7 Manfaat Vitamin C untuk Tingkatkan Imun dan Menjaga Kesehatan Tubuh

29 Dec 2021 09:05 1006 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Di Musim Pancaroba khususnya, Vitamin C akan sangat berguna bagi kita.

Belakangan ini seperti yang diketahui bahwa penyebaran virus Corona masih cukup masif sehingga anda harus tetap menjaga kebersihan dan kesehatan dengan optimal. Agar tubuh anda kuat dalam menangkal virus dan penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh, anda wajib menjaga kekebalan tubuh sejak dini. Contohnya adalah anda bisa mulai meningkatkan imun tubuh melalui cara termudah yaitu dengan mencukupi tubuh dengan asupan vitamin C dalam jumlah yang seimbang dimana sangat bagus untuk mengkonsumsi vitamin C setiap hari dengan rutin asalkan dalam porsi yang tepat sesuai dengan anjuran dokter.

Vitamin C tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan imun tetapi juga manfaat-manfaat lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut penjelasan selengkapnya.

1/ Vitamin C bermanfaat untuk penyakit jantung dan kanker

Di samping dapat mengurangi tekanan darah tinggi, vitamin C juga bermanfaat menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker. Antioksidan yang terkandung di dalam sebutir vitamin C ampuh untuk mengurangi risiko terserang penyakit jantung karena adanya proses aksidatif. Antioksidan ini dapat meminimalisir risiko penyakit kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus.

 

2/ Vitamin C berguna untuk mengurangi penyakit kronis

Vitamin C memiliki manfaat besar untuk sistem imun tubuh anda. Antioksidan di dalamnya membantu daya tahan tubuh anda menjadi kuat sekaligus melindungi dari paparan radikal bebas. Radikal bebas yang menumpuk terus-menerus dalam tubuh bisa berhubungan erat dengan berbagai penyakit kronis. Nah untuk menghindari berbagai penyakit kronis tersebut maka biasakan anda untuk mengkonsumsi vitamin C secara rutin setiap hari dengan dosis yang sesuai.

 

3/ Vitamin C bermanfaat untuk asam urat

Vitamin C memiliki manfaat yang sangat ampuh untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Dengan mengkonsumsi 500 mg vitamin C setiap harinya akan bermanfaat untuk mengurangi anda terkena asam urat hingga mencapai 17 persen.

 

4/ Vitamin C berguna untuk mencegah kekurangan zat besi

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan anda terkena anemia. Dimana dalam hal ini vitamin C bisa membantu anda memproduksi sel-sel darah merah. Manfaatkanlah vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi yang ada di tubuh. Zat besi bisa membantu membuat hemoglobin yaitu menjadi bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

 

5/ Vitamin C berguna untuk meredakan flu

Ketika anda sedang terserang flu maka anda bisa menanggulanginya dengan mengkonsumsi vitamin C untuk meredakan flu. Untuk memperoleh vitamin C, anda bisa mengkonsumsi paprika merah, cabai, lemon, jeruk, brokoli, stroberi, nanas dan pepaya. Imbangi juga menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga yang rutin agar tubuh tetap bugar dan fit.

 

6/ Vitamin C bermanfaat untuk kesehatan mata

Beberapa orang beranggapan bahwa hanya vitamin A saja yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Namun ternyata vitamin A bukan satu-satunya yang dibutuhkan oleh mata sebab ada vitamin C yang mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsilah vitamin C dalam porsi tepat setiap hari maka anda bisa mengurangi resiko katarak. Vitamin C yang kaya akan antioksidan mampu melindungi sel-sel aktif mata dari kerusakan.

 

7/ Vitamin C berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Boston University dan Linus Pauling Institute, vitamin C dengan dosis 500 mg per hari dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Namun vitamin C bukanlah menjadi pengobatan alternatif. Anda tetap harus mengkonsumsi obat-oabatan yang dianjurkan untuk diminum oleh dokter kemudian bisa ditambah dengan mengkonsumsi vitamin C setiap harinya.

Nah itulah 7 manfaat vitamin C bagi tubuh manusia. Bagi anda yang sedang membutuhkan asupan vitamin C maka bisa mendapatkannya dari suplemen dan buah atau sayur segar.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel