Mengenal Beragam Jenis Sauce yang Mudah Dibuat dan Enak

18 Jan 2022 15:40 280 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Mengenal Beragam Jenis Sauce Yang Mudah Dibuat Dan Enak 

Sauce (saos) adalah cairan yang digunakan sebagai bahan pelezat sewaktu memasak atau yang dihidangkan bersama-sama makanan lainnya untuk penambah cita rasa. Saos utama yang dikenal selama ini untuk menu masakan Nusantara di Indonesia adalah sambal dan kecap manis. Dimana kata saos pertama kali berasal dari Perancis yaitu sauce yang bersumber dari Bahasa Latin yaitu salsus yang artinya digarami. Saos yang selama ini dijual di pasar bisa berupa buatan pabrik seperti kecap atau saos yang dibuat oleh juru masak sebelum makanan dihidangkan seperti saos asam manis. Dikenal juga saos dalam Bahasa Spanyol yaitu salsa yang biasanya sebagai pelengkap selada yang disebut dengan istilah dressing.

Saos Pada Masakan Internasional

Di beberapa negara di barat dikenal beragam jenis saos yang memiliki fungsi tertentu namun rata-rata adalah sebagai pelezat sajian utama. Silahkan menyimak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Saos untuk beragam masakan dari Inggris

Di Inggris ibu-ibu rumah tangga mengenal saos yang dikenal dengan nama gravy yaitu sebutan untuk saos tradisional yang digunakan pada masakan yang dipanggang seperti kentang panggang, daging panggang atau sayuran rebus dengan tambahan puding (sejenis roti panggang). Ada juga saos apel yang digunakan untuk masakan daging babi sedangkan saos beraroma daun mint digunakan untuk masakan daging domba. Khusus untuk hidangan salad digunakan salad cream sebagai bahan pendamping. Saos tomat dan brown sauce digunakan untuk makanan siap saji. Saos Worcestershire adalah sejenis kecap Inggris dengan rasa mustard khas Inggris yang sangat menyengat. Custard adalah saos manis dari bahan telur dan gula yang digunakan sebagai saos makanan penutup.

2/ Saos untuk beragam masakan dari Jepang

Dikenal beragam jenis kecap asin (shoyu), miso dan dashi merupakan bahan utama membuat saos masakan khas Jepang. Juga ada ponzu (kecap asin beraroma jeruk yuzu yang agak pahit) dan saos manis yakitori merupakan contoh saos dengan bahan dasar adalah kecap asing. Saos sumiso untuk makan konnyaku adalah contoh salah satu saos dari bahan dasar miso ditambah dengan cuka. Dalam Bahasa Jepang, saos berarti sejenis kecap Inggris (uster sauce atau Worcestershire sauce) yang sudah disesuaikan rasanya dengan selera orang Jepang. Jenis saos lainnya yang populer dalam masakan Jepang adalah saos okonomiyaki, tonkatsu dan saos yakisoba.

3/ Saos untuk beragam masakan dari Cina

Saos yang dimaksudkan adalah berbagai macam kecap dan hasil fermentasi kacang kedelai mulai dari kecap ikan, saos tiram hingga saos hoisin dan sambal.

4/ Saos untuk beragam masakan dari Korea

Masakan yang umum didampingi oleh saos di sini ada beragam dimana saos yang dimaksudkan adalah berasal dari bahan utama yaitu kecap asin seperti doenjang, samjang dan beragam kecap asin.

5/ Saos untuk beragam masakan dari Asia Tenggara

Saos yang dimaksudkan adalah rata-rata terbuat dari kecap ikan untuk beragam jenis masakan Thailand dan masakan Vietnam.

6/ Saos untuk beragam masakan dari Perancis

Masakan Perancis tak pernah lepas dari yang namanya saos yang sudah dikenal sejak berabad-abad silam yaitu tepatnya di abad pertengahan. Dalam kuliner klasik Perancis terdapat beberapa jenis saos (yang utama adalah termasuk ke dalam kelompok mother sauce) sebagai berikut :

  • Saos béchamel dari roux dan susu.
  • Saos espagnole dari kaldu berwarna kecokelatan seperti kaldu daging sapi.
  • Saos veloute dari kaldu putih seperti kaldu ikan, kaldu ayam atau daging sapi muda.
  • Saos hollandaise dari mentega yang dijernihkan atau dipisahkan bagian lemak dan airnya.
  • Saos tomat dari buah tomat dicampur dengan kaldu.

Dari mother sauce dapat dibuat berbagai jenis saos turunan yaitu sebagai berikut :

  • Saos béchamel.
  • Saos krim dari saos béchamel dank rim kental.
  • Saos aurora dari saos béchamel dan keju parut.
  • Saos nantua dari saos béchamel dicampur dengan mentega, udang dank rim kental.
  • Saos Chantilly dari saos béchamel dank rim kocok.
  • Saos soubise dari saos béchamel dan bawang bombay.
  • Saos mustard dari saos béchamel dan mustar.

Gravy Sauce

Saos adalah bagian yang paling penting dalam sebuah hidangan. Karena tanpa saos maka masakan yang tersaji rasanya tidak sempurna. Terlebih lagi untuk hidangan western yang mengandalkan saos untuk mempertajam cita rasa. Dikenal ada banyak jenis saos yang digunakan dalam masakan western. Namun yang paling umum adalah gravy sauce atau biasa disebut dengan nama brown sauce. Nama brown sauce diambil dari warna saos ini yaitu kecokelatan. Warna ini didapat dari sisa-sisa jus atau cairan daging yang tertinggal di wajan setelah melalui proses roasting. Sisa jus ini kemudian diolah menjadi saos gravy yang rata-rata rasanya gurih.

Saos gravy biasa dijual di supermarket dalam bentuk siap saji atau di restoran-restoran yang menyediakan beragam menu Eropa dan Asia. Namun jika anda ingin membuat sendiri saos ini di dapur maka harus memperhatikan beberapa tips cara membuat gravy sauce yang enak yaitu sebagai berikut :

  • Siapkan 1 blok kaldu ayam dan 1 blok kaldu sapi guna mendapatkan cita rasa dan warna yang lebih menyengat. Kaldu ayam adalah kaldu dasar yang tepat untuk semua jenis makanan. Sedangkan kaldu sapi adalah untuk memberikan warna dan sedikit tendangan rasa. Dengan menggunakan keduanya diharapkan saos grovy ini menjadi salah satu saos yang cocok untuk segala jenis masakan berprotein.
  • Hindari menggunakan kaldu cair karena rasa kaldu cair yang didapat dari merebus tulang ayam atau tulang sapi tidak setajam kaldu blok. Jika anda membuat kaldu menggunakan jus dari proses roasting maka kaldu cair seperti ini cocok untuk digunakan.
  • Larutkan masing-masing 1 blok kaldu ayam dan 1 blok kaldu sapi dengan 550 ml air panas. Sisihkan.
  • Dalam panci lelehkan 4 sdm mentega atau margarin. Lalu masukkan 4 sdm tepung terigu sambil aduk-aduk.
  • Tambahkan ½ sdt bubuk bawang putih dan ¼ sdt merica hitam yang sudah digerus kasar. Aduk-aduk lagi hingga rata dan wangi.
  • Tuang pelan-pelan kaldu ke dalam panci sambil terus diaduk. Masak terus sambil diaduk-aduk hingga mengental dan mendidih. Cicipi terlebih dahulu sebelum disajikan. Tambahkan garam jika diperlukan.

Gravy sauce express siap menemani mashed potato, steak, ayam goreng dan lain sebagainya. Jika dismpan di dalam kulkas, saos akan menjadi semakin mengental dan membentuk lapisan di bagian permukaannya. Cukup tambahkan air dan panaskan kembali di atas api sambil diaduk-aduk. Saos siap disantap.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel