Sering Mengalami Tremor ? Tubuh Anda Membutuhkan 4 Vitamin ini untuk Mengatasinya

2 Jan 2022 13:40 906 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Sering Mengalami Tremor ? Tubuh Anda Membutuhkan 4 Vitamin Ini Untuk Mengatasinya

Apa yang akan anda lakukan ketika anda menyadari sedang mengalami suatu kondisi yaitu tubuh menggigil tanpa sadar atau bahkan bergetar secara tiba-tiba ? Inilah yang dinamakan dengan tremor dimana biasanya menjadi pertanda bahwa sistem saraf sedang mengalami gangguan. Atau kemungkinan tremor disebabkan oleh defisiensi atau kekurangan beberapa jenis vitamin, bila demikian kira-kira kekurangan vitamin apa saja yang bisa memicu kondisi ini ?

1/ Vitamin B12

Apakah anda mengetahui bahwa neurologis bisa dipicu oleh kondisi defisiensi vitamin B12 termasuk di dalamnya adalah tremor seperti sering kesemutan, sering mati rasa, demensia, depresi, penurunan daya ingat, kelemahan otot, kehilangan keseimbangan tubuh serta kehilangan refleks. Agar anda tidak terlanjur mengalami defisiensi maka jangan lupa mengkonsumsi vitamin B12 atau selalu menyantap telur, produk-produk olahan susu, makanan dari laut dan berbagai jenis daging.

2/ Vitamin B1

Kekurangan asupan vitamin B1 atau thiamin bisa menjadi salah satu pemicu seseorang dapat mengalami penyakit beri-beri dimana beberapa gejala neurologis terjadi berawal dari beri-beri. Sedangkan yang menyangkut tremor di sini adalah salah satu keluhan yang bisa saja dialami oleh seseorang umumnya disertai dengan kondisi mati rasa di bagian lengan, tangan dan kaki lalu nyeri pada otot, kelemahan otot hingga kerusakan saraf. Selain mengkonsumsi vitamin B1 sesuai dengan petunjuk dokter, makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin B1 seperti ragi dan gandum utuh dimana selain tremor, kekurangan vitamin ini rentan menyebabkan anda terkena demensia, kehilangan koordinasi tubuh, kehilangan ingatan serta mudah kebingungan. Masukkan kentang, jeruk, kembang kol, lentil serta kacang kedelai dan telur yang kaya akan vitamin B1 dalam menu makan anda setiap hari.

3/ Vitamin E

Kekurangan asupan vitamin E bukan saja memberi pengaruh pada kesehatan kulit melainkan juga berdampak pada saraf anda. Selain mampu menjadi faktor peningkat resiko tremor, gejala lainnya yang bisa anda alami karena kekurangan vitamin E adalah refleks berkurang, sering mati rasa, kelemahan otot, sulit bicara serta kehilangan keseimbangan atau koordinasi tubuh. Fungsi penglihatan pun bisa menurun dan bahkan retina mata bisa mengalami degenerasi karena kekurangan vitamin E. Maka dari itu mulai sekarang makanlah yang banyak yaitu makanan yang mengandung vitamin E seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan dan sereal yang diperkaya oleh vitamin serta mineral.

4/ Vitamin B6

Asupan yang mencukupi akan vitamin B6 mampu memberikan dukungan terhadap fungsi sistem saraf agar bekerja tetap maksimal yaitu artinya ketika tubuh kekurangan vitamin ini maka sistem saraf dapat terganggu. Bahkan kekurangan vitamin B6 dapat dengan mudah memicu anda menjadi kebingungan hingga mengalami depresi, maka dari itu siapkan menu makan setiap hari di rumah dengan mengkonsumsi ikan, daging merah, daging unggas, kacang-kacangan, bayam, wortel, pisang, keju, susu, alpukat, telur dan ubi jalar.

Tremor tidak selalu disebabkan oleh kekurangan vitamin, maka jika anda ingin tahu apa penyebab pastinya maka segeralah kunjungi dokter anda agar lebih cepat ditangani. Jangan menunggu terlalu lama untuk mendapatkan perawatan dokter apabila dirasa gejala seperti gemetaran dadakan tanpa sebab dan tanpa dapat dikendalikan mulai dialami.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel