Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Untuk Membuat Aplikasi dan Situs Website

4 Jan 2022 14:51 1580 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Deretan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi dan situs website yang perlu Anda ketahui

Ketika kita mendengar tentang pemrograman, kita sudah tahu bahwa kita berbicara tentang serangkaian aktivitas dan teknik yang memungkinkan Anda untuk menulis kode, yang ditafsirkan oleh mesin untuk melakukan tindakan tertentu. Setiap bahasa pemrograman pada dasarnya adalah bahasa buatan yang dibuat untuk mengkomunikasikan instruksi ke komputer.

Bahasa pemrograman sangat banyak, hampir tidak mungkin untuk menyebutkan semuanya (mengingat bahwa hampir setiap hari lahir baru): untuk kenyamanan, dalam panduan ini kita hanya akan berbicara tentang bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk membuat aplikasi (untuk perangkat seluler dan untuk beberapa aplikasi di Windows 10) dan bahasa yang paling banyak digunakan untuk membuat halaman web .

Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan informasi umum dan sumber daya bagi mereka yang ingin memahami bahasa mana yang harus dipelajari untuk masa depan, sehingga dapat menemukan outlet karir yang aman.

Bahasa pemrograman utama untuk aplikasi

Bahasa yang didedikasikan untuk pembuatan aplikasi untuk ponsel cerdas dan tablet tidak sedikit, tetapi beberapa bahasa lebih banyak digunakan daripada yang lain.

  1. Java / XML : Java adalah bahasa pemrograman paling terkenal yang pernah ada. Ini adalah bahasa berorientasi objek, sangat fleksibel dan banyak digunakan baik untuk membuat program PC dan untuk membuat aplikasi untuk Android (di mana ia mendominasi). Untuk mencapai yang terakhir, perlu untuk mengintegrasikan bahasa Java dengan XML, bahasa "markup" yang memungkinkan Anda untuk memberi label dan mengatur data yang diperlukan untuk eksekusi aplikasi, dengan cara yang dapat dibaca untuk Java dan manusia.
  2. Swift / Objective-C : Swift adalah bahasa pemrograman referensi untuk membuat aplikasi yang didedikasikan untuk perangkat Apple (iPhone, iPad, Apple TV, dan Mac). Ini adalah bahasa berorientasi objek yang mengambil inspirasi dari Objective-C, bahasa pemrograman yang jauh lebih tua (sejak tahun 1983), digunakan hingga saat ini untuk menulis program dan aplikasi yang didedikasikan untuk sistem operasi Apple.
  3. C# / Visual Basic : keduanya adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft dan digunakan untuk sebagian besar program yang didedikasikan untuk Windows. Aplikasi yang disebut "universal" (atau Aplikasi Universal) yang mampu berjalan di sistem operasi Windows modern (Windows 10 untuk komputer, Windows 10 untuk Xbox One dan Windows 10 untuk smartphone) dibuat hampir seluruhnya dalam C#.

Mempelajari bahasa pemrograman ini akan memungkinkan Anda membuat aplikasi untuk perangkat modern portabel (dan bukan), dengan antarmuka yang dirancang untuk berpengalaman dengan sentuhan di layar dan mampu memenuhi kebutuhan kerja beberapa tahun terakhir (di mana sekarang semua orang bertanya multi -pakar bahasa untuk membuat aplikasi untuk situs atau layanan mereka).

Bahasa pemrograman utama untuk situs web

Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Untuk Membuat Aplikasi dan Situs Website

Untuk pembuatan situs Web dan portal, segalanya menjadi sedikit lebih rumit: untuk membuat situs yang sederhana namun terstruktur dengan baik, seringkali perlu menggabungkan beberapa bahasa bersama, yang masing-masing dirancang untuk "fungsi" yang berbeda. Dalam daftar di bawah ini kita dapat menemukan bahasa penting untuk setiap pembuat situs web:

  1. HTML : adalah bahasa dasar yang menjadi dasar pembuatan situs Web. Ini adalah bahasa "berasal" dari XML, yang digunakan untuk mendefinisikan elemen Web (area teks, gambar, tombol, paragraf, bab, modul, dan segera). HTML adalah bahasa yang ditafsirkan, yang tidak boleh dikompilasi dan dijalankan, tetapi dipahami seperti yang ditunjukkan oleh program yang kompatibel (seperti browser).
  2. CSS : adalah bahasa yang berjalan seiring dengan HTML dan memungkinkan Anda untuk menentukan gaya halaman Web (warna, format dan susunan teks, ukuran gambar, struktur paragraf dan elemen lainnya, dll.). Ini bukan bahasa yang diprogram tetapi bahasa yang ditafsirkan, yang kodenya dapat didefinisikan baik di dalam lembar HTML dan file teks kosong (diimpor kemudian).
  3. PHP : bahasa lain yang banyak digunakan di Web, PHP adalah bahasa skrip yang berorientasi pada "tindakan", yang memungkinkan Anda membuat "program" nyata di dalam halaman Web dan mengubah kontennya berdasarkan input 'pengguna (yang terjadi, misalnya, di halaman pribadi platform yang diakses melalui nama pengguna dan kata sandi). PHP adalah bahasa sisi server, yang berarti ia bekerja di server web dan bukan di browser. 
  4. JavaScript : meskipun bekerja dengan cara yang sangat berbeda, JavaScript juga merupakan bahasa yang berorientasi untuk memengaruhi perilaku laman web berdasarkan masukan pengguna dan apa yang terjadi sementara itu: misalnya, melalui JavaScript, spanduk iklan dinamis dibuat . JavaScript adalah bahasa sisi klien, yang bertindak langsung di dalam browser. Meskipun namanya mengingatkan pada Java, mereka sebenarnya tidak banyak berbagi. 

Bahasa pemrograman lainnya

Selain yang disebutkan di bab sebelumnya, saya menyarankan Anda juga mempelajari bahasa pemrograman atau manajemen berikut:

  1. MySQL adalah komponen fundamental lain yang disertakan dalam instalasi server web standar , yang Anda beli saat membuka situs baru. MySQL sebenarnya bukan bahasa pemrograman tetapi sistem manajemen basis data sumber terbuka dan gratis. MySQL sebenarnya adalah bahasa baris perintah untuk mengelola dan mengekstrak data atau bahkan untuk membuat otomatisme. Ada beberapa alat GUI seperti PHPMyAdmin untuk mengelola database dengan lebih mudah. Database MySQL mendukung blog WordPress sehingga semua artikel dapat disimpan dengan rapi di database.
  2. Python adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang mudah digunakan dan bagus untuk dipelajari. Python adalah open source dan juga digunakan oleh Google, Yahoo dan, di atas segalanya, oleh Youtube karena mudah dibaca dan dimodifikasi untuk pembaruan dan pemeliharaan. Untuk programmer Java atau C, belajar Python seharusnya sangat mudah.
  3. ASP.net adalah bahasa pemrograman untuk situs web yang terletak di server berbasis sumber daya Microsoft. Asp.net digunakan untuk membuat konten dinamis dan interaktif dan terutama digunakan di lingkungan perusahaan di mana server Windows digunakan, oleh karena itu, mempelajarinya dapat mengarah ke outlet bisnis yang berbeda. Isi ASP biasanya ditulis menggunakan VBScripts (Visual basic script).
  4. Perl adalah bahasa pemrograman yang digunakan di masa lalu untuk situs web, tetapi sekarang kurang digunakan untuk mendukung PHP. Perl juga digunakan untuk teknologi server web CGI.
  5. Ruby adalah bahasa yang digunakan oleh situs populer seperti Groupon, Shopify, dan Twitter. Ini adalah bahasa yang cepat dengan pengulangan yang lebih sedikit, yang ditafsirkan oleh server dan kemudian dikirim sebagai halaman HTML lengkap ke browser (seperti halnya dengan PHP) .
    Sayangnya, sebagian besar layanan hosting tidak mendukung Ruby sehingga Anda harus tahu cara menyiapkan server web Anda sendiri.

Kesimpulan

Mengetahui sedikit dari semua bahasa adalah tujuan dari setiap programmer yang baik, mengingat bahwa saat ini semakin banyak persiapan dan keterampilan yang diperlukan oleh mereka yang memprogram untuk mencari nafkah atau untuk mereka yang melakukan proyek yang berkaitan dengan aplikasi atau situs web.

Tags

About The Author

Nando Rifky 33
Ordinary

Nando Rifky

Profesional Blogger of Indonesia - Jasa Backlink Media Nasional Murah & Terpercaya!
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel