Manfaat Troposfer Sebagai Lapisan Atmosfer Bagi Kehidupan di Alam Semesta

22 Dec 2021 15:25 2043 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Manfaat Troposfer Sebagai Lapisan Atmosfer Bagi Kehidupan Di Alam Semesta 

Yang dimaksud dengan atmosfer adalah salah satu jenis lapisan gas yang berfungsi untuk menyelimuti sebuah planet dari bagian permukaannya sampai planet bersangkutan mampu terbang jauh di luar angkasa. Lapisan atmosfer yang menyelimuti planet bumi ini dikenal dengan nama atmosfer bumi. Atmosfer bumi memiliki banyak lapisan yang menyusun di dalamnya yaitu terdiri dari beberapa bagian antara lain troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer serta eksosfer. Masing-masing lapisan memiliki fungsi dan manfaat tersendiri bagi kelangsungan hidup makhluk yang hidup di bumi. Atmosfer bumi tersusun dari berbagai gas yang menyelimuti bumi dimana diketahui bahwa komposisi yang menyusun sebuah atmosfer bumi meliputi nitrogen, oksigen, argon, karbondioksida, methane, helum, hydrogen, xenon, ozon dan neon. Terbesar gas yang menjadi penyusun atmosfer adalah nitrogen yaitu rata-rata mencapai angka 78.08 persen sedangkan terbesar kedua adalah oksigen yaitu sebesar 20.95 persen. Jumlah zat penyusun yang lainnya seperti argon adalah sebesar 0.93 persen, karbondioksida sebesar 0.035 persen, methane sebesar 0.00017 persen, helium sebesar 0.0005 persen, hidrogen sebesar 0.00005 persen, xenon rata-rata sebesar 0.000009 persen, ozon sebesar 0.000004 persen serta neon sebanyak 0.00185 persen.

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa salah satu lapisan atmosfer yang paling terkenal adalah troposfer merupakan lapisan atmosfer yang jaraknya terdekat dengan bumi dan menempati lapisan atmosfer terendah. Troposfer memiliki ketebalan rata-rata sekitar 16 km di garis khatulistiwa sedangkan di kutub mempunyai ketebalan bisa mencapai angka 7 sampai dengan 8 km. Ini adalah ketebalan rata-rata dari lapisan troposfer dari permukaan bumi yaitu mencapai angka 11 km, dimana pada lapisan troposfer inilah terjadinya gejala-gejala dan fenomena cuaca seperti awan, hujan, petir, kabut dan fenomena alam lainnya. Rata-rata suhu udara di lapisan troposfer bisa mencapai angka -60 derajat C.

Lapisan troposfer tersebut di atas memiliki banyak manfaat bagi bumi beserta kehidupan yang ada di dalamnya. Tersebut di bawah ini adalah beberapa manfaat troposfer sebagai berikut.

1/ Sebagai tempat terjadinya hujan

Seperti diketahui bahwa hujan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia yang ada di dalam planet bumi. Proses terjadinya hujan merupakan salah satu sumber air yang memiliki banyak manfaat kehidupan di bumi. Manusia, hewan serta tumbuhan membutuhkan air untuk melangsungkan kehidupannya. Manusia menggunakan air untuk beragam kebutuhan hidup sehari-hari, dari mulai aktifitas bangun tidur di waktu pagi hari sampai akan melakukan tidur lagi di waktu malam hari, air tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Seperti halnya manusia, tumbuhan serta hewan sangat membutuhkan air untuk keberlangsungan kehidupannya di bumi.

2/ Sebagai sumber udara yang dibutuhkan bagi kehidupan

Lapisan ini adalah lapisan yang terbanyak mengandung karbondioksida sangat dibutuhkan bagi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi ini dan merupakan ruang terpenting untuk kehidupan. Manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas serta tumbuhan memerlukan karbondioksida untuk bernafas dan mempertahankan hidupnya. Lapisan troposfer merupakan lapisan yang mengandung karbondioksida terbanyak di alam semesta.

3/ Sebagai lapisan melajunya pesawat terbang

Pesawat terbang melintas dan melakukan penerbangan di lapisan troposfer ini. Pesawat-peswat masa kini telah dimudahkan oleh manusia untuk melakukan perjalanan jarak jauh ke berbagai penjuru dunia dalam waktu yang sangat singkat dan menyediakan tempat-tempat yang nyaman melalui jalur udara yaitu via lapisan troposfer ini.

4/ Terjadinya cuaca

Lapisan troposfer merupakan satu-satunya lapisan atmosfer yang menjadi media perantara terjadinya cuaca serta fenomena alam yang ada di bumi yaitu hujan, angin darat, angin laut, awan, petir, kabut serta fenomena alam yang lainnya. Mahkluk hidup lainnya khususnya manusia mengetahui cuaca yang ada di bumi ini dengan melihat melalui lapisan troposfer dari permukaan bumi. Dengan adanya cuaca dan fenomena lainnya ini memungkinkan manusia untuk mengetahui serta membantu manusia dalam melakukan berbagai aktifitas yang ada di bumi ini. Contohnya adalah seorang nelayan serta seorang pelayar akan sangat terbantu dalam melakukan aktifitasnya dalam berlayar dengan memantau kondisi cuaca serta iklim yang terjadi di bumi.

5/ Merupakan lapisan yang terdapat uap air

Lapisan ini adalah sala satu jenis lapisan yang mengandung uap air sangat dibutuhkan untuk kepentingan kehidupan manusia sedangkan lapisan atmosfer lainnya tidak mengandung uap air. Dimana diketahui bahwa suhu di permukaan troposfer sangatlah rendah. Kerendahan suhu pada lapisan troposfer inilah yang menyebabkan uap air sulit menembus lapisan atmosfer yang letaknya lebih tinggi. Kumpulan uap air di lapisan ini akan segera mengalami kondensasi sebelum mencapai troposfer untuk sleanjutnya akan jatuh kembali ke bumi dalam bentuk struktur bumi yang lainnya yaitu cair yang dikenal dengan nama hujan serta bisa juga dalam bentuk padat yang dikenal dengan nama salju atau es. Salju atau es bisa sampai ke bumi hanya pada bagian tertentu di permukaan bumi seperti di kutub utara serta negara-negara yang berada di sekitar kutub utara bumi.

Nah demikianlah beberapa manfaat lapisan troposfer yang menyusun atmosfer di bumi ini. Jagalah selalu lapisan atmosfer di bumi ini agar tetap bisa bermanfaat serta dapat melindungi anda dari berbagai benda-benda berbahaya serta kejadian yang bisa membahayakan bumi tercinta ini. Melindungi lapisan atmosfer bisa dilakukan dengan memulai hal-hal kecil seperti dari diri sendiri untuk selanjutnya dapat memberi contoh kepada orang lain. Contohnya adalah mengurangi penggunaan minyak wangi dengan cara semprot yang jika dilakukan terlalu sering bisa merusak atmosfer bumi. Mari bersama-sama menjaga keselamatan bumi beserta penyusun dan isinya.

Sumber tulisan :

https://www.ilmugeografi.com/ilmu-bumi/meterorologi/manfaat-troposfer/

Tags PC Windows

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel