Belajar Mengenal Wilayah dan Ciri-Ciri Flora / Fauna Tergantung dari Klasifikasi Iklim Matahari

9 Dec 2021 12:40 1263 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Belajar Mengenal Wilayah Dan Ciri-Ciri Flora / Fauna Tergantung Dari Klasifikasi Iklim Matahari

Sebuah kondisi atau keadaan cuaca yang terjadi di suatu wilayah yang sangat luas dalam periode waktu yang lama dikenal dengan istilah iklim. Iklim merupakan media sebagai ukuran rata-rata cuaca di suatu wilayah yang sangat luas pada periode waktu tertentu.

Iklim pada umumnya terbagi berdasarkan wilayah di dunia berdasarkan atas karakteristik cuaca masing-masing. Akan muncul perbedaan iklim yang menjadikan berbagai wilayah di suatu tempat mempunyai mahluk hidup dengan ciri-ciri tertentu seperti hewan dan tanaman yang berbeda-beda. Maka dari itu, manusia perlu menyesuaikan jenis tanaman apa saja yang cocok untuk dibudidayakan di iklim wilayahnya agar bisa menghasilkan sumber daya yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Iklim Matahari Dan Pengertiannya

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa yang dimaksud dengan iklim matahari adalah iklim yang didasarkan pada jumlah panas yang diperoleh dari sinar matahari yang diterima di suatu wilayah di permukaan bumi. Adapun jumlah panas dari sinar matahari yang diterima di dalam wilayah bumi tersebut dipengaruhi oleh garis lintang khatulistiwa. Dimana semakin dekat suatu wilayah dengan garis khatulistiwa maka semakin banyak jumlah sinar matahari yang diterima. Begitu pula sebaliknya, semakin jauh jarak suatu wilayah dengan garis khatulistiwa maka semakin jarang atau sedikit jumlah panas dari sinar matahari yang bisa diterima.

Iklim Matahari Dan Klasifikasinya

Secara garis besar iklim matahari diklasifikasikan menjadi empat kelompok besar yaitu iklim tropis, iklim subtropis, iklim sedang dan iklim dingin.

1/ Iklim Tropis

Iklim tropis adalah kondisi iklim yang terletak pada wilayah yaitu berada di garis khatulistiwa atau pada garis lintang 23,5 derajat LU hingga 23,5 derajat LS. Iklim tropis mempunyai suhu rata-rata di atas 18 derajat celcius atau 64 derajat Fahrenheit. Wilayah dengan iklim ini menyimpan 2 musim yang akan dilalui secara silih berganti setiap tahunnya mengikuti pergerakan peredaran matahari yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau biasanya terjadi di bulan Maret hingga bulan Agustus sepanjang tahun sedangkan musim penghujan biasanya akan terjadi sekitar bulan September hingga bulan Februari sepanjang tahun.

1.1/ Negara Iklim Tropis

Wilayah yang memiliki iklim tropis terdiri dari beberapa wilayah di bagian benua Amerika, beberapa wilayah di benua Asia dan beberapa wilayah di timur tengah. Untuk wilayah beriklim tropis di benua Amerika meliputi sebagian besar wilayah Meksiko, wilayah kepulauan Karibia, semua negara di Amerika tengah, Nassau di kepulauan Bahama, serta beberapa wilayah di Amerika Selatan yang terdiri dari Venezuela, Chili Utara, Kolombia, Peru, Brazil, Ekuador, Suriname, Bolivia, Paraguay dan Argentina. Untuk wilayah yang memiliki iklim tropis di benua

Asia adalah wilayah-wilayah meliputi bagian selatan India, Hongkong, kepulauan Maladewa, sebagian wilayah Bangladesh, sebagian wilayah Taiwan, serta negara-negara di Asia Tenggara. Wilayah beriklim tropis di negara bagian timur tengah meliputi Oman, Uni Emirat Arab, Yaman dan bagian selatan Arab Saudi.

1.2/ Ciri-Ciri Wilayah Iklim Tropis

  • Menyimpan suhu udara yang cukup tinggi karena posisi matahari yang vertikal. Suhu udara ini berada pada kisaran antara 20 hingga 30 derajat celcius atau bisa mencapai lebih dari 30 derajat celcius di beberapa wilayah.
  • Mempunyai curah hujan yang lebih tinggi dan lebih lama jika dibandingkan dengan iklim lainnya dimana pada musim hujan kemungkinan besar bisa terjadi hujan deras hampir setiap hari.
  • Memperoleh sinar matahari yang cukup besar setiap tahunnya karena berada dekat dengan garis khatulistiwa.
  • Adanya proses penguapan air laut yang cukup tinggi karena terdapat awan di atmosfer yang disertai dengan pergantian suhu udara yang sifatnya normal dan tidak ekstrem.
  • Mempunyai tekanan udara yang rendah serta perubahan tekanan yang terjadi secara perlahan-lahan dan berlangsung beraturan.
  • Di bagian wilayah tropis basah, tanaman yang tumbuh di hutan pada umumnya akan menonjolkan warna hijau dan lebat, juga di wilayah tropis kering terdapat banyak sabana.
  • Di bagian wilayah tropis kering, udara dapat berbalik secara cepat mengikuti radiasi balik bumi yang akan berlangsung sangat cepat.

1.3/ Flora Dan Fauna Di Iklim Tropis

Ada beberapa jenis flora yang tumbuh dengan subur di dalam wilayah iklim tropis seperti pohon pinus atau tusam, kayu hitam, akasia, meranti, besi, keruing, kapur, kantong semar, anggrek, teratai, bugenvil, bambu, beragam pohon pisang, durian dan beragam tanaman hias palem kayu. Sedangkan untuk beberapa jenis fauna yang terdapat di wilayah iklim tropis adalah fauna Afrika yang terdiri dari gorilla, unta, gajah, kuda nil dan trenggiling, fauna khas Australia serta kepulauan Pasifik dan Indonesia bagian timur yang terdiri dari koala, cendrawasih, kiwi, platypus dan kakaktua, fauna Asia Tenggara, Asia Selatan dan Indonesia bagian barat yang terdiri dari orang utan, harimau, ikan, badak, beruang, rusa dan beberapa jenis reptil, fauna Amerika Tengah dan Afrika Selatan yang terdiri dari banteng, kukang, jaguar, kelelawar serta ikan piranha. 

2/ Iklim Subtropis

Iklim subtropis ini mencakup wilayah yang terletak di sepanjang garis lintang 23.5 derajat hingga 35 derajat LU dan 23.5 derajat sampai dengan 35 derajat LS. Wilayah subtropis adalah mencakup wilayah yang berada di sekeliling wilayah iklim tropis yang menjadi peralihan antara iklim tropis dan iklim sedang. Wilayah ini berada tepat di bagian utara atau atas dan bagian selatan atau bawah khatulistiwa. Wilayah di sini menyimpan 4 musim yang dialami secara bergantian di setiap tahunnya yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. 

2.1/ Negara Iklim Tropis

Beberapa wilayah yang mempunyai iklim tropis adalah Amerika Serikat dan sekitarnya, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Barat bagian utara, Afrika Utara, Afrika bagian selatan dan sebagian besar wilayah Eropa kecuali Skandinavia.

2.2/ Ciri-Ciri Wilayah Iklim Subtropis

  • Memiliki perbedaan kondisi cuaca yang sifatnya ekstrem dimana pada waktu siang hari relatif lebih lama pada musim panas dan relatif lebih singkat pada musim dingin.
  • Mempunyai tekanan udara yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan iklim tropis dan memiliki kelembapan udara yang lebih rendah.
  • Mempunyai curah hujan yang rata-rata yaitu antar 750 mm sampai dengan 1000 mm per tahunnya.
  • Menyimpan koleksi pohon dengan daun lebar dan menonjolkan warna hijau ketika sedang memasuki musim dingin dan akan berguguran ketika memasuki musim panas.
  • Mempunyai musim panas yang hangat dan musim dingin yang tidak terlalu dingin.
  • Jarak tumbuh antar pohon yang satu dengan pohon lainnya tidak terlalu rapat dan mempunyai jumlah atau jenis tumbuhan yang relatif sedikit.

2.3/ Flora Dan Fauna Di Iklim Tropis

Beberapa jenis flora yang hidup di wilayah subtropis ini adalah lavender, sakura, moss rose, tulip, blanket flower, pohon palem, beragam pohon mangga, pohon leci, beragam pohon jeruk, pohon alpukat, pohon cemara dan tanaman gandum. Sedangkan jenis fauna yang hidup di wilayah subtropis adalah rusa, macan kumbang, sambar, menjangan, tupai, beruang, burung elang, katak, kura-kura, panter dan kapibara.

3/ Iklim Sedang

Iklim sedang ini mencakup wilayah yang terletak di garis lintang 40 derajat hingga 66.5 derajat LU dan LS. Wilayahnya meliputi 4 musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Iklimnya terbagi ke dalam 4 jenis yaitu iklim laut pantai barat, iklim stepa, iklim gurun dan iklim benua lembab. Wilayah dengan iklim laut pantai barat mempunyai suhu yang lembab cenderung mendung ketika memasuki musim dingin serta kering cenderung cerah saat memasuki musim panas. Wilayah dengan iklim stepa mempunyai udara yang rata-rata sejuk, wilayah dengan iklim gurun mempunyai suhu yang rata sejuk namun akan berubah menjadi kering dan panas saat memasuki musim panas dan berangin ketika sedang musim dingin. Wilayah dengan iklim benua lembab mempunyai kondisi yang basah saat sedang musim panas.

3.1/ Negara Iklim Sedang

Wilayah atau negara yang termasuk ke dalam tempat yang menyimpan iklim sedang terletak di sebagian besar benua Eropa seperti Denmark, Jerman, Italia, Perancis, Inggris, Irlandia, Mongolia, Rumania dan Ukraina.

3.2/ Ciri-Ciri Wilayah Iklim Sedang

  • Terpusat di wilayah sekitar 40 derajat LU hingga 66.5 derajat LU dan 40 derajat LS sampai dengan 66.5 derajat LS.
  • Menyimpan amplitudo suhu tahunan yang lebih besar jika dibandingkan dengan wilayah iklim tropis dan mempunyai amplitudo suhu harian yang lebih kecil jika dibandingkan dengan wilayah iklim tropis.
  • Tekanan udara dan arah angin sering mengalami perubahan yang tidak menentu dan secara tiba-tiba sering terjadi badai.

3.3/ Flora Dan Fauna Di Iklim Sedang

Beberapa jenis flora yang ditemukan di dalam wilayah dengan iklim sedang antara lain bambu, punus, pakis, cemara, palem mini dan beluka. Sedangkan beberapa jenis fauna yang terdapat di wilayah dengan iklim sedang adalah kelinci, tikus salju, beruang grizzly, serigala, beruang hitam dan ikan salmon.

4/ Iklim Dingin

Iklim dingin mencakup wilayah yang terletak di garis lintang 66.5 derajat LU sampai dengan 90 derajat LS. Terdapat sekitar 20 persen wilayah di permukaan bumi ini yang mempunyai iklim dingin. Iklim ini terletak agak jauh dari garis khatulistiwa yaitu berada di wilayah kutub bumi. Iklim dingin terdiri dari musim panas yang sejuk atau dingin dan musim dingin dengan suhu yang sangat dingin hingga bisa membentuk lapisan-lapisan es.

4.1/ Negara Iklim Dingin

Beberapa negara yang mempunyai iklim dingin yaitu Alaska, Kanada, Islandia, Swedia, Greenland, Norwegia, Finlandia, Rusia bagian utara dan benua Antartika.

4.2/ Jenis Iklim Dingin

Iklim dingin terbagi menjadi 3 jenis yaitu iklim taiga, iklim tundra dan iklim kutub.

4.2.1/ Iklim Taiga

Iklim taiga mempunyai suhu yang sangat dingin ketika sedang memasuki musim dingin. Wilayah taiga menjadi habitat hutan boreal yang banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon conifer seperti pinus. Hutan boreal akan berubah menjadi hutan bioma terluas di bumi jika seluruh wilayahnya digabungkan. Beberapa jenis hewan yang hidup di taiga adalah harimau Siberia dan beruang cokelat.

4.2.2/ Iklim Tundra

Iklim tundra mempunyai suhu dingin di ambang batas yang normal dimana wilayah tundra adalah berupa daratan dingin yang membeku dipenuhi oleh tanaman yang memiliki usia singkat.Beberapa wilayah dengan iklim tundra mencakup pulau-pulau di utara Kanada, Amerika Utara, pantai selatan Greenland dan pantai utara Siberia. Wilayah dengan iklim ini sering mengalami musim dingin yang berlangsung agak lama dan mengalami musim panas sejuk yang berlangsung sangat cepat. Ketika sedang musim dingin, wilayah ini akan ditutupi oleh es dan salju. Kemudian ketika sedang musim panas maka wilayah ini akan membentuk rawa-rawa yang luas karena mencairnya es di permukaan tanah. Jenis tumbuhan yang hidup di wilayah ini adalah lumut-lumutan dan semak belukar. Sedangkan hewan yang mampu bertahan hidup di wilayah ini adalah rusa kutub.

4.2.3/ Iklim Kutub

Wilayah dengan memiliki iklim kutub ini menyimpan lapisan es yang sangat tebal dimana-mana. Wilayah kutub meliputi kutub utara dan kutub selatan yang tertutup salju dan es abadi sepanjang tahun sehingga tidak memungkinkan bagi tanaman jenis apa pun untuk hidup dan berkembang. Hewan yang hidup di wilayah ini adalah beruang kutub di wilayah kutub utara dan penguin di wilayah kutub selatan.

Sumber tulisan :

https://www.gramedia.com/literasi/iklim-matahari/

Tags PC Windows

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel