Pengidap Asam Urat? 5 Makanan ini Adalah Musuh Sejati Anda

28 Dec 2021 18:20 704 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Pantangan 5 Makanan Ini Untuk Para Penderita Asam Urat Tinggi

Para lanjut usia adalah kelompok yang rentan mengalami penyakit asam urat meskipun saat ini ada banyak orang muda yang juga menderita asam urat tinggi. Dimana seperti diketahui bahwa saat tubuh mempunyai kadar asam urat dalam jumlah yang besar maka ini bisa menyebabkan munculnya gejala yang tidak nyaman seperti ciri-ciri asam urat. Beberapa yang paling mudah untuk dikenali adalah semua bagian sendi akan terasa sakit, kesulitan untuk menggerakkan beberapa sendi dan terjadinya pembengkakan pada sendi.

Gejala asam urat harus diketahui sejak dini hari karena mempunyai banyak perbedaan dengan penyakit rematik. Meskipun penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total, namun masih bisa dikendalikan agar tidak terkena bahaya asam urat tinggi di dalam tubuh.

Pada dasarnya penderita harus mencoba melakukan diet terhadap beberapa jenis makanan dan minuman tertentu guna mengendalikan makanan / minuman tersebut masuk secara berlebihan ke dalam tubuh. Makanan yang banyak mengandung purin disarankan untuk dihindari agar asam urat tidak meningkat dengan tajam. Lakukan diet dengan penuh disiplin dan cobalah mengikuti beberapa jenis makanan yang dilarang untuk asam urat seperti tersebut di bawah ini :  

1/ Kelompok makanan sayuran seperti asparagus, bayam, kale, kembang kol, jamur dan kacang panjang

Penderita asam urat yang cukup parah sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung purin seperti beberapa jenis sayuran yaitu asparagus, bayam, jamur, kembang kol, kacang panjang, kale dan labu. Makanan ini diketahui banyak mengandung serat dan zat besi yang ampuh untuk mencegah anemia atau berbagai gejala anemia seperti tubuh lemah dan mudah letih lesu. Namun apabila anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan terutama oleh orang-orang dengan gangguan asam urat tinggi maka bisa menyebabkan asam urat di dalam tubuh menjadi lebih tinggi akibat dampak purin dalam sayuran yang menumpuk di dalam tubuh.

Solusinya adalah : karena sayuran hijau ini sangat sehat untuk tubuh maka tentu saja anda tidak bisa menghindari secara terus-menerus mengkonsumsi sayuran ini. Namun anda bisa membatasi jumlah konsumsi sayuran ini setiap hari dan juga perlu menggantikannya dengan sayuran putih seperti lobak, sawi putih dan jenis sayuran lainnya.

2/ Kelompok daging merah seperti daging sapi, ayam, babi dan kalkun

Daging bisa menjadi pilihan lauk yang sangat mudah dimasak menjadi berbagai menu yang rasanya enak di lidah dan juga menyediakan protein yang bisa membantu tubuh mendapatkan energi dalam jumlah yang mencukupi. Namun bagi penderita asam urat tinggi disarankan untuk tidak mengkonsumsi daging merah karena semua jenis daging merah dari hewan apa saja mengandung purin tinggi. Juga cara pengolahan daging merah yang dimasak dengan menambahkan santan atau minyak goreng dapat menyebabkan serangan asam urat yang sangat cepat di dalam tubuh.

Solusinya adalah : anda mungkin tidak bisa menghindari makan daging terus-menerus karena tubuh bisa kekurangan nutrisi. Namun anda bisa membatasi konsumsi daging merah yaitu maksimal 500 gram per hari. Atau menemukan alternatif daging lain yang lebih sehat seperti daging ayam dan daging bebek tanpa lemak. Hindari memasak daging ini dengan cara digoreng.

3/ Kelompok makanan laut seperti tuna, ikan asin dan ikan herring

Dibandingkan dengan ikan air tawar, makanan laut menyediakan mineral dan protein dalam jumlah besar. Maka dari itu nilai gizinya sangat bagus untuk kebugaran tubuh. Namun bagi orang-orang yang menderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan dari laut seperti ikan tuna, ikan asin dan ikan herring. Jenis ikan laut ini banyak mengandung kadar purin yang cukup tinggi dimana saat kadar purin tinggi masuk ke dalam tubuh maka semua gejala asam urat akan cepat sekali menyerang sistem kekebalan tubuh anda.

Solusinya adalah : anda tetap bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan laut tersebut sepanjang dalam garis toleransi seperti udang, kerang, ikan salmon, kepiting dan belut laut. Perlu diingat bahwa konsumsi harus dibatasi untuk mencegah kenaikan asam urat yaitu sekitar 200 sampai dengan 400 gram saja.

4/ Kelompok makanan berupa organ dalam atau jeroan sapi dan ayam

Setelah diolah menjadi berbagai jenis masakan maka semua jenis organ bagian dalam hewan atau jeroan bisa dikonsumsi dengan cita rasa yang sangat nikmat. Jeroan termasuk salah satu penyebab kolesterol di dalam tubuh meningkat tajam sehingga berbahaya untuk penderita asam urat yang disarankan untuk tidak mengkonsumsi jeroan meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit. Jeroan ini bisa memicu asam urat di dalam tubuh naik sangat cepat setelah anda menyantapnya karena di dalamnya banyak mengandung kadar purin sehingga semua jenis jeroan bisa menyebabkan kolesterol parah karena lemak dalam kandungan makanan ini juga tinggi. Tubuh bisa terkena berbagai jenis bahaya lemak jenuh dan tidak bagus bagi kesehatan tubuh.

Solusinya adalah : daripada anda mengkonsumsi jeroan hewan yang berdasarkan fakta tidak bagus untuk kesehatan tubuh maka sebaiknya mulai sekarang anda mencari solusi untuk menyantap jenis daging lainnya yang lebih sehat seperti daging ayam dan daging bebek.

5/ Kelompok makanan ringan atau ragam makanan dalam kemasan

Semua jenis snack atau makanan ringan dalam kemasan bisa dinikmati terutama ketika sedang ada waktu luang. Tetapi snack jenis ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh para penderita asam urat tinggi terutama semua jenis makanan olahan pabrik atau makanan ringan dalam kemasan. Beberapa diantaranya adalah beragam jenis keripik, makanan beku dan makanan ringan yang lainnya. Semua makanan ini banyak mengandung garam dengan tingkat yang sangat besar sehingga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh mansuia. Garam dapat menyebabkan aktifitas tubuh terhambat, aliran darah yang tidak sehat dan beresiko terkena penyakit tekanan darah tinggi. Jika komplikasi ini secara tiba-tiba menyerang sistem kekebalan tubuh maka anda juga akan rentan mendapatkan serangan asam urat yang terjadi sangat cepat.

Solusinya adalah : hindari semua jenis makanan ringan dalam kemasan. Disarankan lebih baik jika annda mencoba untuk membuat resep menu camilan ringan sendiri di rumah yang lebih sehat seperti kolak pisang, jus buah segar dan yang lainnya. Biasakan untuk ngemil di rumah yang dapat membantu mengatur serangan asam urat tinggi. 

Sumber tulisan :

https://www.halosehat.com/penyakit/asam-urat/makanan-yang-dilarang-untuk-asam-urat-tinggi-harus-dihindari/

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel