Tanamkan Sejak Dini Tiap Hari tentang Beberapa Tips Pola Hidup Sehat ke Keluarga Anda

23 Dec 2021 18:55 811 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Tanamkan Sejak Dini Tiap Hari Tentang Beberapa Tips Pola Hidup Sehat Ke Keluarga Anda

Dimana saja dan kapan pun berbagai penyakit bisa secara tiba-tiba menyerang tubuh anda. Terlebih lagi masalah kesehatan tidak hanya disebabkan oleh adanya faktor biologis internal saja melainkan juga dapat berasal dari lingkungan sekitar yang kurang bagus bagi kondisi tubuh anda. Ada berbagai upaya pencegahan dan peningkatan kewaspadaan kiranya perlu dilakukan agar anda terhindar dari hal-hal yang bisa mengganggu kesehatan tubuh serta aktivitas keseharain anda di dalam rumah maupun di luar rumah. Maka dari itu pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya kerap menghimbau kepada warga masyarakat agar menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu cara yang paling cocok untuk dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat dimana pola hidup sehat ini memang wajib untuk ditanamkan sejak dini pada diri sendiri terlebih dahulu barulah ke keluarga anda. Tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk melakukan hal ini, cukup ikuti beberapa rekomendasi tips pola hidup sehat sederhana yang kami jelaskan tersebut di bawah ini, niscaya tubuh anda dan keluarga tetap terjaga kesehatannya dan terhindarkan dari serangan berbagai jenis penyakit yang berbahaya.

1/ Makan buah-buahan segar

Dengan segala macam rasa, warna dan bentuknya serta kandungan sari buah di dalam daging buah, beragam buah-buahan segar dipercaya memiliki khasiat yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Kandungan mineral yang terdapat di dalam buah-buahan segar dapat memenuhi protein yang diperlukan oleh tubuh anda misalnya saja si kuning buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu penguatan tulang dan mencegah sariawan di mulut.

2/ Makan sayur-mayur yang segar dan sehat

Di samping buah-buahan, sayur-mayur yang segar tak kalah pentingnya untuk dikonsumsi setiap hari dengan rutin. Karena diketahui bahwa sayur-mayur mempunyai kandungan mineral yang sangat bagus untuk menjaga kebugaran tubuh anda. Ada bermacam protein terkandung di dalamnya yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan asupan nutrisi tubuh. Pilihlah sayur yang anda suka, boleh juga mengolahnya menjadi jus yang segar maupun hidangan yang lezat tanpa dimasak seperti salad sehat.

3/ Melakukan meditasi secara rutin setiap hari

Pernah mendengar pepatah lama yang menyebutkan : mens sana in corpora sano yang artinya di dalam raga yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Seperti pepatah ini, ahli medis menyepakati gagasan bahwa manusia hidup di bumi ini membutuhkan media untuk menjaga kesehatan fisik dan mental mereka. Tidak ada yang lebih penting antara satu dengan yang lainnya dan tidak ada yang harus didahulukan. Keduanya saling bersinergi. Lakukanlah meditasi yang tepat di akhir pekan dimana meditasi yang dimaksudkan bukan hanya melakukan yoga, ibadah atau liburan, bincang-bincang santai bersama anggota keluarga pun dapat digolongkan sebagai meditasi.

4/ Aturlah pernafasan anda hingga menjadi rileks dan tenang

Oksigen merupakan salah satu hal yang sifatnya vital dalam kehidupan sehari-hari anda. Dimana anda memang terbiasa untuk bernafas namun jarang mengetahui bahwa teknik pernafasan tertentu perlu untuk dilakukan agar dapat memberikan kekuatan terhadap tubuh. Biasanya para atlet dibekali dengan teknik pernafasan tertentu agar mendapatkan kekuatan ekstra yaitu salah satunya dengan mempraktekkan cara pernafasan yang baik dengan menghirup udara sedalam-dalamnya lalu tahan selama 5 sampai 10 detik dan hembuskan perlahan-lahan.

5/ Rajin minum air mineral setiap hari

Seperti diketahui bahwa sebagian besar komposisi tubuh anda terdiri atas cairan yaitu kisaran 60 persen hingga mencapai 70 persen. Meskipun demikian, setiap saatnya cairan di dalam tubuh anda akan terus berkurang. Makanya anda perlu rajin meminum air mineral demi untuk mencukupi komposisi cairan tubuh anda. Air mineral membantu proses metabolisme tubuh dan ampuh untuk mencegah segala jenis masalah kesehatan.

6/ Harus mendapatkan waktu tidur yang cukup

Manusia dan mahkluk hidup di bumi ini membutuhkan waktu istirahat yang mencukupi. Pada umumnya manusia membutuhkan durasi tidur tertentu sangat tergantung pada usia yaitu kelompok anak-anak membutuhkan waktu tidur yang relatif lebih lama sedangkan orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 6 sampai dengan 8 jam per hari. Sementara para lansia membutuhkan waktu tidur yang relatif lebih cepat dibandingkan anak-anak dan orang dewasa.

7/ Rajin berolahraga

Kegiatan olahraga tidak melulu berhubungan dengan stadion dan gym. Halaman depan rumah, jalan pedestrian dan taman kota dapat menjadi ruang berolahraga yang nyaman. Dimana otot dan tulang anda perlu digerakkan dan direnggangkan agar tidak kaku dan pasif. Hasilnya adalah tubuh anda akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit yang mematikan. Lakukanlah aktivitas berolahraga minimal sekali dalam seminggu atau 30 menit per hari. Jika dirasa berat maka pilihlah olahraga ringan seperti jalan-jalan santai atau jogging.

Itulah beberapa tips dan cara pola hidup sehat yang bisa dilakukan sejak dini. Jangan sampai penyakit dahulu yang menjangkit maka barulah bersusah payah untuk bebenah melakukan pola hidup sehat. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan ?

Sumber tulisan :

https://www.tokopedia.com/blog/tips-cara-pola-hidup-sehat-hlt/

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel