Optimalkan Manfaat dari Vitamin D demi Kesehatan dan Imunitas Tubuh

29 Dec 2021 11:47 777 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Kesehatan Dan Imunitas Tubuh Akan Terjaga Dengan Mengoptimalkan Manfaat Dari Vitamin D

Otak dan juga kesehatan tulang bisa dijaga dengan anda rutin mengkonsumsi vitamin D. Vitamin D sering juga disebut dengan istilah ‘vitamin sinar matahari’ karena tubuh manusia dapat mengolahnya dan menjadikan seperti sinar sang surya. Berbeda dari jenis vitamin yang lainnya, vitamin D sebenarnya memiliki fungsi utama yaitu sebagai hormon di dalam tubuh dimana hampir setiap sel di dalam tubuh mempunyai reseptor untuk vitamin D. Di sampig itu vitamin D adalah nutrisi yang bermanfaat untuk pembentukan tulang serta sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan jantung, otak dan otot.

Maka dari itu mengkonsumsi sebutir vitamin D secara rutin setiap hari akan mengoptimalkan manfaat dari vitamin D yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia terutama dalam meningkatkan imunitas tubuh. Nah tersebut di bawah ini kami berikan daftar manfaat dari vitamin D, silahkan menyimaknya.

1/ Mendukung sistem kekebalan tubuh

Manfaat yang pertama adalah vitamin D bisa digunakan sebagai media untuk mengatur ekspresi ribuan gen dalam tubuh dan menyalakan sistem kekebalan tubuh guna melawan bakteri dan virus. Vitamin D menginduksi dan ekspresi gen antimikroba peptide sehingga tubuh dapat secara efektif melawan infeksi. Dengan menjaga kandungan vitamin D dalam jumlah yang seimbang di dalam tubuh telah terbukti mengurangi risiko tertular flu, pilek dan infeksi pernapasan lainnya.

2/ Melawan kanker

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap hewan mendapatkan data epidemiologi bahwa vitamin D diyakini bisa membantu mencegah kanker usus besar, kanker prostat dan kanker payudara. Calcitriol merupakan hormon aktif dalam vitamin D dipercaya bisa mengurangi perkembangan sel-sel kanker, memperlambat perkembangan pembuluh darah baru di jaringan kanker serta mengurangi pertumbuhan, penambahan dan penyebaran sel-sel kanker.

3/ Mencegah multiple sclerosis

Beberapa penelitian kesehatan menunjukkan adanya hubungan yang sangat dekat antara rendahnya kadar vitamin D di dalam tubuh dengan risiko multiple sclerosis. Para ahli menduga adanya hubungan antara sinar matahari, kadar vitamin D dan gangguan autoimun yang bisa merusak saraf. Multiple sclerosis sendiri merupakan penyakit autoimun yang biasanya menyerang sistem saraf pusat meliputi otak, mata dan tulang belakang.

4/ Menghindarkan depresi

Vitamin D ampuh untuk mengurangi gejala-gejala depresi ringan karena diduga memegang peranan penting dalam perkembangan dan fungsi otak.

5/ Menjaga kehamilan

Para ibu-ibu hamil yang kekurangan vitamin D lebih beresiko terkena preeklamsia, melahirkan melalui operasi Caesar, diabetes gestasional dan vaginosis bakterialis. Namun kadar vitamin D yang terlalu tinggi saat hamil juga kurang bagus karena akan meningkatkan resiko alergi makanan pada anak.

6/ Membuat para wanita menjadi awet muda

Kandungan vitamin D yang tinggi seperti ikan, telur dan margarin mampu membuat kulit tubuh para wanita tetap terlihat sehat dan cantik. Manfaat vitamin D akan semakin terasa jika jumlahnya tercukupi setiap hari. Vitamin D akan membantu peremajaan sel-sel kulit sehingga terlihat segar dan sehat serta awet muda. Jenis vitamin D yang diperlukan untuk kulit adalah vitamin D2 dan D3.

7/ Menghindari kepikunan

Adakah diantara anda yang masih berusia muda tetapi sering merasa lupa ? Mungkin anda kekurangan vitamin D maka dari itu segeralah mengkonsumsi vitamin D yang membantu membuat seseorang menjadi lebih tajam daya ingatnya serta kemampuan fokus dan analisis yang baik.

Nah agar anda tidak mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh virus maupun bakteri maka jangan lupa untuk selalu minum  vitamin D dengan dosis yang tepat.

Sumber tulisan :

https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-vitamin-d-bagi-tubuh-hlt/

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel