Harus Antre Beli Makanan Terlezat Khas Betawi Ini tang Wajib Anda Coba jika Liburan ke Jakarta

31 Dec 2021 10:21 978 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Harus Antre Beli Makanan Terlezat Khas Betawi Ini Yang Wajib Anda Coba Jika Liburan Ke Jakarta

 

Memang sangat menarik untuk dikenali segala hal yang berhubungan dengan kebudayaan warga Betawi asli di Jakarta. Mulai dari tari tradisional ondel-ondel atau tari tradisional topeng mengasyikkan dan seru untuk diselami lebih mendalam. Tidak hanya sebatas pengenalan terhadap seni dan budayanya saja, Betawi juga mempunyai kekayaan lain yaitu beragam kuliner yang sangat terkenal di seluruh Indonesia akan kelezatan cita rasa dengan harga jual yang rata-rata murah meriah. Beberapa makanan Betawi yang menjadi favorit wisatawan domestik seperti kerak telor wajib untuk anda coba jika anda mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Jakarta. Tetapi masih banyak makanan lainnya yang antre untuk anda beli. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa daftar makanan tradisional khas Betawi yang terekomendasi untuk dibeli.

1/ Kerak Telor

Kerak telor menyimpan cita rasa gurih dan legit sehingga menjadi favorit warga Jakarta. Sajian khas Betawi ini dibuat dari bahan-bahan makanan yang sederhana seperti beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi yang disangrai kering hingga menjadi serundeng lalu ditambahkan dengan bawang goreng kemudian diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai dibumbu dan penyedap pelengkap lainnya. Masakan ini selain menjadi favorit juga memiliki cara memasak yang unik yaitu telur dimasak ketika setengah matang akan dibalik wajannya menghadap panas arang dari anglo dan dibiarkan seperti itu sampai matang sehingga menjadi kerak.

2/ Nasi Uduk Betawai

Nasi uduk yang dimaksudkan adalah salah satu kuliner khas Betawi yang kedua dimana dimulai dari proses memasak beras untuk menjadi nasi uduk adalah dengan cara diaron dengan memakai air santan, daun salam, daun jeruk, laos dan serai lalu dikukus hingga matang. Rasanya gurih dan mengeluarkan aroma tersendiri. Nasi uduk khas Betawi biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya dengan lauk-pauk seperti seadanya saja yaitu ada potongan ayam goreng berbumbu, sambal terasi pedas, daun kemangi dan yang lainnya tergantung kondisi si penjual.

3/ Gado-Gado Betawi

Makanan khas Betawi yang ketiga adalah gado-gado Betawi. Dalam Bahasa Betawi gado-gado mengandung arti campur-aduk adalah sajian favorit masyarakat Betawi yang rasanya sangat enak di lidah. Ada beragam jenis sayur yang direbus digunakan sebagai bahan campuran seperti kentang, tahu, temped an telur yang nantinya akan disiram dengan bumbu kacang super pedas lalu ditaburi kerupuk emping menjadikan hidangan ini sangat digemari oleh banyak orang. Gado-gado khas Betawi akan menjadi semakin nikmat jika disantap bersama dengan potongan lontong.

4/ Semur Jengkol

Semur jengkol menjadi hidangan khas warga Betawi yang terkenal dengan baunya yang unik dan sangat tajam. Untuk beberapa orang, bau jengkol ini bisa membuat mereka tidak suka tetapi tetap saja penggemar masakan semur jenggol jumlahnya selalu bertambah banyak dan semakin disukai dengan variasi resep yang menyertainya. Masakan ini dimasak dengan jengkol yang mempunyai rasa pahit namun setelah dimasak menggunakan berbagai bumbu dan rempah-rempah maka jengkol bau akan berubah menjadi santapan yang lezat dimakan bersama dengan sepiring nasi putih dan lau-pauk. Di Jakarta semur jengkol biasa didampingkan dengan sepiring nasi uduk hangat. Rasanya mantap sekali di lidah.

5/ Soto Betawi

Soto Betawi adalah kuliner khas betawi yang kelima yaitu berupa soto kuah santan dengan isian daging sapi beserta jeroan dan organ sapi atau menggunakan daging ayam. Banyak sekali orang yang menggemari jenis soto khas Betawi ini dimana para penggemarnya tidak hanya dari orang Jakarta saja, masyarakat luar kota Jakarta bahkan dari berbagai daerah di Indonesia juga suka menyantap masakan khas Betawi yang kelima ini. Rasanya gurih yang berbeda dengan soto daerah lainnya.

6/ Roti Buaya

Roti buaya mempunyai peran penting terutama berhubungan dengan pernikahan adat Betawi asli di Jakarta. Kuliner khas Betawi yang satu ini mempunyai panjang sekitar 50 cm yang wajib dibawa oleh pihak laki-laki untuk selanjutnya diberikan kepada pengantin wanita di dalam pernikahan atau hari melamar sesuai dengan pernikahan adat Betawi. Roti buaya mengandung makna tersendiri bagi warga Betawi yaitu sebagai ungkapan kesetiaan pasangan menikah yang dipercaya masyarakat Betawi secara turun-temurun.

7/ Asinan Betawi

Asinan Betawi merupakan jajanan khas warga Betawi yang ketujuh yaitu merupakan campuran antara sayur sawi, kol, taoge, tahu putih dan sayur selada lalu selanjutnya ditaburi dengan kacang tanah goreng. Semua bahan-bahan ini akan disiram dengan kuah bumbu kacang yang dicampur dengan cuka dan cabai dengan tambahan berupa kerupuk mie besar berwarna kuning. Rasanya enak dan segar, dimana makanan khas warga Betawi ini tergolong ke dalam makanan sehat karena bahan utama adalah dari sayur-sayuran.

8/ Kue Cucur

Kue cucur adalah jajanan tradisional khas warga Betawi yang termudah anda temukan dimana-mana yaitu di pasar-pasar tradisional atau toko-toko kue. Kue basah ini juga wajib ada di tempat-tempat seperti di upacara pernikahan, potong rambut bayi dan yang lainnya. Kue cucur rasanya gurih dan sangat manis dengan tekstur kue sangat lembut di bagian tengahnya serta renyah di bagian pinggirnya. Bahan utama membuat kue ini adalah tepung beras dan gule merah yang dimasak dengan cara digoreng hingga garing. Wajib untuk dicoba jika anda sedang berada di Jakarta untuk suatu keperluan.

9/ Dodol Betawi

Betawi sejak dahulu terkenal dengan dodol yang memiliki cita rasa lezat di mulut. Cara membuat camilan khas Betawi ini adalah masih dengan cara-cara tradisional yaitu menggunakan kuali besar sangatlah unik namun menarik dan tetap saja menghasilkan kue dengan tampilan menarik dan cita rasa terlezat diantara beragam kue tradisonal yang lainnya. Kuali yang dipakai diberi nama kuali kenceng berukuran diameter 50 cm sampai dengan 1 meter. Dodol ini dibuat dari kelapa dan ketan serta gula merah yang menjadikannya lengket, kenyal, gurih dan sangat manis.

10. Ketupat Babanci

Ketupat babanci atau yang populer dengan nama lain yaitu sayur babanci sebenarnya bukanlah dari jenis masakan sayur bahkan tidak ada bahan dari sayur sama sekali di dalamnya. Ketupat babanci diambil dari sejenis masakan sayur berkuah yang asal mulanya tidak jelas kapan diciptakan namun ditemukan hanya di lingkungan warga Betawi saja sehingga ini menjadi salah satu masakan khas Betawi. Sekilas penampilan menyerupai masakan gule, kare atau soto. Ketupat babanci disajikan bersama dengan daging kepala sapi ditambahkan dengan taburan kelapa serundeng yang ditumbuk halus. Rasanya sangat khas, wajib untuk anda coba.

Nah itulah 10 makanan terlezat khas Betawi yang wajib untuk dicoba ketika anda sedang berlibur atau berkunjung ke Jakarta, pastikan untuk mampir ke warung-warung makan ala masakan Betawi guna mencicipi salah satu diantaranya.

Sumber tulisan :

https://www.tokopedia.com/blog/makanan-khas-betawi-tvl/

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel