Untuk Menjaga Kesehatan Penglihatan Si Kecil, Berikan Mereka 10 Makanan ini

14 Jan 2022 17:05 311 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Untuk Menjaga Kesehatan Penglihatan Si Kecil, Berikan Mereka 10 Makanan ini

Untuk menjaga kesehatan mata maka wortel adalah salah satu bahan makanan yang wajib diberikan terutama kepada anak-anak anda. Maka dari itu para orangtua selalu ingin agar anak-anaknya menyukai beragam olahan dari wortel. Beberapa cara pun dilakukan mulai dari memasukkan wortel ke dalam olahan sayuran, membuat jus wortel setiap hari atau mengolahnya sebagai camilan ringan.

Sebenarnya tidak hanya wortel saja yang bisa dijadikan beragam olahan makanan guna menjaga kesehatan mata. Berikut ini adalah beberapa jenis olahan makanan lainnya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata anak-anak bisa anda berikan secara rutin sebagai berikut :

1/ Olahan makanan dari ikan

Di dalam ikan banyak mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat sebagai anti peradangan yaitu ampuh untuk melindungi mata dari degenarasi makula dan katarak. Omega-3 menjaga mata agar tidak kering. Anda dapat memilih ikan yang mengandung omega-3 dalam jumlah tinggi seperti salmon, tuna dan makarel.

2/ Olahan makanan dari daging dan unggas

Daging dan unggas mempunyai kandungan zinc yang terkenal bagus untuk menjaga kesehatan mata. Zinc bertugas menyebarkan vitamin A dari hati ke retina dan berfungsi memproduksi melanin untuk melindungi mata.

3/ Olahan makanan dari sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, brokoli, sawi hijau dan daun lettuce bisa anda pilih untuk menjaga kesehatan mata si kecil. Beragam sayuran hijau ini mempunyai kandungan lutein dan zeaxanthin yang ampuh untuk meningkatkan kepadatan pigmen dalam makula yang berfungsi untuk menyerap kelebihan cahaya biru dan sinar UV. Lutein dan zeaxatin dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi mata dari paparan sinar matahari, debu, polusi dan asap.

4/ Olahan makanan dari tomat

Buah tomat banyak mengandung likopen yang ampuh buat melindungi mata dari radiasi UV. Vitamin C dan E dalam tomat membantu mempertahankan kesehatan retina mata. Anda bisa mengolahnya menjadi jus, saos pasta atau dijadikan garnish makanan.

5/ Olahan makanan dari pepaya

Buah pepaya adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin A dalam jumlah besar. Daging buah pepaya mengandung karotenoid yang berfungsi menjaga retina mata. Juga kandungan vitamin C dalam buah pepaya memegang peranan penting sebagai antioksidan yang dapat melindungi mata dari radikal bebas. Anda bisa mengkreasikannya sebagai es buah atau salad segar.

6/ Olahan makanan dari stroberi

Buah stroberi kaya akan kandungan vitamin C yang sudah dikenal sebagai antioksidan. Kandungan tersebut ampuh untuk melindungi mata dari radikal bebas. Anda bisa mengolah buah stroberi menjadi smoothies atau selai.

7/ Olahan makanan dari mangga

Buah yang rasanya legit dan asam-asam manis ini mempunyai kandungan betakaroten dalam jumlah besar yang ampuh untuk menjaga kejernihan mata anak anda. Anda bisa memberikan buahnya secara langsung, membuatnya menjadi jus, campuran es buah atau menjadikannya bahan pelengkap dan pelezat membuat puding.

8/ Olahan makanan dari avokad

Apabila anak anda alergi ikan, maka anda bisa memberikan avokad yang banyak mengandung omega-3. Avokad juga memiliki kandungan vitamin C, E dan karotenoid yang ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Anda bisa membuatnya sebagai jus, puding atau memberikannya secara langsung kepada si kecil.

9/ Olahan makanan dari telur

Tak hanya sayur dan buah segar saja yang ampuh untuk menjaga kesehatan mata, produk-produk hewani pun tak kalah bermanfaat untuk mendapatkan kesehatan dari organ tubuh terpenting ini. Telur banyak mengandung vitamin A serta lutein dan zeaxantin yang ampuh meningkatkan kesehatan mata.

10/ Olahan makanan dari kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almon, biji bunga matahari, kacang polong atau kacang merah mempunyai kandungan vitamin E yang ampuh untuk memperlambat degenerasi makula. Anda bisa menjadikannya topping pada kukis untuk camilan atau digunakan untuk mencampur sayuran lainnya agar bercita rasa lebih gurih.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel