekolah yang akan bunda pilih apakah bisa memenuhi kebutuhan individual anak-anak. Karena tidak semua anak-anak cocok dengan sistem belajar konvensional dimana guru sedang menerangkan di depan kelas dan murid mendengarkan sambil duduk di bangkunya masing-masing. Gali lebih mendalam hal-hal yang berhubungan dengan visi, misi serta nilai-nilai yang dianut sekolah tersebut apakah sama dengan visi, misi serta nilai-nilai para orangtua di rumah. Di sini anda wajib mengetahui apakah sekolah bersangkutan hanya bertujuan menciptakan anak-anak dengan nilai tes terbagus atau menyertakan pembentukan anak-anak agar menjadi pembelajar mandiri. Bicarakan dengan kepala sekolah, luangkan sedikit waktu untuk berbicara dengan para guru, murid yang lainnya atau mungkin orangtua lain yang ada di sekolah yang akan dipilih guna mendapatkan sudut pandang yang bervariasi tentang sekolah pilihan anda. Perlukah membawa anak-anak ikut serta saat school shopping ? Ini semua tergantung situasi dan kondisi, jika bunda berencana untuk melakukan kunjungan ke banyak sekolah, maka sebaiknya tak perlu membawa serta si kecil, karena terlalu banyak pilihan justru akan membuat mereka bingung. Anda boleh membawa si kecil jika pilihan sekolah sudah ditetapkan mengecil hingga menjadi 3 atau 4 sekolah saja.

5/ Saatnya untuk menentukan pilihan

Empat tahap sudah anda lalui semua nah kini saatnya untuk menentukan pilihan yang tepat. Diskusikan semua pilihan sekolah yang tersisa dengan ayah dan anak-anak. Pertimbangkan kembali hal-hal yang bunda naggap penting saja seperti jarak antara sekolah dan rumah, sistem belajar dua arah, fasilitas, porsi pelajaran agam dan biaya yang terdapat dalam sekolah yang menjadi calon pilihan anda. Beri nilai untuk masing-masing sekolah kemudian lihat sekolah yang mana mendapatkan nilai paling besar. Guna lebih meyakinkan agar pilihan tak jatuh ke sekolah yang salah maka bunda bisa mengajak si kecil melakukan trial class. Dari pengalaman ini bunda bisa benar-benar yakin apakah sistem belajar di sekolah tersebut benar-benar cocok untuk anak.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel