Memilih Frozen Food Terenak untuk Teman Makan Nasi Dadakan di Rumah

12 Dec 2021 16:40 1902 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Memilih Frozen Food Terenak Untuk Teman Makan Nasi Dadakan Di Rumah

Apakah anda adalah seorang wanita karir ? Jika iya, tentunya anda tidak memiliki banyak waktu untuk memasak di dapur buat anggota keluarga. Apa solusinya agar antara waktu kerja di kantor bisa berjalan beriringan dengan kebutuhan anggota keluarga di rumah misalnya keperluan sarapan pagi atau menyediakan lauk untuk santap makan siang atau makan malam ? Jawabannya sangat sederhana yaitu dengan menyetok menu frozen food bisa menjadi salah satu solusi praktis yang bisa dipraktekkan di rumah. Dengan menyimpan stok makanan siap saji di freezer maka anda tidak perlu lagi repot-repot meluangkan waktu untuk melakukan berbagai macam persiapan sebelum memasak. Cukup luangkan waktu beberapa menit guna menghangatkan makanan ini di atas kompor atau microwave, maka makanan pun sudah siap disantap.

Agar makanan menjadi lebih segar dan tetap sehat dikonsumsi oleh keluarga maka anda bisa menyiapkan sendiri frozen food di rumah tanpa membelinya di resto-resto cepat saji di luar rumah. Dimana perlu diketahui bahwa pada dasarnya frozen food tak hanya terbatas pada makanan siap saji saja seperti bakso, sosis atau nugget, masakan khas Nusantara pun bisa anda jadikan sebagai frozen food rumahan misalnya adalah semur ayam atau rendang daging.

Berikut kami rekomendasikan beberapa opsi resep yang dapat anda racik sendiri di rumah, silahkan intip satu per satu.

1/ Semur ayam

Froozen food pertama yang bisa anda pilih adalah semur ayam yang mampu bertahan sekitar 3 sampai dengan 4 bulan jika anda simpan dengan cara yang benar di dalam freezer. Froozen food ini sangat praktis diolah menjadi masakan semur ayam seperti biasa dimana setelah matang bisa didiamkan beberapa saat hingga mencapai suhu ruang. Disarankan untuk tidak buru-buru memasukkan semur ayam ke dalam freezer ketika masih panas. Sebaiknya anda membagi semur ayam ke dalam beberapa wadah sesuai porsi sekali makan. Karena ini akan memudahkan anda ketika akan memasak sisanya nanti. Anda bisa menggunakan kotak makanan kedap udara atau plastik dengan ziplock untuk menyimpannya di freezer.

2/ Ayam goreng lengkuas

Jika anda merasa bosan menyantap ayam ungkep yang segar maka sekali waktu cobalah memasak resep praktis ayam goreng lengkuas ini. Setelah ayam diungkep, anda sudah bisa menyimpannya di dalam kulkas. Caranya tak jauh berbeda dengan semur ayam di atas, tunggu hingga ayam hasil ungkep tidak terlalu panas, masukkan ke dalam wadah kedap udara lalu dibekukan.

3/ Rolade daging

Olahan daging giling dan dibalut dengan telur ini bisa dijadikan stok makanan andalan anda dengan waktu penyajian yang sangat cepat sehingga cocok dijadikan sebagai teman makan nasi dadakan di rumah. Resep rolade daging ini anda olah terlebih dahulu namun jangan langsung digoreng. Juga tak perlu secara langsung dipotong-potong, biarkan rolade yang masih berbentuk lonjong dan panjang anda simpan di freezer. Rolade daging akan bertahan hingga 4 bulan di dalam freezer. Saat anda mau menyantapnya tinggal keluarkan rolade lalu potong-potong sesuai selera dan digoreng. Bisa juga dengan menumisnya dicampur beragam bumbu seperti bumbu asam manis atau bumbu kecap, semuanya akan menghasilkan masakan dengan cita rasa enak di lidah. Tepat diberikan untuk anak-anak.

4/ Rendang daging

Rendang daging frozen food sudah umum dikenal sebagai teman makan nasi dadakan di rumah dimana makanan ini bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Rendang yang dimasak hingga airnya benar-benar surut ini relatif akan menjadi awet disimpan lama meskipun disimpan dalam chiller. Trik lain agar rendang lebih awet adalah dengan memilih mencampurnya dengan santan kelapa tua karena selain memberikan aroma yang lebih sedap, santan kelapa tua dapat memberikan minyak yang cukup hingga masuk dan meresap ke dalam daging hingga daging bisa tahan lebih lama.

5/ Lumpia goreng isi ayam bumbu

Mau menyetok camilan kekinian ? Lumpia goreng isi ayam bumbu bisa anda jadikan pilihan yang memiliki fungsi ganda yaitu sebagai cemilan enak sekaligus teman makan nasi dadakan di rumah. Belilah kulit lumpia instan di supermarket atau jika memiliki waktu luang bisa membuatnya sendiri di rumah. Disarankan untuk menggoreng lumpia di atas api kecil agar tidak lekas gosong dan mendapatkan warna cokelat keemasan yang merata. Cocol makanan ini dengan saos sambal atau kecap manis pedas. Rasanya mantap dan anak-anak menyukainya.

Apabila ada perubahan warna dan aroma pada frozen food yang anda siapkan tersebut di atas, sebaiknya jangan dikonsumsi lagi. Perubahan warna ini bisa menjadi pertanda bahwa makanan tersebut sudah rusak. Perhatikan kebersihan kulkas agar frozen food yang anda siapkan tidak terkena bakteri dari bahan-bahan makanan lain. Yuk mulai sekarang siapkan menu frozen food homemade.

Sumber tulisan :

https://www.masakapahariini.com/inspirasi-dapur/inspirasi-resep-frozen-food-rumahan/

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel