Danau Memiliki Fungsi Tertentu untuk Kehidupan Masyarakat yang Menetap Disekitarnya

27 Dec 2021 16:10 1122 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Danau Memiliki Fungsi Tertentu Untuk Kehidupan Masyarakat Yang Menetap Di sekitarnya

 

Wadah yang menampung kumpulan air baik itu air tawar ataupun air asin dalam suatu cekungan yang terletak di permukaan bumi dan dikelilingi oleh daratan dikenal dengan nama danau. Danau ini terbentuk disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya gletser yang mencair, ditemukannya sumber mata air, atau karena adanya aliran sungai yang bermuara di tempat ini. Danau pada umumnya ditemukan di wilayah yang berdekatan dengan pegunungan dan rata-rata ini adalah kelompok danau air tawar.

Laut Kaspia merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang memiliki luas permukaan mencapai 394.299 km2 atau sekitar gabungan dari enam danau besar. Sedangkan di Indonesia terdapat ribuan danau, dimana sekitar 840 adalah danau berukuran besar dan sisanya sebesar 735 merupakan danau kecil atau yang populer dengan nama situ. Salah satu danau terbesar di negara kita adalah danau toba yang berlokasi di Sumatera Utara, dimana danau ini mempunyai luas permukaan sekitar 1.130 km2 dengan volume airnya bisa mencapai 240 km3. Karena mempunyai daya tamping air berukuran sangat besar maka keberadaan danau pun memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan warga masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Adapun manfaat atau fungsi danau yang dimaksudkan antara lain tersebut di bawah ini.

1/ Berfungsi sebagai budidaya perikanan darat

Untuk tujuan menunjang kehidupan ekonomi masyarakat daerah sekitar danau, dibentuklah kerjasama antara masyarakat bersangkutan dengan pemerintah setempat untuk bersama-sama memanfaatkan danau sebagai lahan pembudidayaan perikanan darat dalam skala besar yaitu dengan menebar sistem jala terapung di pinggir danau. Beberapa daerah di Indonesia telah mengembangkan sistem ini seperti di Jawa Barat, waduk Jatiluhur dan beberapa daerah lainnya di Jawa.

2/ Bermanfaat sebagai tempat rekreasi dan sarana olah raga

Dari sisi pandang keindahan alamnya, danau merupakan suatu kawasan yang menyimpan panorama alam yang biasanya masih perawan yang sangat indah dan menghijau di sepanjang tahun sehingga hal ini diharapkan mampu menarik minat wisatawan baik domestik maupun turis asing untuk mengunjunginya sebagai salah satu destinasi wisata alam yang terjadwalkan. Di Indonesia terdapat beberapa danau yang telah sukses menjual keindahan alamnya kepada para wisatawan seperti danau toba di Sumatera Utara, danau kelimutu di Flores, danau batur di Pulau Bali, danau singkarak di Sumatera Barat dan masih banyak lagi yang lainnya. Di sisni para wisatawan bisa melakukan berbagai macam hal seperti rekreasi maupun melakukan kegiatan olah raga. Dengan adanya kunjungan para wisatawan tersebut akan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan penduduk sekitar danau.

3/ Berfungsi untuk mengendalikan bencana alam seperti banjir dan erosi

Iklim di Indonesia sangat beragam menyebabkan sering terjadi berbagai kondisi alam dan cuaca yang berubah-ubah. Di musim kemarau, danau bermanfaat sebagai sumber air bersih bagi kehidupan sekitarnya sedangkan ketika sedang musim hujan, danau sangat membantu dalam mengendalikan bencana alam seperti banjir dan erosi yaitu dengan menampung kelebihan air hujan.

4/ Berfungsi untuk persediaan air bersih

Meskipun sedang memasuki musim kemarau yang sangat panjang namun persediaan air danau seakan-akan tidak pernah ada habisnya. Ini dikarenakan daya tampungnya yang cukup besar yaitu kebanyakan dari danau-danau tersebut memiliki kandungan air tawar. Maka seringkali danau dimanfaatkan oleh mahkluk hidup di sekitarnya sebagai salah satu sumber mata air guna memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti minum, mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya.

5/ Bermanfaat sebagai pembangkit listrik tenaga air / PLTA

Pemanfaatan danau yang kelima dengan adanya limpahan air yang sangat besar adalah sebagai sarana pembangkit listrik tenaga air / PLTA dimana hampir 20 persen dari listrik dunia memanfaatkan listrik tenaga hydro. Keunggulan dari pembangkit listrik ini adalah mempunyai respon yang sangat cepat yaitu dengan mengubah energi air menjadi energi mekanik yang selanjutnya akan diubah menjadi energi listrik. Cara kerja pembangkit listrik ini adalah dengan menghubungkan generator ke turbin dan akan digerakkan oleh tenaga kinetik air. Energi listrik yang dihasilkan oleh tenaga air ini disitilahkan dengan hidroelektrik. 

6/ Berguna sebagai sarana irigasi

Bagi masyarakat di sekitar danau terutama yang mempunyai lahan pertanian maupun perkebunan dapat secara langsung memanfaatkan air danau sebagai sarana irigasi untuk pemenuhan kebutuhan air lahan pertanian maupun perkebunan mereka terutama pada saat musim sedang memasuki musim kemarau atau musim panas. Ini akan membantu agar lahan-lahan pertanian dan perkebunan bisa tetap menghasilkan panen meskipun sedang musim kemarau yang nantinya akan membantu menjaga kesejahteraan masyarakat sekitar.

7/ Bermanfaat sebagai habitat bagi tumbuhan dan satwa

Sejak dahulu keberadaan danau telah terbukti mampu memberikan cukup banyak kontribusi terhadap kesejahteraan kehidupan mahkluk hidup di sekitarnya terutama di dalam hutan lindung yang mengelilingi sebuah danau. Danau terkenal sangat kaya akan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya yang menyebabkan danau menjadi sebagai tempat hidup yang nyaman bagi beberapa jenis tumbuhan dan satwa. Ini menunjukkan bahwa danau bisa berfungsi sebagai salah satu sumber kekayaan hayati yang ada di bumi.

Dengan adanya pemanfaatan yang tepat maka akan memberikan hasil yang optimal bagi kehidupan di masyarakat sekitar danau untuk sepanjang masa. Pemanfaatan harus juga disertai dengan usaha pemeliharaan yang baik agar fungsi dan kegunaan danau masih bisa dinikmati untuk masa yang akan datang. Contohnya adalah dengan melakukan kegiatan penghijauan di sekitar danau guna mencegah terjadinya erosi serta sedimentasi, menjaga kelestarian hutan dari kegiatan eksploitasi hutan yang akan menyebabkan hutan gundul dan menghindari pembuangan sampah maupun limbah secara langsung ke dalam danau. Fungsi danau akan menjadi sangat penting sebagai salah satu ciptaan Tuhan yang wajib untuk dijaga dan dilestarikan keberadaannya agar bisa melindungi manusia dari berbagai bencana dan mendapatkan manfaat lainnya dari sisi ekonomi.

Sumber tulisan :

https://www.ilmugeografi.com/ilmu-bumi/danau/fungsi-danau/

Tags PC Windows

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel