Kehidupan Manusia Setiap Hari Sangat Tergantung dari 7 Manfaat Sungai ini

24 Dec 2021 13:25 1050 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Kehidupan Manusia Setiap Hari Sangat Tergantung Dari 7 Manfaat Sungai Ini 

Yang dimaksud dengan sungai adalah menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan mahkluk hidup setiap hari dimana sungai tidak hanya mengalir di daerah pedesaan saja melainkan juga ada di daerah perkotaan. Sungai yang berukuran kecil dikenal dengan nama kali yang banyak terdapat di daerah pegunungan. Sungai atau kali ini terbentuk secara alami yaitu melalui proses yang dilakukan oleh alam namun banyak juga dijumpai sungai yang terbentuk karena proses campur tangan manusia atau saat ini dikenal dengan nama sungai sodetan.

Manfaat sungai bagi kehidupan manusia memang memegang peranan yang sangat penting dan menjadi vital, dimana seluruh mahkluk hidup yang ada di bumi atau alam semesta ini sangat membutuhkan keberadaan sungai.

Nah berdasarkan penjelasan dari kami tersebut di atas, apa sajakah manfaat sungai khususnya bagi manusia ? Berikut ini adalah jawabannya.

1/ Manfaat sungai sebagai pusat dari ekosistem

Ekosistem di sini adalah merupakan suatu kumpulan tempat tinggal dari makhluk hidup dan segala pendukung di sekitarnya. Secara umum dikenal ada beberapa ekosistem yang ada di alam semesta ini yaitu ekosistem laut, daratan, gurun dan sungai. Dari sisi biologis sungai dapat menjadi rumah bagi segala mahkluk hidup yang tinggal dalam ekosistem bersangkutan. Beragam jenis ikan dan tanaman air merupakan salah satu contoh pemanfaatan sungai sebagai pusat dari ekosistem yang ada.

2/ Manfaat sungai untuk mencari nafkah

Sungai bermanfaat sebagai sumber nafkah dari berbagai kalangan masyarakat dimana kandungan dan keanekaragaman hayati yang banyak di dalamnya menjadikan sungai dapat difungsikan sebagai sumber rezeki. Seperti profesi nelayan yang memanfaatkan sungai sebagai tambak dan lokasi tepat untuk membudidayakan ikan untuk selanjutnya dipanen dan dijual. Atau penambang-penambang batu kali yang menggantungkan hidupnya dengan cara mencari dan menambang batu di sungai-sungai besar. Berikut ini beberapa jenis mata pencaharian yang memanfaatkan sungai, antara lain sebagai berikut :

  • Nelayan pencari ikan.
  • Tambak-tambak ikan (berternak ikan).
  • Penambang batu kali.
  • Penambang pasir.
  • Penambang emas.
  • Penambang mineral-mineral bumi lainnya seperti timah dan sebagainya.

3/ Manfaat sungai sebagai tempat rekreasi

Anda bisa memanfaatkan sungai sebagai tempat rekreasi jika anda merasa bosan dan penat dengan melakukan aktivitas anda setiap hari. Cobalah bersenang-senang dan berekreasi ke pinggir sungai terutama yang ada di daerah pedesaan dan pegunungan, anda bisa berenang di dalam sungai di sekitar sini yang rata-rata masih bersih dan alami sambil mendengarkan kicau burung yang hinggap di dahan pohon sekitarnya. Ada banyak sekali jenis hiburan yang bisa anda dapatkan ketika sedang berada di sungai, berikut adalah beberapa jenis hiburan dan rekreasi yang dapat anda lakukan ketika sedang berada di sungai seperti : berenang, bermain air, arung jeram dan piknik atau duduk-duduk santai di pinggir sungai sambil menikmati cemilan ringan di waktu siang hari merupakan aktivitas kecil yang cukup menyenangkan dilakukan bersama dengan keluarga.

4/ Manfaat sungai untuk mencegah banjir

Sungai merupakan salah satu faktor lingkungan yang bisa mengatur munculnya penyebab banjir atau air bah. Jika sebuah sungai mempunyai kedalaman tertentu yang terawat maka kondisi ini bisa mengurangi resiko banjir pada suatu daerah. Sudah banyak sekali kasus banjir yang terjadi sebagai akibat dari meluapnya air sungai. Maka dari itu kondisi sungai yang terawat dengan baik dapat membantu mencegah banjir. 

5/ Manfaat sungai sebagai penampung air

Manfaat kelima dari sungai adalah dapat menampung debit air yang turun ke tanah melalui hujan. Air hujan yang turun biasanya akan berkumpul dan mengalir ke suatu tempat dan tempat tersebut yang menjadi penampungan dari air hujan yang selanjutnya dikenal dengan nama sungai dan danau.

6/ Manfaat sungai untuk mengalirkan air ke hilir

Seperti diketahui bahwa air mempunyai sifat bergerak dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang rendah. Berdasarkan sifat air inilah maka sungai dapat mengalirkan air dari hulu atau sumber air menuju ke hilir dimana tempat sungai bermuara. Ini dapat mencegah terjadinya penumpukan air pada hulu yang bisa berakibat meluapnya air sungai.

7/ Manfaat sungai untuk pembangkit listrik

Manfaat sungai yang terakhir adalah menjadi salah satu energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Adalah pembangkit listrik tenaga air atau PLTA yang merupakan pemanfaatan air sungai secara maksimal sebagai pembangkit listrik. Derasnya aliran sungai dimanfaatkan untuk memutar kincir air sehingga kincir air ini akan menyebabkan aktifnya generator pada pembangkit listrik untuk selanjutnya akan menghasilkan listrik yang dapat disuplai untuk kebutuhan setaip hari. 

Itulah 7 manfaat sungai bagi manusia dan lingkungan sekitar. Marilah bersama-sama melestarikan keberadaan sungai yang ada di sekitar tempat tinggal anda agar menjadi lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia dan mahkluk hidup lainnya di alam semesta.

Sumber tulisan :

https://www.ilmugeografi.com/ilmu-bumi/sungai/manfaat-sungai/

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel