Pesta Tahun Baru dengan Keluarga Akan Bertambah Seru Bersama Suguhan Menu istimewa ini

18 Jan 2022 09:20 270 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Pesta Tahun Baru Dengan Keluarga Akan Bertambah Seru Bersama Suguhan Menu istimewa ini

Apa yang membuat acara tahun baru anda menjadi seru, coba tebak ? Jawabannya adalah makanan yang dipersiapkan sebelumnya. Dimana diketahui bahwa makanan memang selalu bisa membuat semua orang bersemangat untuk berbaur dalam sebuah momen yang sedang digelar. Ada beberapa menu istimewa yang membuat anda dan keluarga atau mereka yang datang ke sebuah pesta menjadi lebih dekat, bergairah dan saling bercengkerama. Berikut di bawah ini kami rekomendasikan beberapa diantaranya mungkin bisa menjadi ide untuk merayakan tahun baru ini.

1/ Fondue gurih yang lezat

Fondue adalah menu asal Swiss yang bisa membuat orang merasa asyik berkumpul di dalam sebuah pesta. Ini adalah sebagian besar terbuat dari bahan berupa keju yang dilelehkan dihidangkan dalam sebuah panci komunal. Lalu masing-masing orang mencelupkan potongan roti ke dalamnya menggunakan garpu dan menyantapnya. Saat ini bahan untuk membuat sepanci fondue tidak terbatas pada roti saja. Apapun bisa dipadukan dengan keju leleh seperti ayam goreng yang dipotong-potong kecil atau kentang goreng dan sosis panggang. Membuat fondue membutuhkan panci khusus karena keju yang menjadi bahan utama harus berada dalam temperatur yang pas agar ia bisa tetap meleleh (hangat) tetapi tidak menjadi gosong. Di Swiss sangat mudah menemukan supermarket yang menjual alat fondue dan beragam jenis keju untuk membuat fondue sehingga hampir di setiap pesta di sini warganya menyuguhkan sajian ini sebagai hidangan utama.

2/ Keistimewaan nasi liwet khas Nusantara

Sajian spesial khas Nusantara ini tak kalah seru dibandingkan dengan menu bergaya Eropa lainnya untuk menjadi sajian utama di sebuah pesta. Menjamin cita rasa yang diciptakan mampu memikat lidah peserta pesta. Cara makan nasi liwet ini adalah dengan menggunakan daun pisang yang disusun memanjang di atas meja atau di atas tikar yang digelar karena nantinya nasi liwet harus dimakan bersama-sama. Seperti rebutan lauk yang justru menjadi penyemangat acara makan nasi liwet di tahun baru. Lauk yang disajikan adalah ayam, tempe, tahu dan lalapan serta sambal terasi. Membuat pesta dengan nasi liwet sangatlah praktis karena sesudah pesta selesai tidak perlu repot-repot mencuci piring, tinggal gulung lalu daun pisang dan sisa makanan dibuang saja ke tong sampah.

3/ Pesta barbegue yang bikin ketagihan

Barbeque sudah tidak asing dilakukan pada saat tahun baru. Anda dan keluarga pasti akan disibukkan dengan aktivitas mempersiapkan hingga acara memasak yang memang membutuhkan kerjasama mereka yang hadir di dalam pesta. Barbeque ini merupakan kebiasaan yang seperti sudah menjadi adat bagi orang barat. Membuat aneka steak, burger, skewer dan lain sebagainya yang memasaknya dilakukan dengan cara dibakar secara langsung di atas bara api dalam pemanggangan khusus. Untuk dapat menggelar pesta barbeque maka persiapkan griller yang akan digunakan untuk membuat bara api dari arang. Griller tersedia dalam beragam jenis dan harganya pun tidak terlalu mahal. Bisa juga menggunakan alat-alat barbeque tradisional atau yang sederhana saja tidak mengurangi keseruan pesta.

4. Menyuguhkan yakiniku ala keromantisan warga Jepang

Mirip dengan pesta barbeque ala orang barat, di Asia khususnya di Jepang dan Korea, pesta barbeque yang biasanya dilakukan di luar rumah bisa digelar di dalam rumah yang dikenal dengan nama yakiniku. Karena untuk membuatnya tidak perlu menggunakan arang yang kotor dan berdebu. Cukup menggunakan kompor dan wajan yakiniku. Pesta ini akan menjadi semakin mengasyikkan untuk digelar karena daging yang dimasak adalah secara langsung di meja makan sehingga masakan ini bisa menjadi perhatian seluruh anggota pesta. Mau tak mau, mereka harus ngobrol satu sama lainnya. Dimana gaya makan yakiniku saat ini adalah tidak terbatas dilakukan oleh warga Jepang saja tetapi sudah sangat populer di mancanegara. Gunakan daging yang memang diperuntukkan untuk yakiniku namun jika bosan anda bisa mengkreasikannya dengan menambahkan saos atau bumbu marinasi sesuai dengan selera masing-masing anggota pesta. Yakiniku yang dikenal belakangan ini adalah yang bergaya Cina, Mongol, Thailand dan Korea disamping Jepang yang utama.

5/ Membuat hot-pot untuk merayakan kebersamaan

Hot-pot hampir sama dengan yakiniku, membuat orang-orang berkumpul di satu tempat dan berkesempatan untuk bercengkerama bersama dengan anggota pesta. Masakan yang disuguhkan adalah rebus-rebusan. Inilah kesempatan bagi anda untuk mengkonsumsi lebih banyak sayuran yang menjadi pilihan menu utama dalam pesta di samping daging berwarna merah. Kelezatan hot-spot sangat tergantung dari kaldu atau sup yang dimasak. Boleh divariasikan sesuai dengan selera anda yang diharapkan mampu membuat decak kagum para tamu atau anggota keluarga. Jika ingin lebih praktis maka anda bisa membeli saja bumbu instan hot-pot yang mudah ditemukan di mall-mall terdekat. Beragam jenisnya mulai dari jenis shabu-shabu dengan rasa yang ringan hingga rasa menyengat seperti shezhuan.

Menu Khas Tahun Baru Ala Perancis, Steak & Fries. Apa Bedanya Dengan American Steak ?

Lain Amerika, lain juga Eropa dalam gaya penyajian steak untuk menyambut tahun baru. Contoh yang populer adalah bifteck-frites atau steak-frites, menu steak anda fries yang sangat digemari oleh semua kalangan terutama di French Bistro Perancis dan Belgia. Menu ini saat ini sudah menyebar ke brasserie di seluruh Eropa dimana secara klasik menggunakan bahan dari jenis rump staeak yang kini ditemui dalam ragam potongan seperti ribeye. Rata-rata tingkat kematangannya adalah rare dengan tambahan berupa siraman hollandaise sauce atau bernaise sauce dengan mentega di bagian atasnya lalu melelh di atas steak saat penyajian. Rasanya sangat menggugah selera makan.

Dapur orang-orang perancis tidak mengenal istilah rare hingga well done. Untuk jenis steak-frites misalnya istilah rare dikenal dengan nama saignant dimana terjemahan bebasnya mengandung makna berdarah. Sedangkan well done diistilahkan dengan nama a point dimana kentangnya dimasak secara khusus yang diperlezat dengan menambahkan lemak hewani dan permukaannya dipanggang hingga krispi.

Berbeda dengan steak ala Amerika yang orang-orangnya suka dengan daging yang terbakar secara optimal dari proses grill di atas bara api, steak Perancis ini dimatangkan di atas wajan datar. Penasaran dengan rasanya ? Masakan yang disajikan dijamin mampu memanjakan lidah para penggemar yang menyukai ragam kuliner khas mancanegara. Olahan menteganya diperkaya dengan rempah-rempah agar aromatik. Butter akan melelh menjadi saos di atas wagyu rump berpadu dengan French fries dan salad. Ini bisa mengingatkan anda akan keindahan kota Paris dan momen bersama dengan pasangan. Selain suasana yang romantis, musik dan budayanya juga sangat menarik, hidangan serta metode memasak di Perancis benar-benar memberikan inspirasi dan pengetahuan yang cukup besar bagi karier memasak para chef internsional di Indonesia. Jadi sebelum mencobanya secara langsung di Eropa, jajal dulu di kota Jakarta.

Sumber tulisan :

https://www.femina.co.id/food-trend/5-menu-seru-untuk-pesta-tahun-baru-?t=preview/

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel