Ragam Makanan Khas Warga Aceh yang bisa Dijadikan Buah Tangan Menarik

1 Jan 2022 09:35 924 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ragam Makanan Khas Warga Aceh Yang Bisa Dijadikan Buah Tangan Menarik

Banda Aceh atau Aceh dikenal sebagai salah satu kota Islam paling tua di wilayah Asia Tenggara dimana di dalamnya sangat kental dengan peradaban Islam yang sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat menyebabkan Aceh menyimpan daya tari tersendiri yang membuat banyak orang menaruh minat untuk mengunjungi kota berjuluk ‘Serambi Mekah’ pada suatu hari nanti maka jangan sampai melewatkan untuk menjelajahi sejumlah situs-situs bernuansa Islami yang megah dan bersejarah. Aceh selalu memberikan banyak pilihan buah tangan untuk para pelancong dari luar Sumatera yang melakukan perjalanan liburan ke sini. Berikut di bawah ini kami berikan rekomendasi oleh-oleh khas Aceh yang sering diburu oleh wisatawan yang liburan ke sini yaitu berupa ragam makanan khas warga Aceh yang rasanya sudah tidak asing lagi di lidah para pelancong dari luar Sumatera.

1/ Kopi Aceh

Pasti sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya kopi Aceh sudah sangat terkenal hingga ke seluruh dunia akan kelezatan rasanya. Di Aceh sangat mudah menjumpai kopi Aceh yang dikemas dalam berbagai merek namun kebanyakan adalah dari jenis kopi arabica dan kopi robusta dimana kedua jenis kopi ini sangat mudah tumbuh di perkebunan Aceh. Kelebihan dari kopi Aceh sehingga banyak yang menyukainya adalah mempunyai cita rasa yang sangat tajam dengan mengeluarkan aroma wangi yang nikmat sehingga mampu tampil beda dengan kopi dari daerah lainnya.

Kopi robusta yang paling terkenal dan memiliki banyak penggemar oleh masyarakat asli maupun para pelancong adalah kopi ulee kareng yang seratus persen menggunakan biji kopi asli. Proses pengolahannya dilakukan dengan sangat hati-hati sehingga menimbulkan rasa khas dengan disertai kualitas yang terjamin sampai masuk ke kerongkongan. Yang kedua adalah kopi Aceh gayo yang menggunakan bahan utama yaitu dari biji kopi arabica dimana sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari daerah dataran tinggi Gayo karena di sinilah tanaman kopi arabica bisa tumbuh dengan subur. Yang ketiga adalah meulaboh Aceh yang umumnya disajikan dengan cara ditarik (kopi tarik) maupun dibalik.

Dengan mengandalkan rasa yang sudah sangat terkenal, rasanya kopi Aceh sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan ketika anda usai melakukan liburan di sini.

2/ Kue Bhoi

Kue yang satu ini sangat terkenal di Aceh untuk teman minum kopi. Adalah sejenis kue bolu yang mempunyai bentuk beraneka ragam sesuai dengan cetakan yang digunakan oleh pembuatnya ketika memasak pertama kali. Bentuk umum yang dijumpai adalah bentuk ikan mas koki, bunga liar di hutan atau bentuk bintang. Rasanya gurih, legit, tidak terlalu manis tetapi sangat enak di lidah. Seperti kebanyakan kue bolu, kue bhoi memiliki tekstur yang lembut di dalam dan agak kasar di luar. Kue bhoi yang paling terkenal adalah dari merek pancacita yang kerap digunakan dalam acara seserahan pengantin. Ada juga yang memesan untuk diberikan kepada sanak saudara dan acara-acara hajatan seperti khitanan dan acara kelahiran.

Saat ini kue bhoi bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tempat di Aceh yang khusus menyediakan oleh-oleh khas Aceh apalagi kue ini memiliki kelebihan yaitu tahan disimpan selama 1 bulan sehingga walaupun menempuh perjalanan jauh ke rumah, bolu ini akan tetap awet.

3/ Dendeng Aceh

Meskipun ada banyak daerah yang mempunyai oleh-oleh berupa dendeng namun di Aceh yang paling terkenal yaitu dendeng Aceh yang terbuat dari daging sapi dan daging rusa dengan baluran resep bumbu yang sudah ada sejak turun-temurun dari nenek moyang zaman dahulu. Menurut sejarah, makanan ini sudah dikenal sejak zaman dulu yang kerap digunakan oleh para pelaut sebagai makanan pengganjal perut teman makan nasi, ubi-ubian atau kentang ketika berhari-hari mengarungi samudera. Dendeng Aceh menyimpan variasi rasa yang beragam mulai dari rasa manis, asin hingga kari yang memiliki banyak penggemar tidak saja dari masyarakat setempat juga dari para pelancong luar Sumatera. Cara pembuatannya adalah sangat sederhana yaitu dengan menjemur hasil irisan daging sapi / rusa sampai benar-benar kering secara alami. Kemudian barulah dicampur dengan bumbu rempah-rempah khas Nusantara dan akhirnya digoreng garing. Karena dendeng sudah dalam kondisi benar-benar kering, membuatnya mampu bertahan selama 3 bulan. Jika anda ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh, dendeng ini sulit membusuk meskipun menempuh perjalanan yang cukup jauh. Harga yang ditawarkan per satu kilogram dendeng Aceh sebesar Rp. 200 ribu rupiah untuk daging sapi sedangkan daging rusa sebesar Rp. 100 ribu rupiah per kilonya.

4/ Keripik Saree

Jika anda jalan-jalan seputaran kota Aceh yang sejuk maka anda akan menjumpai jajanan ini yang kerap diperdagangkan di pinggir-pinggir jalan raya besar terutama di sekitar jalan Aceh-Medan. Adalah keripik saree yang sudah sangat terkenal di seluruh Sumatera yang bertekstur renyah dimana pusat pembuatan keripik ini adalah di kawasan Saree Aceh banyak dijumpai penjual keripik dimana beberapa merek yang terkenal adalah keripik saree cek sam bisa ditemui berjejer dengan rapi di sepanjang jalan raya besar di kawasan Saree.

Ciri khas dari keripik saree adalah proses pembuatan keripik dilakukan secara langsung di tempat sehingga para pembeli bisa langsung melihat bagaimana proses pengupasan bahan, pencampuran bumbu hingga proses penggorengan keripik dari bahan singkong ini yang asli kreasi dari warga Aceh. Rasanya gurih dan bervariasi tergantung dari bumbu yang digunakan untuk membalur bahan utama. Harga yang ditawarkan beragam yaitu mulai dari Rp.5000 sampai dengan Rp. 20.000 per 1 kemasan plastik. Jika anda bosan dengan keripik singkong, ada variasi keripik lainnya yang terbuat dari bahan seperti jagung yang juga dibalur dengan beragam bumbu sehingga menciptakan variasi rasa yang beragam dan rata-rata enak dicicipi.

5/ Sale Pisang

Sale pisang khas Aceh dikenal memiliki cita rasa yang berbeda dengan sale pisang yang dihasilkan dari kawasan lainnya di Indonesia. Yang membedakan sale pisang Aceh dengan sale pisang daerah lain adalah cara pemasakannya. Di sini terlebih dahulu pisang matang di pohon dikupas dari kulitnya lalu dijemur sampai garing. Selanjutnya pisang akan diasapi terlebih dahulu kemudian dilumuri gula pasir. Sebenarnya sampai di sini sudah bisa dimakan namun warga Aceh akan melakukan penggorengan terhadap pisang-pisang tersebut dengan menggunakan tepung agar menghasilkan tekstur pisang sale yang renyah.

Di samping rasanya yang enak dan memiliki cita rasa yang unik, sale pisang Aceh mengandung gizi yang cukup tinggi dan sangat bagus bagi kesehatan tubuh sehingga bisa dimakan lebih dari sebungkus. Kandungan serat dalam jajanan ini juga tinggi di samping kandungan mineral, fosfor, kalsium, zat besi, kalium dan magnesium. Apalagi jika dibeli yang tanpa digoreng, kandungan lemaknya akan sedikit. Jangan khawatir jika akan membawanya pulang sebagai oleh-oleh karena sale Aceh awet disimpan tanpa bahan pengawet buatan. Ini disebabkan karena pertumbuhan bakteri menjadi sulit dalam keadaan pisang dikeringkan dan diasapi.

6/ Socolatte Aceh

Ini adalah salah satu makanan ringan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar dari kakao atau tanaman cokelat. Baru dikembangkan di Aceh sekitar awal tahun 2010 yang lalu namun socolatte Aceh kini telah berkembang dengan sangat maju dengan terbukti memiliki banyak peminat baik itu dari masyarakat setempat hingga orang-orang dari luar Sumatera. Olahan dari cokelat ini sangatlah beragam yaitu mulai dari bubuk, permen, beragam cemilan ringan hingga minuman dari cokelat tersedia di sini. Rasa yang ditawarkan ada manis sekali, manis biasa atau manis-manis pahit dengan berbagai gizi yang menyertainya.

Kelebihan dari produk-produk socolatte Aceh adalah dalam hal pembuatannya dilakukan dengan hanya menggunakan tenaga wanita Aceh yang sudah menikah yaitu dari memetik kakao hingga pengolahan kakao menjadi beragam produk socolatte Aceh yang rasanya lezat ini. Untuk bisa mencicipi kenikmatan produk-produk socolatte yang belum ada di daerah lainnya di Indonesia, anda bisa mengunjungi salah satu pabriknya yang terletak di Jalan Banda Aceh Medan, Km. 138, Baroh Musa, Bandar Baru, Pidie Jaya, Aceh.

Nah liburan anda ke kota Aceh belum lengkap jika kembali tanpa membawa buah tangan seperti tersebut di atas. Maka dari itu jangan sampai anda melewatkan satau atau dua macam oleh-oleh khas Aceh dimana ada banyak pilihan buat anda terutama makanan yang jenisnya beragam dengan cita rasa unik hanya ada di Aceh.

Sumber tulisan :

https://www.makananoleholeh.com/oleh-oleh-khas-aceh/

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel