Sayur Kangkung bisa Ditumis dengan 5 Variasi Resep Praktis ini

11 Dec 2021 09:35 1333 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sayur Kangkung Bisa Ditumis Dengan 5 Variasi Resep Praktis Ini

Tahukah anda sayauran kangkung yang memiliki warna cantik yaitu hijau cerah ? Apakah anda menyukai sayuran yang satu ini ? Sayuran kangkung di dapur bisa diolah menjadi berbagai variasi resep tumis agar hidangan sayuran menjadi lebih menarik. Dimana diketahui bahwa semua resep tumis sayuran termasuk sayur kangkung menggunakan bumbu- bumbu yang sederhana seperti bumbu bawang merah, bawang putih dan cabai. Masakan tumis atau cah sayur kangkung ini adalah yang paling umum dimasak dan ditemui di rumah makan Sunda, restoran peranakan atau restoran-restoran yang menyajikan hidangan seafood. Nah agar resep kangkung yang anda biat di rumah menjadi istimewa atau berbeda dari biasanya maka anda bisa padu padankan bahan-bahan segar hewani dan sayuran lainnya di dalamnya supaya lebih sedap dan menggoda.

Agar tidak membosankan untuk disantap sebagai lauk teman makan nasi kapan saja, maka sayur kangkung bisa ditumis dengan 5 variasi resep praktis seperti tersebut di bawah ini.

1/ Resep cah kangkung mie saos kari udang

Sajian yang pertama adalah cah kangkung mie saos kari udang atau kari udon. Untuk memasak sajian ini anda bisa menggunakan jenis mie telur segar yang biasa digunakan untuk memasak mie ayam atau gunakan mie telur kering. Terlebih dahulu semua bumbu kari halus ditumis hingga harum, lalu masukkan udang dan masak hingga berubah warna. Bubuhkan penyedap rasa kari udang dan sedikit gula pasir lalu siram dengan santan, masak hingga mendidih dan semua bahan matang dengan sempurna. Tambahkan sayur kangkung dan masak sebentar. Terakhir tambahkan mie yang sudah matang, aduk-aduk dan angkat. Anda bisa menyajikannya bersama dengan irisan daun bawang, tomat dan juga emping.

2/ Resep tumis kangkung cumi lada hitam

Tumis 3 siung bawang putih, 1 buah bawang bombay segar dan 1 cm jahe hingga mengeluarkan aroma wangi lalu masukkan 200 gram irisan cumi kupas. Bubuhkan secukupnya saja kaldu bubuk lada hitam dan sedikit gula pasir dan masukkan sayur kangkung untuk ditumis hingga matang.

3/ Resep cah kangkung ayam bumbu rujak

Gunakan potongan daging ayam fillet untuk memulai proses memasak menjadi lebih cepat. Tumis daging ayam ini bersama dengan bumbu pelengkap dan terakhir bubuhkan penyedap rasa rasa bumbu rujak. Aduk-aduk bersama dengan kangkung, masak hingga semua bahan matang dengan sempurna, angkat dan sajikan bersama dengan taburan bawang goreng. Bisa disantap sebagai lauk teman makan nasi di waktu malam hari bersama dengan kerupuk udang. Rasanya nikmat sekali.

4/ Resep tumis kangkung sapi mercon

Resep ini cocok diberikan kepada anda yang menyukai ragam masakan bercita rasa super pedas. Tumis 3 siung bawang putih dan 1 cm jahe hingga mengeluarkan aroma harum lalu masukkan 10 buah cabai rawit merah iris tipis-tipis dan masukkan 200 gram irisan daging sapid an tumis hingga semua bahan terutama daging menjadi matang. Tambahkan bubuk kaldu rasa sapid an masukkan kangkung, lanjutkan menumis hingga matang dan bumbu merata.

5/ Resep cah kangkung tiga jamur

Gunakan dan pilih 3 jenis jamur yang anda suka misalnya jamur merang, jamur kuping dan jamur tiram. Tumis bersama dengan 3 siung bawang putih, 2 butir bawang merah dan cabai. Masukkan daging cincang dan masak hingga matang. Barulah masukkan jamur, masak hingga hampir setengah matang. Masukkan bubuk kaldu ayam, kangkung dan telur puyuh matang, aduk-aduk rata. Kalau anda suka rasa super pedas, tambahkan irisan cabai rawit merah segar ke dalamnya.

Dengan mengolah sayur kangkung menjadi masakan tumisan seperti tersebut di atas selain rasa masakan menjadi lebih bervariasi dan tidak membosankan juga anda bisa mendapatkan manfaat sayur kangkung secara optimal dengan didukung oleh bahan-bahan pelengkap lainnya. Ini bisa menjadi penambah semangat makan anda bersama dengan keluarga meskipun menu yang tersaji sangat sederhana. Jangan lupa untuk memilih salah satu merek bumbu pelezat yang saat ini banyak dijual di supermarket. Selamat mencoba.

Sumber tulisan :

https://www.masakapahariini.com/tips-masak/5-variasi-resep-tumis-kangkung/

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel