Ingin Diet Anda Sukses? Jangan Lupa Konsumsi 7 Buah Berikut ini

17 Jan 2022 17:55 192 Hits 5 Comments Approved by Plimbi

Ingin Diet Anda Sukses ? Jangan Lupa Konsumsi 7 Buah Berikut Ini

Dunia kuliner akhir-akhir ini semakin marak saja dengan suguhan beragam jenis masakan yaitu ada makanan tradisional, makanan mancanegara hingga jenis masakan fusion yang berwarna-warni sangat mudah menggugah selera makan siapa saja yang memandangnya. Acara makan-makan selanjutnya menjadi sarana rekreasi hingga pelampiasan ketika emosi anda sedang tidak stabil hingga tiba masa dimana guilty pleasure menjadi guilty saja. Biasanya ketika jarum timbangan mulai beranjak ke arah kanan maka saat inilah anda mengalami kondisi yang terlintas dan harus ditargetkan yaitu perlu melakukan diet. Menurut kamus Oxford, diet adalah jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu dalam porsi tertentu pula.  

Di luar negeri, istilah diet kerap digunakan guna mengenali pilihan makan seseorang misalnya saja vegetarian, muslim, kosher, tanpa daging merah, makan yang serba berwarna putih dan lain sebagainya. Sedangkan di Indonesia diet akan muncul setelah anda bermasalah dengan bobot tubuh yang terlalu berlebihan. Nah dalam hal ini bagaimana kalau anda membuat makna diet menjadi segala hal yang berhubungan dengan asupan nutrisi demi kesehatan ? Dengan demikian anda sudah bisa melakukannya tanpa harus menunggu kondisi menjadi semakin genting karena sudah semestinya anda berdiet. Namun bukan berarti anda tidak lagi makan enak. Tetapi kenali asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dan mengontrol jumlahnya. Bukan semata-mata untuk menurunkan / menaikkan bobot tubuh atau agar terlihat seksi untuk suami, tetapi demi kesehatan.

Ada banyak sekali orang yang sedang menjalani diet mengalihkan pilihan camilan ke buah-buahan segar. Buah adalah camilan siap saji yang sifatnya alami dan kaya akan kandungan vitamin, serat serta nutrisi yang lainnya. Menurut pendapat beberapa ahli gizi dari Austria menjelaskan bahwa buah sangat mendukung diet yang sehat karena buah pada umumnya rendah kalori dan tinggi serat yang bisa membantu anda menurunkan berat badan dengan cepat. Buah apa sajakah itu ? Berikut ini adalah daftarnya.

1/ Buah melon dan semangka

Banyak orang mengenal kedua jenis buah ini karena dagingnya mengandung air dalam jumlah besar sehingga ramah untuk penurunan berat tubuh. Buah-buahan yang tinggi kadar air bisa membantu menurunkan berat badan ekstra. 1 cangkir atau sekitar 150 gram melon dan semangka masing-masing menghasilkan sekitar 46 hingga 61 kalori. Namun semangka mempunyai indeks glikemik yang lebih tinggi, jadi anda tetap perlu memperhatikan porsinya.

2/ Buah avokad

Sama dengan buah pisang, avokad juga termasuk sebagai salah satu yang paling padat mengandung kalori dan merupakan buah berlemak. Dalam setengah avokad atau sekitar 100 gram porsi anda bisa mendapatkan 160 kalori. Dalam porsi tersebut, anda juga bisa mendapatkan sekitar 25 persen vitamin K dan 20 persen folat dari total rekomendasi asupan harian. Penelitian menunjukkan sekitar 61 orang yang kelebihan berat badan dapat mengalami penurunan berat tubuh secara signifikan ketika rutin mengkonsumsi 200 gram avokad per hari.

3/ Buah jeruk

Buah jeruk adalah salah satu jenis buah yang rendah kalori, tinggi vitamin C dan juga mengandung serat. Untuk mendapatkan efek yang lebih bagus maka disarankan sebaiknya anda memakannya utuh dalam kondisi segar sebagai buah meja daripada mengkonsumsi dalam bentuk jus. Cara ini bisa memberikan perasaan kenyang lebih lama dan menekan rasa lapar.

4/ Buah pisang

Ini adalah buah keempat yang termasuk ke dalam buah padat kalori yang sudah banyak dikenal oleh orang-orang yang sedang melakukan diet sehat. Kandungan gula yang rendah pada pisang dapat membantu penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa makan pisang per hari 1 sampai dengan 2 biji dapat mengurangi gula darah dan kolesterol.

5/ Buah anggur

Setengah butir buah anggur hanya mengandung 39 kalori tetapi menyediakan sekitar 65 persen vitamin C dari rekomendasi asupan harian. Buah ini mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga lebih lambat dalam melepaskan gula ke dalam aliran darah anda. Diet rendah indeks glikemik terbukti dapat membantu penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan.

6/ Apel

Buah ini sudah sangat populer untuk keperluan diet. Ini disebabkan oleh kalorinya yang rendah tetapi tinggi serat. Sebutir apel ukuran besar atau sekitar 223 gram mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Karena tinggi kalori maka buah apel membuat perut anda mudah merasa kenyang sehingga bisa lebih sedikit makan sepanjang hari. Perlu diperhatikan bahwa untuk mencapai kondisi ini disarankan makan apel dalam bentuk utuh dan segar dibandingkan dijus.

7/ Kiwi

Buah kiwi sangat populer dengan kandungan vitamin C, E, folat serta serat dalam jumlah yang besar. Kiwi bisa membantu mengontrol gula darah dan mendukung kesehatan usus yang bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel