5 Contoh Sikap Manusia Sebagai Mahluk Sosial yang Bisa Menghargai Keberagaman Persatuan dan Kesatuan

9 Dec 2021 09:00 1517 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

5 contoh sikap manusia sebagai mahluk sosial yang bisa menghargai keberagaman persatuan dan kesatuan.  

Apa sajakah perilaku yang semestinya wajib anda aplikasikan dalam kehiduapn sehari-hari guna terjaganya rasa persatuan dan kesatuan berbangsa dan negara Indonesia tercinta ini ? Contoh nyata terhadap sikap yang berfungsi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini adalah menjasi sebuah perilaku yang sekaligus bisa menjaga keharmonisan dan kerukunan hidup dimana sangat sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku budaya dari Sabang hingga Merauke. Anda membutuhkan perilaku yang mampu meningkatkan kerukunan dan keharmonisan tersebut agar tidak mudah terjadi gesekan-gesekan atau konflik yang sifatnya horizontal ataupun vertikal. 

Seperti dijelaskan tersebut di atas, keberagaman yang tersimpan di bumi Indonesia merupakan sebuah aset berharga yang wajib dilindungi sehingga menjadi kebanggaan bagi anda untuk hidup bersama-sama dalam kerukunan antar sesama dalam satu wadah ideology bernama Pancasila.

Hal-Hal Yang Berhubungan Dengan Perilaku Menghargai Keberagaman, Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

Toleransi dan tenggang rasa haruslah bisa dijaga agar mampu mencerminkan nilai-nilai yang tersimpan di dalamnya terutama yang berhubungan dengan sifat dasar manusia yang akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih jelasnya, lihat penjelasan yang kami berikan terangkum di bawah ini terdapat beberapa contoh sikap yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka menjadikan hidup lebih menyenangkan dan menggairahkan untuk dilakoni bersama sesama dalam sebuah lingkungan sosial.

1/ Sikap toleransi

Kata toleransi berasal dari bahasa latin yaitu tolerare yang artinya bersabar dan mampu menahan diri. Toleransi merupakan sebuah sikap saling hormat-menghormati dan menghargai antar kelompok dengan antar individu (perorangan) baik itu yang terjadi di dalam masyarakat maupun dalam lingkungan yang lainnya. Sikap-sikap toleransi ini sudah seharusnya dipupuk demi untuk menjaga terciptanya sebuah lingkungan yang damai, aman dan nyaman. Terutama jika dalam lingkungan anda terdapat banyak hal yang berbeda-beda, maka sikap saling menghargai perbedaan tersebut penting untuk diberi perhatian lebih. Seseorang yang mampu bersikap toleransi dalam lingkungannya akan memberikan pengaruh yang baik yaitu memiliki banyak teman dan bernilai di mata masyarakat. Toleransi bisa diaplikasikan dalam bentuk sikap saling tolong-menolong, tidak memaksakan kehendak dan juga tidak memaksa orang untuk bersedia menganut agama anda.

2/ Mau dan bersedia berteman dengan siapa saja

Masing-masing teman yang anda miliki tentunya mempunyai perbedaan dimana suatu perbedaan akan menjadi indah jika di dalamnya ada sikap saling menghargai. Dalam usia yang produktif merupakan masa dimana anda seharusnya menemukan teman sebanyak-banyaknya. Dimana di saat ini anda sedang bergairah untuk menemukan berbagai tipe teman yang saling mempunyai perbedaan. Namun keberagaman tidak akan menjadi sebuah masalah besar apabila anda bisa dengan tulus menghargai pendapat mereka. Dalam berteman tentu saja ada hal-hal yang terpenting perlu mendapatkan prioritas yaitu kenyamanan dimana pada umumnya seseorang tidak akan merasa nyaman jika tinggal di lingkungan asing. Maka dari itu perlu bagi anda untuk menemukan banyak teman. Saat anda sudah mempunyai banyak teman yang tentu saja satu dengan yang lainnya berbeda-beda maka di sini anda akan dapat memperluas pengetahuan yang ada, menambah kenalan dari teman satu ke teman baru, juga sekaligus bisa saling menghormati suku dan agama yang dianut oleh teman anda. Jadi pentingnya di sini adalah sikap tidak memilih-milih untuk berteman hanya terdapa orang-orang tertentu saja akan lebih menguntungkan anda yaitu sekaligus bisa membantu membangun keutuhan negara dan menjaga keharmonisan dalam masyarakat.

3/ Sikap ramah tamah yang alami

Akan terasa lebih indah jika menyikapi sebuah perbedaan dengan bijaksana seperti dimulai dari hal-hal kecil yaitu saling bertegur sapa. Tentunya masing-masing orang mempunyai sudut pandang yang berbeda terhadap orang yang lainnya, contohnya adalah anda tinggal di negara Indonesia merupakan salah satu negara yang di dalamnya banyak dijumpai keunikan-keunikan seperti gaya hidup, bahasa dan penduduknya yang berbeda-beda suku, ras dan agama. Perbedaan adalah sesuatu hal yang mutlak adanya namun bersikap ramah di dalamnya akan menjadikan perbedaan tersebut terlihat samar-samar bahkan bisa hilang seketika. Ramah identik dengan orang yang pandai bergaul, dapat menjalin tali persaudaraan dengan orang lain dengan menunjukkan sikap-sikap sopan dan murah senyum. Ini adalah sikap mendasar sebagai salah satu wujud sikap penghormatan terhadap perbedaan yang ada. Contohnya adalah ketika anda bertemu dengan orang lain yang berbeda suku atau kepercayaan, anda bersikaplah sopan dan menyenangkan di hadapan mereka. 

4/ Sikap-sikap tidak egois

Seperti diketahui bahwa sikap-sikap egois merupakan salah satu sikap yang kurang bagus. Seseorang yang bersikap egois tentunya akan kesulitan untuk mendapatkan teman karena biasanya selalu memikirkan dirinya sendiri. Anda sebagai warga negara yang patuh dan baik tentunya ingin selalu mendapatkan kenyamanan bersosial, maka dari itu haruslah mampu menjaga agar tidak mudah tersulut emosi dan biasakan diri untuk menghadapi masalah dengan tenang. Di sini tidak egois artinya tidak memaksakan kehendak atau kepentingan anda sendiri terhadap orang lain yang berbeda dengan anda. Sadari bahwa kepentingan anda akan selalu sejajar dengan kepentingan orang lain. Dalam konteks sikap beragama, tentulah anda mengenal sifat-sifat fanatic yang tak jarang justru dapat mengganggu keharmonisan bersama.

5/ Sikap tolong-menolong

Sikap-sikap baik perlu ditanamkan sejak dini dan akan menjadi bekal hidup setelah menginjak usia dewasa. Tentu saja anda akan tinggal di lingkungan sosial yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Di dalam kehidupan bermasyarakat pastilah ada saling membutuhkan satu dengan yang lainnya karena manusia merupakan mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Oleh sebab itu harus saling menanamkan sikap-sikap saling menolong dimana sekali waktu bisa merenung untuk membayangkan diri anda seorang diri tidak ada yang mau membantu ketika sedang membutuhkan bantuan, tentu saja akan merasa sedih dan khawatir. Itulah perlunya sikap tolong-menolong dimana pada saat menolong juga mempunyai etika jangan sampai orang yang akan anda tolong malah merasa tersakiti. Rasa tolong-menolong akan muncul apabila dibarengi dengan rasa empati ingin menolong, dalam hal ini empati merupakan perasaan bahwa anda merasakan apa yang dirasakan oleh seseorang dan dari sinilah akan muncul dorongan rasa ingin menolong.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.kosngosan.com/2020/09/contoh-sikap-menghargai-keberagaman.html/

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel