Sweet Dinner Bersama Pasangan di Tahun Baru dengan menu Barat Rekomendasi

1 Jan 2022 09:35 709 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Menikmati Acara Sweet Dinner Di Tahun Baru Dengan Menyantap Ragam Makanan Western Terekomendasi Ini Bersama Dengan Pasangan

Yang dimaksud dengan makanan western adalah istilah asing yang digunakan untuk menjelaskan tentang beragam jenis makanan khas dari Eropa atau negara barat lainnya. Makanan jenis ini tentu saja berbeda dengan makanan dari negara-negara Asia, western food lebih banyak memanfaatkan daging dan gandum sebagai bahan utama mengolah masakan. Untuk bumbu sebagai bahan pelezat masakan, western food tidak memakai terlalu banyak rempah seperti halnya masakan Asia. Di Indonesia, restoran yang khusus menjual ragam masakan western food ini sangat mudah dijumpai terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya atau di Denpasar Bali. Di sini ada banyak pilihan tempat makan western food yang bisa anda coba bersama dengan pasangan untuk sekedar melakukan acara sweet dinner yang romantis. Meskipun hanya diracik oleh koki-koki dari Indonesia namun masakan yang dihasilkan memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan aslinya. Untuk memperoleh pengalaman kuliner yang berbeda, maka anda bisa memilih menu dinner yaitu dari jenis western food ini. Nah berikut beberapa pilihan hidangan yang bergaya western bagi anda.

1/ Lasagna

Lasagna adalah salah satu jenis makanan western yang berasal dari Italia. Makanan ini sangat populer di seluruh dunia dimana dengan mudah ditemukan di berbagai restoran di dunia termasuk Indonesia. Lasagna adalah makanan yang terbuat dari pasta yang memiliki bentuk pipih dan tipis lalu dicampur dengan saos tomat, keju dan daging giling. Rasanya gurih dengan tekstur renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Pada awal diciptakan, lasagna tidak memakai saos tomat namun variasinya berkembang hingga saat ini. Ada berbagai variasi lasagna yang bisa anda coba di restoran bergaya Italia di Indonesia dimana rasa yang lebih kaya bisa diperoleh dari tambahan sayuran, jamur, udang atau daging giling ayam di dalamnya. Untuk mendapatkan cita rasa yang lebih pedas, saos tomat dicampur dengan saos sambal. Lasagna cocok bagi anda yang menyukai masakan berbahan pasta.

2/ Ratatouille

Ratatouille adalah salah satu masakan khas dari Perancis yang umumnya disajikan untuk santap makan malam. Menu ini terdiri dari bahan-bahan yaitu sayuran dan dedaunan. Di dalamnya terdapat campuran yaitu zucchini, tomat merah, bawang merah, bawang putih, cabai hijau dan cabai merah. Di Perancis, ratatouille biasa dimakan dengan nasi, kentang atau roti. Makanan western yang satu ini berfungsi sebagai menu pembuka seperti saos untuk sajian pasta meskipun lebih banyak berisi sayuran, ratatouille tak kalah sedap dari berbagai olahan seafood atau daging. Bukan hanya itu, hidangan ini termasuk sehat karena bahan utamanya bebas dari kolesterol tinggi. Salah satu hal yang unik dari sajian ini adalah menonjolkan warna yang merah memikat. Tak mengherankan jika banyak orang merasa penasaran untuk mencobanya.

3/ Potluck macaroni and cheese

Hidangan yang satu ini sangat populer di Eropa dimana menu yang satu ini biasa disajikan untuk jamuan makan malam. Dimana pada awalnya hanya masyarakat kelas atas saja yang bisa mencicipinya. Namun setelah melalui revolusi industri di Eropa, menyebabkan produksi makanan berupa pasta menjadi lebih mudah untuk dijumpai, semua orang bebas membuat dan menyantap potluck macaroni anda cheese ini. Nah bagi anda yang ingin menikmati sweet dinner dengan cara yang berbeda bersama dengan pasangan, maka direkomendasikan untuk membuat menu ini di rumah yang tidak terlalu sulit untuk dimasak. Persiapkan bahan-bahan utama seperti macaroni, keju, susu, butter dan telur. Langkah selanjutnya adalah memasak macaroni hingga melalui proses al dente. Campurkan berbagai bahan-bahan lainnya dalam tempat khusus dan panggang di oven sampai benar-benar matang.

4/ Caldo verde

Makanan yang termasuk ke dalam kelompok western food keempat adalah caldo verde. Menu spesial ini berbahan utama dari sayuran hijau, kentang, lada hitam, minyak zaitun dan secukupnya garam. Pada beberapa resep dari restoran western ada yang menambahkan daging dan sosis ke dalamnya sebagai bahan penyedap. Caldo verde biasa disantap dengan roti jagung atau roti gandum hitam. Caldo verde merupakan makanan spesial karena biasanya disajikan pada perayaan-perayaan istimewa di Portugis misalnya dalam pesta pernikahan atau pesta ulang tahun pasangan. Sebagian lagi menyantapnya sebagai makanan utama wajib ada yaitu sebelum makan malam.

5/ Herbs roasted chicken

Seperti diketahui bahwa daging ayam sangat umum digunakan di Indonesia untuk beragam menu sajian Nusantara. Nah salah satu menu populer dari western yang menggunakan daging ayam seperti beragam sajian Nusantara ini adalah masakan barat yang bernama herbs roasted chicken. Seperti namanya, roasted chicken dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven. Sebelumnya daging ayam ini dilumuri dengan bumbu berupa rempah-rempah khas orang barat. Selanjutnya daging akan dibungkus dengan aluminium foil agar sari daging ayam tidak keluar karena adanya proses pemanggangan. Herbs roasted chicken sangat tepat dipadukan dengan pasta kentang dan sayuran hijau lainnya yang diberi bumbu sekadarnya seperti lada hitam, gula pasir dan garam. Dengan kandungan lengkap di dalamnya maka menu ini mencukupi kebutuhan tubuh akan zat-zat yang bernilai gizi tinggi. Cocok dijadikan sebagai sajian makan malam yang mewah bersama dengan pasangan.

6/ Bangers and mash

Jika anda pernah berkunjung ke Inggris atau Irlandia maka jangan lupa untuk mencicipi makanan populer di sini bernama bangers and mash yaitu makanan yang terdiri dari sosis panggang yang disajikan bersama dengan kentang tumbuk. Sosis yang digunakan bermacam-macam mulai dari yang berbahan daging babi, domba atau sapi. Dalam proses memasak diberi tambahan berupa saos bawang, bawang goreng dan kacang polong. Bangers and mash termasuk salah satu jenis makan malam yang sangat mudah dibuat di rumah dan menjadi favorit banyak orang di Inggris yang pernah sukses dinobatkan sebagai hidangan rumahan terenak ala orang Inggris.

7/ Spaetzle

Spaetzle merupakan salah satu makanan khas yang umum ditemukan di Jerman. Makanan ini memiliki bentuk berupa mie yang terbuat dari bahan-bahan mudah ditemukan di dapur seperti tepung terigu, air, telur dan ayam. Juga membutuhkan bahan pelengkap sebagai pelezat seperti mentega dan daun bawang untuk pelengkap tumisan. Pembuatan spaetzle telah dilakukan sejak abad ke-18 yaitu pertama kali dengan cara manual yaitu menggunakan tangan atau sendok yang dibentuk padat dan bulat. Menu ini biasanya dihidangkan dengan sajian daging dan saos yang melimpah sebagai salah satu menu makan malam. Ada pula yang memadukannya dengan sup yang diseruput saat masih hangat. Rasanya gurih dimana ada berbagai menu kombinasi berbahan dasar spaetzle yaitu spaetzle dengan keju parut dan bawang goreng, spaetzle dengan hati giling, spaetzle yang mengandung bayam dan spaetzle dengan asinan kubis, bawang dan mentega.

Nah itulah 7 jenis makanan western yang bisa anda pilih salah satunya sebagai hidangan pada malam hari bersama dengan pasangan. Selamat mencoba jika anda tertarik.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel