Pasta, Makanan Asli Italia yang Mudah Disajikan

1 Jan 2022 13:35 1019 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Makanan Asli Dari Italia, Pasta, Yang Mudah Memasaknya Di Dapur

Pernahkah anda mendengar kata pasta ? Apa itu pasta ? Anda yang terbiasa dengan beragam jenis western food pastilah memikirkan tentang sepiring lasagna atau spaghetti. Sebenarnya yang namanya pasta memiliki banyak sekali jenisnya yang menjadi bahan makanan diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Pasta mempunyai nama yang berbeda-beda tergantung pada bentuk dan ukurannya masing-masing. Meskipun berbeda-beda namun bahan utama semua pasta adalah sama yaitu tepung terigu, minyak zaitun, telur ayam dan garam.

Pasta adalah salah satu makanan asli dari Italia. Memiliki warna yang spesial yaitu kuning cerah karena pengaruh kuning telur dan bertekstur sedikit kenyal setelah dimasak. Di luar negara asalnya, pasta diproduksi oleh pabrik dan dijual dalam bentuk kemasan siap dimasak. Pasta kering ini mampu bertahan hingga 3 tahun karena kandungan airnya sangat sedikit. Nah sebelum membuat masakan dari bahan pasta yang sangat sederhana dalam pengolahannya ini, ketahui terlebih dahulu apa saja jenis dari pasta yang umum digunakan.

1/ Pasta Tagliatelle

Bentuk dari pasta jenis ini adalah menyerupai pita yang pipih dan pendek. Ukuran panjangnya mencapai 1 cm. Ini adalah salah satu pasta tradisional yang berasal dari daerah Emilia-Romagna dan Marche di Italia. Untuk bisa membuat pasta tagliatelle maka perhatikan perbandingan antara telur dan tepung yang akan dipakai yaitu 1 berbanding 100 gram sehingga akan menghasilkan pasta yang lebih lengket. Menurut catatan sejarah menjelaskan bahwa tagliatelle dibuat pertama kali sekitar tahun 1487 oleh seorang koki istana dimana inspirasinya berasal dari tatanan rambut seorang putri bangsawan dalam sebuah pesta yang terlihat sangat menarik dan cantik. Berbeda dengan jenis pasta yang lainnya, tagliatelle mempunyai tekstur berpori dan kasar sehingga sangat cocok dipadukan dengan siraman saos kental. Pasta ini biasa disajikan dengan remah roti krispi dan kacang-kacangan (briciole e noci), telur rebus dan keju (uovo e formaggio) serta tomat segar dan irisan daun basil (pomodoro e basilica). Cocok diberikan bagi para vegetarian.

2/ Pasta Ravioli

Jenis pasta yang kedua bernama ravioli adalah pasta yang memiliki bentuk seperti pangsit. Di dalam ravioli terdapat berbagai jenis isian yang rata-rata rasanya sangat gurih. Untuk dapat menikmati sepiring ravioli, anda bisa menambahkan saos atau kaldu sehingga bisa memperkaya rasa menjadi semakin lezat. Di Italia ada beberapa jenis hidangan ravioli yang dengan mudah bisa dimasak di rumah yaitu salah satu yang terpopuler adalah carrot ravioli with broccoli-ricotta filling adalah ravioli dengan isi dari bahan-bahan seperti wortel, brokoli dan keju ricotta. Ravioli juga enak dipadukan dengan tambahan kacang polong dan irisan bawang bombay.

3/ Pasta Fettuccine

Fettuccine adalah salah satu jenis pasta yang memiliki bentuk pipih dan mirip dengan bentuk pasta tagliatelle. Pasta ini pada umumnya disajikan dengan sugo d’umido (ragu sapi) dan ragu di pollo (ragu ayam). Di negara asalanya ada pula yang disebut dengan nama fettuccine alfredo yang diselimuti oleh krim pekat berasa sangat gurih seperti saos keju. Dengan dilengkap oleh dressing keju parmesan maka saos pasta yang digunakan untuk siraman menjadi lebih kental. Untuk lidah orang asing maka lebih cocok mencoba sajian fettuccine carbonara. Untuk memasak fettuccine ini sediakan bahan-bahan yang umum digunakan antara lain terigu, telur ayam dan garam. Bentuk fettuccine ada dua yaitu yang dikenal dengan nama fettuccine kering dan fettuccine basah. Untuk fettuccine kering membutuhkan waktu memasak yang lebih banyak untuk benar-benar matang dengan sempurna. Berbeda dengan fettuccine basah yang proses pengolahannya sangat cepat dan hanya bisa disimpan beberapa hari saja.

4/ Pasta Macaroni

Macaroni adalah jenis ketiga dari pasta yang umumnya digunakan sebagai bahan masakan membuat pasta macaroni. Bentuk pasta ini agak unik yaitu lurus agak melengkung dengan lubang dibagian tengahnya. Macaroni biasa diolah dengan menambahkan keju atau saos cream ditambah dengan kacang polong. Anda juga bisa mencampurkan sayuran hijau dan berwarna, jamur dan daging ke dalamnya untuk mendapatkan rasa yang lebih bervariasi. Mengolah macaroni menjadi masakan spesial sangatlah mudah dilakukan di dapur. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah merebus pasta hingga al dente namun jangan terlalu matang. Kemudian tambahkan saos sesuai dengan selera. Agar menjadi semakin lezat, macaroni bisa dipanggang di oven selama beberapa waktu.

5/ Pasta Tortellini

Bentuk pasta yang keempat ini adalah menyerupai cincin. Populer juga dengan nama pasta pusar atau umbellico. Asal mula diciptakannya pasta ini adalah dari wilayah Emilia di Italia. Pasta tortellini biasanya tersaji dengan mencampur bersama bahan-bahan yang lainnya seperti daging dan keju. Pasta ini biasa dijual di mall-mall dalam bentuk kemasan maupun sebagai frozen food. Waktu penyimpanan untuk tortellini segar adalah sekitar 7 minggu. Cara memasak tortellini terbilang sangat cepat dan praktis, sedangkan yang jenis beku hanya perlu memanaskannya selama sekitar 2 sampai dengan 3 menit. Kemudian buatlah masakan dengan berbagai resep seperti beberapa yang populer adalah cheesy crockpot tortellini, casserole tortellini chicken dan lain sebaginya.   

6/ Pasta Vermicelli

Bentuk pasta vermicelli ini sekilas pandang menyerupai bihun yang tipis dan panjang. Diameter vermicelli lebih kecil daripada spaghetti. Jenis pasta yang kelima ini biasa digunakan sebagai isian sop yang cocok dipadukan dengan beragam olahan seafood. Memasak pasta jenis vermicelli tidak jauh berbeda dengan pasta-pasta yang lainnya seperti bisa dengan menambahkan udang pada olahan vermicelli akan membuat hasil masakan menjadi lebih gurih.

7/ Pasta Fusilli

Bentuk pasta fusilli adalah menyerupai bentuk spiral yang memiliki tekstur padat dan berongga. Dikenal ada 2 varian fusilli yaitu fusilli bucati dan fusilli lunghi. Untuk fusilli bucati berbentuk seperti tabung yang berlubang / berongga dan dibentuk seperti pembuka tutup botol. Sedangkan fusilli lunghi memiliki bentuk seperti melilit pada benda lainnya. Fusilli biasa digunakan untuk membuat salad pasta dingin. Dengan bentuk pasta yang bengkok sangat tepat jika disiram dengan kentalnya saos krim sehingga pasta akan menjadi semakin lengket. Rasanya paling enak dibandingkan dengan rasa pasta yang lainnya.

8/ Pasta Rotini

Yang terakhir bisa anda masak di dapur adalah mengolah pasta jenis rotini. Pasta ini memiliki bentuk seperti spiral dan beralur. Rotini biasa diolah dengan campuran bahan-bahan penyedap lainnya seperti saos keju, daging dan sayuran segar. Ada beberapa pilihan menu yang bisa anda pilih seperti dari negara aslinya yang berbahan dasar dari pasta rotini yaitu barilla chickpea rotini pasta, red lentil rotini pasta dan cheesy rotini pasta with roasted vegetables. Karena memiliki bentuk yang unik maka pasta jenis ini kerap disamakan dengan fusilli namun ada sedikit perbedaan diantara kedua pasta ini yaitu penggunaan saos, rotini lebih banyak mencampur saos sehingga cita rasa yang dihasilkan lebih tajam.

Nah itulah delapan jenis pasta khas Italia yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk memasak salah satu diantaranya di dapur. Bahan dasarnya adalah sama dengan cita rasa yang sama pula namun cara pembutannya yang agak berbeda dengan campuran bahan-bahan pelezat lainnya. Jika anda ingin menikmati rasa pasta yang seperti aslinya dari Italia, maka bereksplorasilah dengan menggunakan bumbu dan bahan tambahan lainnya. Selamat mencoba.

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel