Keuntungan dari Mengumpulkan Air Hujan untuk Tanaman dan Kehidupan Manusia

20 Dec 2021 14:20 510 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Keuntungan Dari Mengumpulkan Air Hujan Untuk Tanaman Dan Kehidupan Manusia

Air hujan yang turun ke permukaan bumi dalam jumlah yang berlimpah jika diamati dengan seksama banyak memberikan keuntungan bagi mahkluk hidup seperti manusia dan kehidupan manusia karena ketika air hujan turun maka semua keadaan akan menjadi lebih segar dan hidup subur terutama bagi beragam jenis tanaman yang sangat bergantung pada air hujan.

Berikut ini adalah beberapa fungsi air hujan yang turun ke permukaan bumi bagi kelangsungan mahkluk hidup di dalamnya, simak penjelasannya berikut ini.

1/ Air hujan memegang peran penting bagi perekonomian

Air hujan dalam hal ini berperan dalam perekonomian manusia karena air hujan mempunyai peran penting bagi pekerjaan manusia seperti pengolahan hutan, perikanan dan pertanian. Dimana ketika sedang musim kemarau panjang maka manusia dimana-mana akan merasakan kekurangan air begitu juga dengan bidang yang mereka jadikan sebagai sumber pencarian ekonomi akan menemui masalah berat yaitu bisa gagal panen, masalah kekeringan dalam perikanan dan pohon-pohon di hutan mulai mati sebagai akibat kekurangan air yang sangat merugikan bagi manusia yang khusus menggantungkan kehidupan perekonomiannya pada kebutuhan air yang mencukupi. 

2/ Air hujan memegang peranan penting di bidang perikanan

Dalam hal ini air hujan sangat berperan penting di bidang perikanan karena ketika hujan datang maka air di laut, sungai, kali atau danau menjadi berlimpah yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan mahkluk hidup lainnya di bumi ini. Air di laut akan mengalami kenaikan yang mencukupi untuk ikan-ikan berkembang biak di dalam permukaan air sehingga laut, sungai, kali dan danau ini bisa menjadi sumber kehidupan manusia karena ikan-ikan di dalamnya bermanfaat bagi kehidupan manusia untuk dikonsumsi sebagai penambah protein bagi kesehatan tubuh manusia. Air hujan mempunyai peranan besar yaitu sebesar 80 persen untuk kehidupan ikan-ikan di laut, jika pada musim kemarau maka di bidang perikanan akan mengalami kerugian besar dalam pengelolaan ikan di laut, sungai atau danau.

3/ Air hujan memegang peranan penting untuk pelestarian lingkungan

Air hujan yang turun ke permukaan bumi berperan penting dalam pelestarian lingkungan seperti untuk tumbuhan melakukan fotosintesis dan penanaman pohon-pohon baru di hutan maupun untuk tumbuh sendiri tunas-tunas baru. Karena jika air hujan turun maka semua tanaman atau pepohonan akan tersiram secara keseluruhan dan inilah yang memberikan kesejukan dimana tanaman dan pohon-pohon akan tumbuh semakin subur, lebat, indah dan mendorong mempercepat proses fotosintesis. Air hujan sangat berperan dalam mempertahankan kehidupan alam dan pelestarian lingkungan.

4/ Air hujan memegang peranan penting untuk kelangsungan hidup hutan

Air hujan memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup hutan. Karena di dalam hutan banyak bersarang hewan-hewan liar, beragam tumbuhan dan pohon-pohon yang menggantungkan hidupnya pada air hujan dimana hujan turun biasanya ditentukan dalam kurun beberapa waktu pergantian musim dan semua mahkluk hidup yang ada di hutan akan mengalami kestabilan dan keseimbangan karena pasokan air yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan fotosintesis atau minum bagi banyaknya hewan liar yang ada di hutan.

5/ Air hujan memegang peranan penting untuk menjaga sumber air tanah

Dalam hal ini air hujan berperan penting untuk menjaga sumber air tanah karena air hujan yang turun di permukaan bumi akan meresap ke permukaan lapisan tanah sebagai cadangan air yang disimpan dalam kedalaman tertentu. Dengan adanya air hujan yang menyerap ke air tanah maka manusia bisa memanfaatkannya dengan cara menggali sumur bor dan membuat saluran air PAM yang airnya bisa berguna untuk memasak, mencuci, menyiram tanaman dan kebutuhan rumah tangga yang lainnya.

6/ Air hujan memegang peranan dalam mengurangi erosi tanah

Tanah adalah tempat yang tepat untuk menjadi penopang kehidupan manusia sedangkan struktur tanah sangat membutuhkan air untuk selalu bisa mempertahankan kekuatan tanah. Erosi yang kemungkinan terjadi dapat menyebabkan kerusakan alam serta menimbulkan bencana yang sangat merugikan manusia. Hal ini dilakukan karena adanya penebangan hutan secara liar serta pembangunan rumah-rumah yang permukaan tanahnya tidak cocok untuk dibangun menjadi rumah. Dimana pada dasarnya sistem kontruksi tanah akan dapat bertahan karena menerima air hujan yang turun dari langit sehingga tidak akan mengalami kekeringan panjang dengan adanya serapan air hujan yang cukup.

7/ Air hujan memegang peranan penting dalam bidang pertanian

Air hujan yang turun di permukaan bumi sangat memberikan dampak bagus bagi kehidupan para petani. Sehingga tak mengherankan jika para petani sangat senang jika musim hujan tiba karena bisa memberikan pengaruh bagus bagi hasil panen nantinya sehingga banyak petani yang sangat menunggu kedatangan musim hujan ini. Dan ketika musim hujan sudah datang maka para petani akan memulai untuk melakukan pekerjaannya di sawah guna menanam padi atau menunggu hasil panennya berhasil sehingga dalam hal ini air hujan mempunyai banyak keuntungan bagi para petani. 

Itulah 7 manfaat dari turunnya air hujan untuk memenuhi kelangsungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan di bumi.

Sumber tulisan :

https://www.ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/fungsi-air-hujan/

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 52
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel