Kaya Baluran Rempah, Inilah Makanan Khas Aceh Wajib Dicoba yang bikin Ketagihan

1 Jan 2022 15:35 941 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Kaya Baluran Rempah, Inilah Makanan Khas Aceh Wajib Dicoba Yang Bikin Ketagihan

Sudah tidak asing lagi di telinga bahwa kuliner khas Aceh selalu identik dengan rempah-rempah berlimpah yang menjadi bahan dasar utama menciptakan cita rasa autentik masakan Aceh. Tidak hanya rasanya yang segar dan unik, orang Aceh kerap memberi nama pada makanan khas mereka dengan istilah-istilah yang menarik dan agak susah dalam pengucapan seperti eungkot keumamah atau masam keu eung. Nah seperti apa rasanya makanan yang kaya akan baluran rempah-rempah khas Nusantara ini, yuk langsung saja berkenalan dengan beberapa makanan khas Aceh berikut ini.

1/ Masakan Kuah Sie Itek

Apakah anda adalah penyuka beragam masakan yang terbuat dari olahan daging itik ? Aroma khas yang gurih dari daun temurui serta pedasnya cabe rawit Aceh membuat sajian yang satu ini digemari oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Makanan khas Aceh yang pertama ini dikenal dengan nama kuah sie itek bisa anda cicipi dimana sangat menyengat rasa campuran bumbu serba putih yang dipadu dengan aroma wangi daun pandan dan daun kari menyatu dengan bumbu merah dari cabai. Kuah sie itek dimasak dengan menggunakan rempah-rempah sebanyak 12 sampai dengan 20 jenis sehingga tidak mengherankan menciptakan rasa serta aroma rempay yang sangat menggoda lidah untuk mencicipinya. Masakan ini bisa anda jumpai di rumah makan tradisional Banda Aceh ‘Bu Sie Itek Bireuen-Ustadz Heri’ yang paling populer menyajikan kuah sie itek terenak. Lokasinya tepatnya berada di daerah Geuceu Kayee Jato dengan harga jual per porsi per orang adalah Rp. 10.000.

2/ Masakan Bubur Kanji Rumbi

Bahan dasar memasak sajian ini adalah dari beras pulen yang telah ditumbuk kasar lalu direbus bersama dengan beragam bumbu khas Nusantara seperti adas manis, bawang merah, pala, jahe, lada dan ketumbar. Cocok disajikan dengan daging ayam, telur setengah matang atau udang goreng, bubur kanji rumba adalah menu sarapan pagi yang juga kerap difungsikan sebagai menu buka puasa di musim berpuasa. Bubur ini bercita rasa unik tetapi segar banyak dijumpai di restoran-restoran di seputaran kota Aceh yaitu salah satu yang kami rekomendasikan adalah rumah makan ‘Kanji Ayam Bombay’ yang terletak di Jalan Khairil Anwar, Banda Aceh.

3/ Masakan Masam Keu Eung

Masam keu eung adalah salah satu jenis masakan khas warga Aceh yang diolah dengan menggunakan bahan dasar berupa ikan seperti ikan tongkol, kakap, bawal, manyung, gabus dan lain sebagainya. Sedangkan bumbu yang digunakan sebagai bahan pelezat adalah bawang putih, bawang merah, kunyit, cabai merah, asam sunti dan belimbing wuluh. Yang menyebabkan makanan berkuah ini memiliki daya tarik yang cukup tinggi adalah cita rasa yang disuguhkan yaitu asam pedas segar menjamin siapa saja yang mencicipinya pasti akan merasa ketagihan. Masam keu eung tersedia di berbagai tempat makan di Aceh yaitu salah satunya yang paling terkenal adalah ‘Restoran Masam Keu-Eung’ di Jalan Soekarno Hatta, Aceh Besar. Seporsi masakan ini bisa anda nikmati dengan harga kisaran Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000.

4/ Kuah Beulangong

Masakan bernama kuah beulangong ini bisa dijadikan sebagai pilihan ketika anda berkunjung ke negeri Serambi Mekkah ini. Makanan ini berbahan dasar dari buah nangka muda yang dicampur dengan daging sapi atau daging kambing lalu dimasak dalam beulangong yaitu kuali atau belangan yang ukurannya sangat besar. Rasanya hampir sama dengan masakan kari yaitu gurihnya beragam rempah-rempah khas Nusantara menjadi sajian wajib ada terutama ketika ada hari besar keagamaan (Islam) dan kenduri petani. Namun di hari-hari biasa anda juga bisa menikmati sajian ini di berbagai restoran di kota Aceh seperti yang paling populer kami rekomendasikan adalah restoran ‘Kuliner Kuah Beulangong Alta’ di Banda Aceh dan rumah makan ‘Kuah Beulangong Kana’ di kawasan wisata Lhokseumawe.

5/ Eungkot Keumamah

Keumamah di sini mengandung arti ikan olahan yaitu kuliner khas Aceh yang menggunakan bahan dasar untuk memasak berupa ikan kayu sebagai bahan utama adalah ikan tongkol diolah dengan cara direbus lalu dikeringkan. Eungkot keumamah dimasak dengan menggunakan daun salam koja, cabai Aceh dan asam sunti lalu ditambah dengan bahan-bahan penyedap lainnya seperti kentang, wortel dan santan kelapa. Setelah ikan dijemur dan diasapi, warnanya akan berubah menjadi cokelat kehitaman. Makanan ini bisa anda simpan hingga berminggu-minggu dimana konon karena mudah dibawa dan awet maka makanan ini juga dikenal sebagai bekal andalan para pejuang Aceh kala berperang melawan Belanda dulu. Sekarang anda bisa membeli makanan ini di rumah makan tradisional yang ada di seputaran kota Aceh dengan kisaran harga yang ditawarkan antara Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 30.000 per porsi per orang.

6/ Sie Reuboh

Olahan daging sapi khas Aceh yang terakhir adalah sie reuboh adalah salah satu jenis makanan khas Aceh yang sayang untuk dilewatkan. Menggunakan bahan dasar utama berupa daging sapi atau daging kerbau pilihan dengan lapisan lemak yang tebal, cara mengolahnya sangat sederhana yaitu dengan cara direbus dengan air cuka. Lemak pun akan melelh dan menciptakan rasa gurih dan pedas yang segar. Daging rebusan kemudian bisa digoreng atau dimasak sesuai dengan selera. Selanjutnya sie reuboh bisa disimpan selama hampir satu tahun yang menjadikannya primadona andalan untuk dikirimkan kepada kerabat yang merantau keluar Aceh. Salah satu rekomendasi restoran yang menjual masakan ini adalah rumah makan ‘Delima Baru’ di Jalan Banda Aceh-Medan, Lubok Batee Banda Aceh dengan seporsi sie reuboh seharga Rp. 30.000.

Demikian rekomendasi makanan khas Aceh yang wajib untuk anda coba ketika berkesempatan mengunjungi dan menikmati keindahan kota Serambi Mekkah, Aceh. Beberapa diantaranya bisa anda bawa pulang kampung sebagai oleh-oleh.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel