Mari Mencicipi Ragam Dessert Khas Jepang yang Menggunakan Anggur Shine Muscat sebagai Garnis

3 Dec 2021 14:05 176 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Mari mencicipi ragam dessert khas Jepang yang menggunakan anggur Shine Muscat sebagai garnis.

Apakah anda adalah penyuka makan buah anggur ? Tentulah mengenal jenis anggur yang satu ini yaitu anggur shine muscat merupakan salah satu varietas dari buah anggur khas dari Jepang yang dikembangkan ke seluruh penjuru dunia sekitar awal tahun 1980. Memiliki daging buah yang kenyal, banyak air, sangat manis dengan mengeluarkan aroma nikmat yang tajam. Warna buahnya ketika sudah matang adalah hijau terang dan sangat cantik dengan karakteristik tanpa biji. Sama dengan jenis anggur kyoho, shine muscat saat ini menjadi kebanggaan warga masyarakat Jepang karena kualitas buahnya yang sempurna disertai cara budidaya yang sangat mudah dilakukan seperti bisa dikembangkan hanya di pekarangan rumah saja. Inilah yang menyebabkan banyak petani buah tertarik untuk menanam jenis anggur yang satu ini dalam jumlah besar.

Sejak dijual ke pasar-pasar internasional pada tahun 1980 menyebabkan pamor anggur shine muscat menjadi sangat terkenal dan disukai oleh banyak orang. Namun tetap saja hasil yang sempurna hanya diperoleh dari asal negara penemu jenis anggur ini untuk pertama kalinya yaitu di Jepang.

Buah anggur shine muscat adalah salah satu varietas tanaman anggur hijau tanpa biji yang tampil berbeda dengan jenis buah anggur lainnya. Di Jepang sendiri, buah anggur jenis ini menjadi objek utama produk pertanian dalam skala besar hingga diimport keluar negeri. Dimana selain difungsikan sebagai buah meja yang bisa dimakan begitu saja secara langsung, ada banyak pastry chef di Jepang, Eropa dan Amerika yang suka menggunakan buah anggur hijau ini sebagai garnis untuk kreasi beragam dessert yang dimasak.

Nah mumpung sedang musim buah anggur dengan panen yang berlimpah, cobalah dimanfaatkan untuk membuat variasi lainnya selain dimakan segar seperti membuat dessert dengan menambahkan buah anggur ini ke dalamnya. Rasanya sangat enak.

1/ Mille feuille

Camilan ringan yang satu ini tidak hanya disukai oleh warga Jepang saja melainkan sudah sangat populer di Eropa dan Amerika sebagai salah satu jenis dessert kesukaan keluarga. Rasanya yang gurih dengan campuran custard cream di dalamnya mampu memberikan tekstur dan rasa lebih yummy dan membuat dessert ini tidak membosankan untuk disajikan setiap hari sebagai kudapan ringan untuk anak-anak sepulang sekolah atau dessert santap makan malam. Gunakan anggur shine muscat untuk menyempurnakan kenikmatan rasa dari kue yang satu ini.

2/ Cheese tart

Siapa yang tak suka dan tak kenal dengan cheese tart ala warga Jepang ini ? Di Jepang, ketika sedang musim panen buah anggur terutama anggur jenis shine muscat, banyak ibu-ibu rumah tangga memanfaatkan panen yang berlimpah dengan membuat dessert makan siang dicampur dengan buah anggur ini. Hasilnya adalah dessert yang menjadi tren disukai oleh banyak orang di Eropa dan Amerika seperti halnya di Jepang. Banyak toko-toko kue menjual cheese tart ini (salah satunya yang paling terkenal di Jepang adalah bernama pablo) menjadi edisi khusus shine muscat cheese tart yang rasanya gurih dari keju dan segar dari buah anggur segar yang dicampur di dalamnya. Tekstur cheese tart yang semula gurih menjadi renyah dan segar karena diberi garnis berupa buah anggur shine muscat segar yang bercita rasa sangat manis dan berair banyak.

3/ Jelly

Di Jepang terdapat kebiasaan unik yang sangat disukai oleh anak-anak dari bunda mereka yang suka membuatkan kudapan ringan atau dessert makan siang sepulang mereka dari sekolah yaitu jelly yang menggunakan buah anggur shine muscat sebagai toping, atau jus buah anggur shine muscat sebagai flavor untuk jelly yang akan dibuat.

4/ Cake

Cake adalah salah satu dessert yang sangat umum untuk dicampur dengan beragam buah-buahan segar seperti salah satunya yang paling populer adalah buah anggur jenis shine muscat. Dessert yang banyak dijual di toko-toko kue di Eropa, Amerika atau di Jepang rata-rata terkenal dengan penambahan penggunaan buah-buahan segar sebagai toping atau isian di sela-sela layer cake. Rasanya memperkaya rasa asli dari cake bersangkutan yaitu perpaduan rasa gurih, manis dan segar. Serasi dengan kelembutan cake dan fresh cream.

5/ Sandwich

Masih ingat dengan tren sandwich bergaya Jepang yaitu sandoichi yang sempat populer di Jakarta beberapa waktu yang lalu ? Di Jepang ada banyak sekali jenis sandwich yang populer difungsikan sebagai kudapan ringan atau dessert bukan hanya berisikan cokelat atau isian gurih lainnya, kali ini orang-orang Jepang menciptakan sandwich berisikan buah-buahan segar yang dipadukan dengan gurihnya rasa whipped cream. Contohnya adalah menambahkan irisan anggur shine muscat ke dalamnya. Terbentuklah rasa yang sempurna.

6/ Parfait

Parfait adalah salah satu kudapan ringan atau dessert makan malam yang sangat digemari oleh semua orang di Jepang. Terdiri dari bahan-bahan terlezat untuk membuat dessert pada umumnya seperti es krim, jeli dan puding, parfait tidak lengkap dibuat tanpa kehadiran buah-buahan segar di dalamnya. Buah-buahan yang digunakan untuk mencampur adalah buah-buahan berasa manis dan memiliki kandungan air yang banyak seperti jeruk, stroberi, blueberry, rushberry, mangga dan yang terakhir adalah buah anggur. Dalam satu porsi parfait bisa memakai 10 varian buah segar namun yang paling terkenal di Jepang adalah parfait yang dicampur dengan irisan buah anggur jenis shine muscat.

7/ Daifuku

Di Jepang daifuku hampir sama dengan kudapan ringan bernama mocha. Kue berasa manis ini pada umumnya diolah dengan mencampurnya bersama dengan beragam isian seperti pasta kacang merah atau buah segar seperti anggur shine muscat. Banyak dijual di toko-toko kue terutama pada saat ada perayaan Natal, tahun baru Imlek atau valentin sangat disukai sebagai hadiah untuk remaja putri. Buah anggur jenis shine muscat sangat cocok dipadukan dengan mocha yang lembut dan gurih.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.femina.co.id/tip-masak/7-inspirasi-dessert-menggunakan-anggur-shine-muscat/

About The Author

Utamii 38
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel