Mengenal Apa itu Omnichannel dan Manfaatnya

14 Dec 2021 16:42 1722 Hits 4 Comments Approved by Plimbi
Mengenal apa itu omnichannel lengkap dengan manfaat menggunakan omnichannel untuk merek bisnis Anda

Pada era serba teknologi saat ini, tentu saja para pebisnis harus mengimbangi akan teknologi yang ada. Dengan perkembangan teknologi yang ada, tidak menutup kemunkinan akan berimbas pada kemajuan bisnis yang sedang Anda jalani.

Dalam dunia bisnis, komunikasi yang baik dengan klien merupakan hal yang sangat krusial. Dengan menciptakan kemudahan komunikasi dan keramahan pelayanan, pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Untuk itu, mungkin Anda perlu mengenal teknologi Omnihannel ini, yang memungkinkan pebisnis untuk menyimpan semua channel dalam satu tempat.

Mengenal Apa itu Omnichannel

Omnichannel

Omnichannel merupakan kesatuan dari beberapa channel dan menjadi salah satu strategi komunikasi terbaik yang mampu melengkapi kebutuhan pelanggan. Omnichannel ini adalah bentuk pendekatan multi channel yang memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan dalam berkomunikasi melalui berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, Messenger, dan lain sebagainya.

Mudahnya, apapun channel yang digunakan oleh pelanggan untuk terhubung dengan pebisnis atau bahkan perusahaan, pelanggan akan mendapatkan pesan tersesuai dari channel tersebut. Masing-masih channel ini akan bekerja saling berdampingan untuk memperbaui data pelanggan.

Keuntungan Menggunakan Omnichannel

Sekarang, Anda perlu mengetahui manfaat menggunakan Omnichannel untuk bisnis Anda, sebagai berikut;

1. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Apa yang diharapkan pelanggan Anda? Nomor satu dalam daftar adalah pengalaman terbaiknya. Faktanya, 9 dari 10 konsumen menginginkan pengalaman omnichannel dengan layanan tanpa batas di antara metode komunikasi. Karena jumlah titik kontak meningkat, demikian juga kebutuhan akan integrasi tanpa batas dari satu titik kontak ke titik kontak lainnya. Baik itu iklan sosial, buletin email, push notification, konversi dengan chatbot Anda, atau live chat.

2. Peningkatan Penjualan dan Traffic

Membuat strategi penjualan Anda menjadi omnichannel-proof tidaklah sesederhana itu. Tapi itu pasti akan sepadan dengan waktu dan uang Anda.

Sebuah studi terhadap 46.000 pembeli menunjukkan bahwa pelanggan omnichannel menghabiskan lebih banyak uang daripada pelanggan single-channel. Dan dengan setiap saluran tambahan yang mereka gunakan, pembeli omnichannel menghabiskan lebih banyak uang di toko.

Pelanggan yang menggunakan 4 atau lebih saluran menghabiskan rata-rata 9% lebih banyak di toko dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan satu saluran.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Pelanggan omnichannel tidak hanya membelanjakan lebih banyak, mereka juga lebih setia pada bisnis Anda. Faktanya, dalam waktu 6 bulan setelah pengalaman belanja omnichannel, pelanggan ini telah mencatat 23% lebih banyak melakukan repeat order.

Mereka juga cenderung merekomendasikan merek tersebut kepada keluarga dan teman daripada mereka yang menggunakan satu saluran.

4. Pengumpulan Data yang Lebih Baik

Pebisnis yang dapat melacak pelanggan mereka melalui saluran yang berbeda dapat melayani konsumen mereka dengan lebih baik dengan pengalaman yang lebih dipersonalisasi.

Pendekatan omnichannel memungkinkan bisnis memperoleh wawasan tentang cara membuat konten dan penawaran yang akan mendorong pelanggan mereka untuk lebih terlibat dalam berbelanja - tidak hanya online tetapi juga di toko konvensional. 

Pada intinya, Omnichannel menjadi salah satu trobosan terbaik untuk menggaet lebih banyak pelanggan dan memberikan pengalaman terbaik

Tags

About The Author

Nando Rifky 33
Ordinary

Nando Rifky

Profesional Blogger of Indonesia - Jasa Backlink Media Nasional Murah & Terpercaya!
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel