Buah Surga dengan Sejuta Manfaat untuk Kesehatan Tubuh : Plum

21 Dec 2021 18:45 1166 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Buah Surga Dengan Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh : Plum

 

Ibarat pepatah lama yang menyebutkan bahwa ‘bibirnya merah seperti buah plum’, sebenarnya seperti apakah rupa buah plum? Memang benar faktanya bahwa buah plum mempunyai warna yang merah. Buah ini memiliki kemiripan bentuk seperti buah apel fuji. Dimana diketahui bahwa tanaman buah plum berasal dari famili rosaceae bersama-sama dengan buah aprikot, persik dan nektarin. Buah plum pada umumnya tumbuh di negara barat seperti Amerika Serikat dan Eropa. Bila di Indonesia anda akan menemukan buah plum dengan warna hijau kekuning-kuningan yang dikenal dengan nama plum golden. Buah ini jika dikonsumsi secara rutin setiap hari sebanyak dua butir akan memberikan banyak sekali manfaat kesehatan untuk tubuh manusia terutama kelompok perempuan. Kandungan buah plum terdiri dari serat, kalium, folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E dan mineral serta senyawa bergizi lainnya. Maka dari itu buah plum seringkali digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. Apa sajakah manfaat dari anda makan buah plum ?

1/ Bermanfaat untuk mengurangi obesitas

Sekitar awal tahun 2017 sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Obesity & Therapeutics menjelaskan bahwa dengan rutin mengkonsumsi buah plum setiap hari dapat membantu memerangi sindrom metabolik. Kandungan senyawa flavonoid dan komponen senyawa lainnya di dalam daging buah plum mampu memberikan efek anti obesitas dan anti inflamasi pada sel-sel lemak.

2/ Bermanfaat sebagai sumber antioksidan

Manfaat buah plum yang kedua adalah sebagai sumber antioksidan. Kandungan senyawa dalam buah plum seperti fenol ampuh untuk menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Senyawa fenol juga bagus untuk mencegah kerusakan oksigen dalam lemak.

3/ Berguna untuk mencegah osteoporosis

Sebuah studi dari Florida State University dan Oklahoma State University menjelaskan bahwa buah plum ampuh untuk mencegah hilangnya massa tulang yang rentan menyebabkan lansia terserang osteoporosis. Manfaat buah plum yang satu ini disebabkan karena adanya mineral boron pada air dan daging buah plum. Mineral boron inilah yang dapat membantu membangun tulang dan otot menjadi lebih kuat.

4/ Berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Di dalam daging buah plum banyak mengandung vitamin C alami dalam jumlah yang sangat besar. Sehingga dari sini diklaim bahwa buah ini ampuh membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan resistensi terhadap infeksi dari penyakit tertentu. Tubuh menjadi memiliki sistem imun yang kuat.

5/ Bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat

Kandungan senyawa flavonoid yang ada di dalam daging buah plum sangat efektif dalam memberikan perlindungan terhadap gangguan kognitif yang berhubungan dengan faktor usia (neurodegeneratif). Dalam hal ini buah plum mampu meningkatkan daya ingat untuk manfaat belajar dan mempertajam memori.

6/ Bermanfaat untuk menghilangkan kecemasan

Secara teratur mengkonsumsi buah plum setiap hari yaitu rata-rata 2 biji dapat membantu mengurangi kecemasan. Efek anxiolytic dari antioksidan yang ada dalam buah plum dapat membantu menyembuhkan perilaku kecemasan dan kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

7/ Berguna untuk meringankan gejala flu

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh College of Life dan Ilmu Kesehatan Universitas Chubu di Jepang menjelaskan bahwa kandungan molekul lektin dalam daging buah plum ampuh untuk menghambat gejala-gejala sekaligus mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus flu A.

8/ Bermanfaat untuk melancarkan pencernaan

Komponen sorbitol dan isatin yang ada pada kandungan buah plum sangat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Sorbitol dan isatin ini mempunyai efek pencahar dan mendorong sekresi cairan dalam usus secara efisien.

9/ Berguna untuk menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A sangat dibutuhkan oleh mata bisa dengan mudah anda kumpulkan dengan cara mengkonsumsi buah plum maksimal 2 butir secara rutin setiap hari. Buah plum diketahui banyak mengandung vitamin A dalam jumlah yang sangat besar yaitu sekitar 5 persen. Dengan begitu mata anda tetap terjaga kesehatannya.

10/ Bermanfaat sebagai media perawatan kulit

Plum kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E dalam jumlah yang sangat besar sehingga mampu menjaga kesehatan kulit terutama di area leher dan wajah, plum dapat mengurangi bintik-bintik hitam dan kerutan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus dibarengi dengan penggunaan cleanser secara rutin di waktu pagi dan malam hari menjelang tidur malam dan produk-produk wajah lainnya agar hasil yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

Itulah beragam manfaat yang bisa diperoleh pada sebutir buah plum. Untuk mendapatkan hasil terbaik sebaiknya buah ini dikonsumsi secara rutin disertai dengan menjaga pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan olahraga yang sesuai dengan kebutuhan anda. Bila dianggap perlu konsultasikan kebutuhan gizi dan nutrisi pada dokter anda.

Sumber tulisan :

https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-buah-plum/

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel