Lagi Cari Cuan? Inilah Tanaman Hias Langka Terindah di Indonesia yang Bisa Dijual Mahal

3 Dec 2021 16:05 252 Hits 4 Comments Approved by Plimbi

Ini adalah tanaman hias langka terindah di Indonesia sehingga bisa dijual mahal.

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara kepulauan yang menyimpan beragam flora di dalamnya dimana sebagian dari flora yang dikenal saat ini kondisinya sudah mulai langka ditemukan di hutan-hutan belantara di Indonesia. Kelangkaan ini disebabkan karena banyak faktor dan sebagian besar karena ulah tangan-tangan usil manusia di sekitarnya yang kurang bertanggung-jawab dalam melestarikan flora tersebut sehingga ke masa depan jumlah flora yang dimaksudkan menjadi semakin sedikit. 

Beragam flora di hutan-hutan di seluruh Indonesia banyak yang difungsikan sebagai tanaman hias yang bisa dijual dengan harga mahal dan menjadi incaran para kolektor tanaman hias. Kolektor tanaman hias adalah sebuah penyaluran hobi yaitu mengumpulkan tanaman hias untuk kepuasan tersendiri. Hobi ini saat ini semakin banyak yang menyukai dan menjadi salah satu aktivitas yang cukup menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan keluarga sejak wabah covid-19 melanda beberapa wilayah di dunia termasuk Indonesia. Inilah salah satu yang menyebabkan beberapa jenis tanaman hias memiliki nilai jual yang sangat mahal di pasaran seperti jenis aglonema dan monstera atau tanaman hias anggrek yang dijual dengan harga bisa mencapai jutaan rupiah per bibit.

6 Jenis Tanaman Hias Mahal Yang Mulai Langka Di Indonesia

Seperti dijelaskan tersebut di atas, ada beberapa jenis tanaman hias di Indonesia yang banyak sekali memiliki penggemar sehingga perkembangannya saat ini mulai jarang dijumpai alias sudah termasuk ke dalam kelompok tanaman hias yang langka dengan harga jual sangat mahal. Berikut adalah daftar beberapa tanaman hias langka dan mahal di Indonesia bisa anda ketahui untuk selanjutnya bisa mengambil tindakan untuk melestarikan tanaman-tamanam hias tersebut.

1/ Tanamn hias indah dan langka yaitu anggrek hitam papua

Yang pertama adalah tanaman anggrek hitam papua dimana tanaman hias nan cantik ini di Indonesia sudah tidak asing lagi kedengarannya bagi para pecinta tanaman hias yang kemasyurannya mencapai wilayah seluruh dunia. Tanaman ini termasuk ke dalam kerabat orchidaceae yang memiliki kelopak bunga berwarna hitam mengkilap karena dilapisi zat lilin dan pada bagian pusat bunga memiliki warna-warna cerah seperti putih, kuning, ping, hijau, hingga merah darah. Tampail sangat indah dan memukau yang menyebabkan tanaman hias ini tembus hingga harga jutaan rupiah di pasaran tanaman hias. Harga mahal yang diberikan karena saat ini anggrek hitam papua termasuk salah satu tanaman hias langka di Indonesia.

2/ Beragam tanaman hias yang dikerdilkan yaitu bonsai

Tanaman hias ini sejak zaman dahulu dijual dengan harga yang tertinggi karena terbanyak diburu oleh kolektor tanaman hias magal di Indonesia dan dunia. Beberapa macam tanaman bonsai yang terkenal adalah bonsai kihuhan emas dan bonsai klimeng di Indonesia dijual dengan harga bisa mencapai jutaan rupiah. Tanaman bonsai merupakan salah satu tanaman yang diambil dari jenis pepohonan besar dan berkayu kokoh untuk selanjutnya melalui proses dikerdilkan ditanam dalam pot-pot dangkal untuk menjadikannya miniature dari pohon besar yang biasa tumbuh liar di alam bebas seperti di hutan arau daerah ladang dan tepi sawah. Proses mengkerdilkan pohon besar ini memakan waktu yang sangat lama dan saat ini bonsai termasuk ke dalam kelompok tanaman hias langka yang indah di Indonesia sehingga harga jualnya rata-rata mahal di pasaran.

3/ Monstera andasonii variegate import jepang yang unik dan sangat cantik

Tanaman hias langka yang mahal dijual di pasaran yang ketiga adalah diberi nama unik sesuai dengan bentuk dari tanaman ini yaitu unik namun sangat cantik yaitu monstera anda sonii variegate import jepang yang memiliki nilai jual bisa tembus jutaan rupiah. Yang memudahkan anda mengenali jenis tanaman yang satu ini adalah tanaman ini memiliki daun yang berlubang-lubang secara alami. Daun-daun cantik nan unik ini berbentuk agak oval dengan warna khas yang menonjol yaitu hijau tua. Sangat cocok difungsikan sebagai dekor rumah sehingga banyak diburu oleh para kolektor tanaman hias unik. Terbanyak disukai oleh orang adalah dari jenis monstera deliciosa yang berdaun berukuran sangat lebar (besar-besar). Sedangkan yang dijual termahal di pasaran tanaman hias adalah dari jenis monstera delisiosa variegata. Yang menyebabkan mahal dijual karena bentuk daun dengan lubang bervariasi, warna-warna daun yang beragam dan mudah dalam pengembangan.

4/ Tanaman hias langka philodendron minima variegata

Ini adalah salah satu jenis tanaman hias langka di Indonesia yang paling terkenal hingga seluruh dunia. Di Selandia Baru, para petani sangat menyukai untuk membudidayakan tanaman hias ini dalam jumlah besar karena memiliki bentuk dan warna-warna cantik yang banyak memiliki penggemar sehingga laku dijual dengan harga bisa tembus jutaan rupiah. Ukuran daun dari tanaman ini besar-besar dalam kelipatan angka genap seperti dua, empat, enam atau delapan. Dilengkapi dengan warna-warna cantik menyerupai mahkota bunga seperti salah satu yang menjadi primadona di Indonesia adalah dari jenis philodendron pink princess yang saat ini keberadaannya di Indonesia termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman hias langka dan mahal. Jenis tanaman ini memiliki varian warna daun yang beragam namun jika benar-benar diperhatikan hanya bisa dibagi dua yaitu hijau pink dan hijau gelap mengkilap karena berlapiskan zat lilin yang tahan dari kekeringan dan awet hingga berbulan-bulan. Adapun warna-warna yang bervariasi ini terjadi karena melalui proses perubahan genetik / variegata. Warna-warna cantik yang dihasilkan dipengaruhi oleh intensifnya sinar matahari yang dikumpulkan. Jadi dalam pemeliharaan pastikan tanaman hias ini mendapatkan sinar matahari dalam jumlah yang mencukupi.

5/ Tanaman hias langka anthurium

Tanaman hias langka yang satu ini di Indonesia sangat digemari untuk dikoleksi oleh para kolektor tanaman hias yaitu khusus untuk jenis anthurium tipe jemani cobra varigata bisa tembus jutaan rupiah di pasar-pasar tanaman hias. Yang membuat tanaman ini tampil memikat adalah terletak pada wujud daunnya yang berbentuk cantik dengan dihiasi oleh warna-warna unik dan sangat cemerlang serta awet.

6/ Tanaman hias caladium hibrida

Memiliki warna yang sangat menonjol dan mampu memikat hati siapa saja yang memandangnya yaitu ping putih kehijauan cenderung perak klasik menyerupai kain batik Solo yang menjadikan tanaman hias langka caladium jenis hybrid monstruosum ini termasuk ke dalam kelompok tanaman hias cantik yang mulai langka di Indonesia sehingga nilai jualnya rata-rata mahal namun anda jangan khawatir untuk membeli satu bibit unggul caladium karena sangat mudah dalam pengembangannya. Untuk memudahkan anda mengenali daun tanaman ini adalah dari bentuknya yang meruncing dengan pangkal waun seperti berbentuk kuping gajah.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.katadata.co.id/redaksi/berita/612c3fcf1d96a/23-tanaman-langka-indah-dan-mahal/

 

About The Author

Utamii 38
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel