Kesehatan Kulit Tetap Terjaga Dengan Rutin Mengkonsumsi Vitamin E

1 Jan 2022 16:35 673 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Kesehatan Kulit Tetap Terjaga Dengan Rutin Mengkonsumsi Vitamin E 

 

Vitamin yang larut dalam lemak dan mempunyai sifat anti-inflamasi adalah vitamin E yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, fungsi sel dan kesehatan kulit. Vitamin E bisa diperoleh dari berbagai sumber terutama dari sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, buah-buahan segar, minyak jagung, almond, sereal, jus, margarin dan makanan laut seperti abalone dan salmon serta biji-bijian seperti biji bunga matahari dan hazelnut. Juga tersedia vitamin E oral dalam bentuk suplemen oral berupa kapsul dimana untuk mengkonsumsi suplemen oral vitamin E ini sebelumnya sangat penting untuk mengetahui dosis yang dianjurkan. Selain secara oral, vitamin E juga dapat berupa vitamin E topikal yaitu produk-produk yang dioleskan pada kulit misalnya pelembab.

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa vitamin E terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan kulit seperti mengurangi munculnya tanda-tanda kemerahan, bisa untuk mencerahkan warna kulit, membersihkan pori-pori, mengurangi tanda-tanda penuaan dini, memperbaiki bekas luka dan stretch mark dan mengurangi rasa gatal. Vitamin E akan menyerap sinar ultraviolet yang sangat berbahaya dan mencegah sinar UV merusak kulit lebih lanjut. Nah berikut ini merupakan daftar manfaat vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit.

1/ Eksim

Vitamin E bisa dimanfaatkan untuk meringankan kekeringan kulit, gatal-gatal dan pengelupasan yang berhubungan dengan eksim atau dermatitis atopic. Dimana sebuah studi pada Journal of Research in Medical Sciences menemukan bahwa suplemen vitamin E oral dapat menghasilkan perbaikan yang signifikan pada gejala awal eksim.

2/ Psoriasis

Yang dimaksud dengan psoriasis adalah kondisi buruk dimana terjadi peradangan kulit dengan ditandai kemunculan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik dan mudah terkelupas. Sebuah studi pada Indian Dermatology Online Journal menghubungkan vitamin E topical dengan pengurangan gejala psoariasis dimana hasil penelitian tidak menunjukkan adanya efek samping yang serius terhadap organ tubuh yang lainnya. Meskipun demikian efek vitamin E pada psoriasis tidaklah sebagus pengobatan yang tersedia. Mungkin minyak vitamin E dapat menjadi pilihan yang bagus untuk orangyang ingin menghindari obat-obatan atau yang mengalami psoriasis ringan.

3/ Mencegah garis-garis halus dan kerutan

Manfaat vitamin E pada kulit yang ketiga adalah sebagai pelembab yang bisa membantu kulit terlihat lebih muda dan mengurangi kerutan-kerutan. Manfaat ini didukung oleh bukti ilmiah dimana strategi utama untuk mencegah keriput adalah menghindari sinar matahari secara langsung dan memakai sunscreen yang berkualitas. Antioksidan pada vitamin E mempengaruhi sirkulasi darah. Inilah yang menyebabkan kekencangan struktur kulit sebelum dan setelah penggunaan minyak vitamin E secara topikal. Dan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 yaitu ISRN Dermatology menjelaskan bahwa vitamin E dan bahan alami lainnya yang kaya akan antioksidan secara umum bisa digunakan untuk menunda munculnya kerutan.

4/ Berperan aktif dalam penyembuhan luka

Sebuah artikel ulasan pada International Wound Journal menyatakan bahwa vitamin E dapat meningkatkan penyembuhan luka. Kondisi dimana terjadi kekurangan vitamin E dapat memperlambat penyembuhan luka dan kecukupan vitamin E bisa memberikan efek sebaliknya. Ada kemungkinan bahwa minyak vitamin E topikal dapat memberikan manfaat ini secara maksimal tetapi ini masih dalam tahap penelitian ilmiah.

5/ Hiperpigmentasi

Kemunculan bercak-bercak hitam pada kulit bisa disebabkan oleh adanya terlalu banyak pigmen melanin yang dipicu oleh hormon atau kemungkinan penyebab lainnya. Kondisi ini dapat disebut sebagai kondisi melasma dan diyakini dapat diobati melalui penggunaan vitamin E topikal. Studi pada Indian Dermatology Online Journal menjelaskan bahwa hiperpigmentasi kemungkinan hanya memberikan sedikit pengaruh terhadap keseluruhan kesehatan kulit karena sudah menggunakan vitamin E topikal. Manfaat yang paling efektif untuk menggunakan vitamin E adalah untuk mengatasi hiperpigmentasi yaitu dengan mengkombinasikannya dengan vitamin C.

6/ Sifat anti-inflamasi

Peradangan adalah reaksi tubuh terhadap cedera atau infeksi. Peradangan bisa menyebabkan rasa sakit, perubahan warna kulit dan pembengkakan. Studi pada Scientific Reports telah meninjau sekitar 26 uji klinis dan menemukan beberapa bukti bahwa suplemen vitamin E mengurangi peradangan pada orang dewasa.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel