Upaya Apa yang bisa Dilakukan untuk Mengurangi Erosi Tanah?

23 Dec 2021 15:50 1073 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Upaya Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengurangi Erosi Tanah ?

Erosi tanah adalah suatu peristiwa yang sifatnya negatif yaitu dapat mengancam kesuburan tanah serta menurunkan kualitas tanah. Jika erosi tanah ini diabaikan begitu saja maka akan menyebabkan bencana alam yang sangat berbahaya bagi keberlangsungan kehidupan mahkluk hidup di bumi terutama manusia. Maka dari itu erosi tanah perlu dicegah dan diatasi. Ada berbagai upaya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi erosi yaitu usaha pencegahan erosi tersebut antara lain sebagai berikut :

1/ Membuat terasering pada tanah yang miring

Erosi tanah bisa diatasi dengan membuat terasering atau sengkedan. Ini tentu saja sudah tidak asing di telinga anda terutama yang berada di daerah pedesaan. Terasering atau sengkedan merupakan salah satu solusi yang sangat populer dibuat pada kondisi tanah miring seperti di lereng gunung atau lereng pegunungan atau perbukitan bahkan pada dataran tinggi. Terasering atau sengkedan adalah undak-undakan yang dibuat di tanah miring sehingga menyerupai tangga. Terasering ini akan menghambat proses erosi atau pengikisan tanah karena tertahan oleh dataran yang berbentuk datar dimana terasering akan membuat tanah menjadi tidak begitu miring sehingga akan lebih lambat terkena erosi.  

2/ Melakukan countur farming

Upaya selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan contour farming yaitu teknik pertanian yang melakukan penanaman berdasarkan garis kontur suatu tanah sehingga sistem perakaran pada tanaman akan menjadi semakin solid dan sanggup menahan tanah ketika diguyur hujan deras. Teknik contour farming atau pembuatan kontur tanah ini seperti membuat perangkap tanah sehingga tanah tidak mudah hanyut oleh air ketika hujan deras turun. Di Indonesia contour farming sudah banyak diperkenalkan kepada petani dimana ada banyak petani yang mengaplikasikan sistem ini. Contour farming terutama diterapkan untuk pertanian yang berkelanjutan.

3/ Membuat tanggul pasangan

Tanggul adalah sebuah gundukan yang memiliki fungsi untuk menahan sesuatu seperti air agar tetap berada di tempatnya. Tanggul pasangan dibuat untuk digunakan sebagai salah satu upaya guna mengatasi erosi tanah. Dimana setiap lahan yang miring diharuskan mempunyai tanggul yang searah dan sejajar dengan kontur tanah. Dengan adanya tanggul ini maka diharapkan air hujan yang turun bisa tertampung dan meresap ke dalam tanah sehingga dapat mengurangi terjadinya run off atau aliran permukaan. Sebaiknya area tanggul yang akan dibuat di sekitarnya ditanami tanaman-tanaman berbatang tinggi seperti jagung supaya tidak terlalu lama tergenang oleh air.

4/ Mengoptimalkan drainase atau saluran air

Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk mengurangi erosi tanah adalah mengoptimalkan fungsi drainase atau saluran air. Keberadaan drainase ini bertujuan untuk menjadi jalur pelepasan air sehingga sisa-sisa air yang tidak terserap oleh vegetasi penutup tanah atau buffering dapat segera dialirkan ke tempat yang lebih rendah. Cek kualitas drainase secara rutin apakah ada bagian tertentu yang rusak sehingga kualitas drainase bisa menjadi lebih optimal.

5/ Melakukan reboisasi

Usaha pencegahan erosi tanah bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja yaitu salah satunya adalah penanaman lahan kembali atau yang disebut dengan istilah reboisasi. Reboisasi merupakan gerakan yang dilakukan untuk penanaman pohon-pohon bagi tanah yang kondisinya gundul atau penggantian pohon-pohon yang telah mati dengan pohon-pohon yang baru. Keberadaan pepohonan ini diharapkan dapat membantu menyerap air tanah dan menjadi benteng pertahanan tanah agar tidak mudah terkena erosi.

6/ Menjaga kelestarian daerah aliran sungai (DAS)

Daerah aliran sungai atau DAS perlu sekali dijaga karena merupakan penahan tanah supaya tidak habis terbawa oleh aliran sungai. Dengan menjaga daerah aliran sungai ini maka tanah di sekitarnya akan menjadi lebih terjaga dari erosi.

7/ Melakukan konservasi tanah

Konservasi tanah merupakan serangkaian upaya untuk memperbaiki kualitas tanah dan juga strategi untuk mencegah dan menghambat proses terjadinya pengikisan tanah dan perubahan struktur biologi serta kimiawi yang diakibatkan oleh kesalahan-kesalahan dalam pengolahan tanah. Kesalahan yang dimaksudkan adalah pengasaman, salinisasi serta kontaminasi zat-zat yang berbahaya lainnya. Upaya-upaya konservasi tanah ini bisa dilakukan dengan berbagai cara.

8/ Pengaturan kadar salinitas tanah

Keberadaan vegetasi tanah merupakan hal yang sangat penting sebagai penahan tanah dari hal-hal yang menyebabkan tanah terkikis. Sebelum memulai menanam vegetasi untuk tanah, tentu ada hal khusus yang mesti diperhatikan yaitu salah satunya adalah kandungan garam atau salinitas. Kadar garam atau salinitas perlu diatur supaya tanaman vegetasi yang anda tanam bisa bertahan hidup. Tanah yang terlalu banyak kadar garamnya tentu tidak baik dan tanah yang kurang kadar garamnya juga tidak bagus.

Nah itulah 8 upaya yang dapat anda lakukan untuk melindungi tanah dari erosi tanah. Dengan demikian tanah anda akan terjaga dengan kualitas yang bagus.

Sumber tulisan :

https://www.ilmugeografi.com/ilmu-bumi/tanah/usaha-mengurangi-erosi-tanah/

Tags PC Windows

About The Author

Utamii 59
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel