8 Jenis Party Drink yang Harus dihindari untuk Anda yang Tidak Suka Alkohol

31 Dec 2021 21:30 1048 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

8 Jenis Party Drink Yang Mengandung Alkohol Dari Terendah Hingga Tertinggi

Sebelum anda memutuskan untuk meminum segelas party drink yang akhir-akhir ini sedang tren di kalangan remaja gaul di kota metropolitan, maka sebaiknya anda mengenali lalu mengenali minuman apa yang sebenarnya ingin Anda minum tersebut. Ada yang mengandung kadar alkohol tinggi dan ada juga yang rendah sehingga nantinya aman-aman saja untuk dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

Nah untuk mengetahui jenis minuman beralkohol alkohol pada setiap minuman keras yang biasanya selalu ada di dalam sebuah pesta, simak penjelasan yang kami berikan tersebut di bawah ini sehingga anda bisa tahu mana minuman yang bisa dikonsumsi dalam jumlah tertentu dan mana yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan tubuh.

1/ Whisky

Party drink yang petama adalah whisky dimana pada umumnya dibuat dengan melakukan fermentasi dari malt yang berasal dari barley atau biji gandum. Biji-biji ini akan dikumpulkan untuk selanjutnya dibuat menjadi kecambah sebelum dikeringkan dan diolah lebih lanjut untuk difermentasikan. Beberapa jenis whisky juga dibuat dengan melalui proses distilasi bir. Whisky yang banyak dijual di pasaran pada umumnya sudah melalui tahap penyaringan sehingga kandungan alkoholnya sampai mencapai titik antara 40 persen sampai dengan 60 persen. Dengan kadar yang cukup tinggi ini maka whisky hanya boleh dikonsumsi secara terbatas saja setiap harinya. Beberapa merek whisky yang terkenal di dunia adalah The Macallan Sherry Oak dan Johnnie Walker Gold Label Reserve.

2/ Brandy

Party drink yang kedua bernama brandy adalah alkohol yang dibuat dengan metode menyerupai pembuatan wine. Hanya saja anggur yang dipilih bukan yang sudah matang dan mengandung banyak gula. Anggur yang masih muda digunakan karena mengandung tingkat asam tinggi sehingga cocok untuk membentuk keunikan rasa yang disuguhkan dari segelas brandy. Umumnya brandy mempunyai warna kecokelatan. Warna ini berasal dari lamanya fermentasi dan penyimpanan. Minuman ini diketahui memiliki kandungan alkohol sekitar 28 persen sampai dengan 30 persen. Merek yang terkenal di dunia adalah Hine Antique dan Remy Martin.

3/ Absinthe

Salah satu jenis minuman keras yang mengandung kadar alkohol cukup tinggi adalah absinthe. Minuman yang berasal dari Swiss ini mengandung kadar alkohol sekitar 45 persen sampai dengan 74 persen. Nah karena mempunyai kadar yang cukup tinggi maka regulasi di beberapa negara menjadi berbeda-beda. Ada negara yang melarang meminumnya secara bebas tetapi sebagian lagi membebaskan masyarakatnya untuk menyimpan beberapa botol minuman ini. Abshinte terbuat dari alkohol yang dicampur dengan biji-bijian dan tiga bahan tambahan yang lainnya dimana campuran ini diistilahkan dengan nama the holy trinity. Bahan tambahan yang dimaksudkan adalah green anise (bunga lawang), adas manis dan herba yang hanya bisa tumbuh di Eropa saja bernama wormwood (Artemisia absinthium). Saat disajikan, minuman berwarna hijau ini harus dicampur dengan gula batu yang berbentuk kotak. Beberapa merek minuman abshinte yang terkenal di dunia adalah Pernod Absinthe dan Pacifique Abshinte Verte Superieure. Minuman ini biasa ditemukan di bar-bar besar di Eropa dan Amerika.   

4/ Rum

Rum mempunyai kadar alkohol sekitar 40 persen sampai dengan 60 persen. Minuman beralkohol ini banyak diproduksi oleh negara-negara yang memproduksi gula pasir dari tebu seperti di India dan Filipina. Karena bahan baku dari rum adalah molasses atau gula cokelat dari cairan tebu yang difermentasikan. Cara penyajian adalah rum dicampur dengan aneka sari buah-buahan segar agar mendapatkan cita rasa yang lebih tajam di lidah namun tetap memberikan kesegaran di kerongkongan. Beberapa jenis rum sudah melalui proses didistilasi guna menghilangkan warna cokelat. Berek rum yang terkenal di dunia adalahDiplomatico Rum Reserve Exclusiva dan Don Papa Rum.

5/ Vodka

Minuman vodka mempunyai standar alkohol tinggi yaitu sekitar 40 persen dimana di beberapa negara ada yang mensyaratkan warga masyarakatnya hanya boleh minum vodka sekitar 38 persen saja. Minuman ini memiliki tampilan berwarna bening yang berasal dari Rusia, Swedia dan Polandia. Sejak ratusan tahun silam, tiga negara Eropa ini menghasilkan vodka dengan rasa yang berbeda-beda. Vodka dibuat dari biji-bijian yang mengandung pati. Juga ada tambahan beberapa bahan seperti molases dan buah yang menjadi bahan penentu rasa tajam dari vodka. Bahan-bahan akan dicampur untuk selanjutnya akan melalui proses fermentasi agar menghasilkan alkohol. Merek vodka ada banyak dengan masing-masing negara penghasil mempunyai cita rasa yang unik. Beberapa merek yang cukup terkenal adalah Belvedere Vodka dan Smirnoff No.21 Vodka.

6/ Soju

Soju adalah minuman keras tradisional khas warga Korea yang memiliki tampilan cantik menyerupai vodka yaitu bening. Minuman ini dibuat dari biji-bijian atau pati umbi kentang dan bahan bervariasi lainnya yang rata-rata mengandung alkohol dalam jumlah antara 16 persen sampai dengan 53 persen. Soju sudah menjadi bagian dari tradisi yang berhubungan dengan budaya kuno warga Korea dimana minuman ini juga biasa dikonsumsi setiap hari oleh warga Korea terutama dari kelompok laki-laki. Beberapa merek soju yang terkenal di seluruh dunia adalah Jinro, Chamisul, Chum Churum dan Andong. Soju sangat mudah ditemukan di seluruh restoran yang ada di Korea sedangkan di Indonesia minuman ini tersedia di supermarket beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Denpasar.

7/ Gin

Party drink yang ketujuh adalah gin yang dibuat dengan melalui proses fermentasi dari barley menjadi malt. Selanjutnya bahan-bahan yang sudah tercampur akan dilakukan proses distilasi guna menambahkan cita rasa yang lebih menyengat dari minuman ini. Beberapa jenis gin dibuat dengan melalui dua proses distilasi yaitu masing-masing proses akan ditambahkan rasa yang berbeda. Karena sudah mengalami serangkaian proses distilasi, maka kadar alkohol dari gin menjadi cukup tinggi yaitu minimal 30 persen dan ada yang sampai di atas 80 persen yang hanya boleh diminum oleh kelompok orang dewasa saja. Yang biasa dipasarkan di supermarket adalah jenis gin yang kadar alkoholnya sudah diturunkan beberapa tingkat sesuai dengan aturan atau regulasi yang sudah ditetapkan di beberapa negara. Merek gin yang cukup terkenal dan paling banyak diburu di dunia adalah Monkey 47 Schwarzwald, Beefeater London dan Roku Japanese Gin.

8/ Tequila

Tequila terbuat dari bahan yang cukup unik yaitu bukan dari biji-bijian atau buah anggur melainkan dari daun tanaman bernama blue agave yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika. Daun tanaman ini akan difermentasikan secara tradisional maupun melalui mesin-mesin modern guna menghasilkan minuman dengan kadar alkohol sekitar 38 persen sampai dengan 55 persen. Sangat mudah menemukan minuman ini di semua supermarket di Amerika bagian tengah seperti Meksiko. Beberapa merek terkenal dari minuman ini di dunia yang bisa dicoba adalah Don Julio dan Clase Azul Reposado Tequila. 

Jenis minuman alkohol yang ada dalam daftar tersebut di atas pada umumnya berasal dari budaya tertentu misalnya negara kawasan Asia Timur seperti Korea dan Jepang. Karena ada tradisi khusus untuk mengkonsumsi alkohol sehingga ada banyak produk alkohol lokal diproduksi dan beberapa diantaranya sukses mendunia. 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel