Untuk Penderita Covid-19 yang Merasa Mual, Disarankan Makan Salah Satu dari 8 Ragam Makanan Berkuah Panas ini

1 Dec 2021 15:55 284 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Untuk penderita covid-19 yang merasa mual, disarankan makan salah satu dari 8 ragam makanan berkuah panas ini.

Pertama kali Indonesia mengumumkan tentang kasus covid-19 setahun yang lalu, UNICEF telah berinisiatif untuk memimpin berbagai upaya untuk memberikan respon terhadap pandemic ini bekerjasama dengan pemerintah, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan mitra-mitra lainnya yang terkait. Beberapa diantaranya adalah dengan membagikan perlengkapan kesehatan yang sifatnya esensial bagi keselamatan nyawa si penderita dan orang-orang di sekitarnya, memastikan mendapatkan pelayanan kesehatan dan gizi yang mencukupi tetap dilakukan, membangun sarana air dan menjaga kebersihannya serta memastikan murid laki-laki dan perempuan memperoleh pendidikan dan perlindungan yang sederajat adalah bagian dari upaya UNICEF untuk memperlambat penyebaran covid-19 khususnya meminimalkan dampaknya terhadap anak-anak. 

Seperti diketahui bahwa akibat dari serangan covid-19 terhadap manusia di seluruh dunia, dunia menjadi menghadapi krisis kesehatan global yang berpengaruh buruk terhadap kondisi sosial ekonomi dimana kondisi ini belum pernah terjadi sebelumnya. Di Indonesia, kehidupan jutaan anak dan keluarganya seakan-akan seperti terhenti. Adanya pembatasan sosial dan penutupan sekolah-sekolah berdampak pada perkembangan pendidikan, kesehatan mental dan akses terhadap pelayanan kesehatan dasar.

Pengobatan Dengan Memperhatikan Pola Makan Sehat

Bagi anda yang sudah terlanjur terkena penyakit yang satu ini, gejala yang paling sering muncul adalah rasa mual. Ini akan menyebabkan selera makan anda mulai menurun dan banyak yang kesulitan untuk menelan makanan. Padahal di saat tubuh sedang dalam kondisi lemah seperti ini, asupan makanan sehat sangat penting dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Meskipun sedang tidak nafsu makan, bagaimana caranya harus ada makanan yang masuk ke dalam tubuh meskipun jumlahnya sedikit. Lauk dalam bentuk makanan berkuah mungkin akan memudahkan penderita untuk menelan makanan.

Resep makanan berikut di bawah ini mungkin bisa menjadi ide bagus untuk dijadikan sebagai makanan buat keluarga, tetangga atau teman-teman anda yang sedang isoman. Beri semangat kepada mereka agar dapat melalui proses penyembuhan dengan tenang.

1/ Semangkok sup bening jagung hangat

Ini adalah salah satu jenis sup ayam dengan isian lainnya dipotong kecil-kecil sehingga memudahkan anda untuk menyantapnya. Kuah kaldunya lebih kental dan pekat dari sup ayam biasa karena menggabungkan tulang sapi saat proses membuatnya. Rasanya enak dan mampu membangkitkan selera makan si penderita.

2/ Semangkok panas soto bandung

Soto bandung adalah salah satu jenis soto berkuah bening yang rasanya gurih dan segar. Menggunakan irisan daging sapi bagian sanding lamur yang berlemak. Jika anda tidak menyukai lemak karena takut menjadi gemuk, sebaiknya kurangi kandungan lemaknya dengan menggunakan daging sapi bagian sengkel. Rasanya sama-sama enak.

3/ Semangkok panas soto kemiri

Soto kemiri adalah salah satu jenis soto berkuah kuning tetapi tanpa santan. Rasa kuahnya gurih dan segar diperoleh dari kaldu ayam kampung yang direbus bersamaan dengan bumbu kemiri. Cocok diberikan kepada penderita sakit flu, orang baru sembuh dari sakit dan menghilangkan rasa mual akibat covid-19 dengan ditambahkan sambal yang pedas.

4/ Semangkok hangat sup kimlo

Sup kimlo di sini adalah sejenis sup bening dengan isian yang komplet. Bahan utamanya adalah memakai bunga sedap malam yang mengeluarkan aroma wangi. Namun jika aroma ini justru memperparah rasa mual yang anda derita maka sebaiknya abaikan saja bahan yang satu ini bisa diganti dengan memakai jamur.

5/ Semangkok panas sup iga

Untuk mendapatkan daging iga yang cepat empuk dan mudah lepas dari tulangnya maka ketika memasaknya gunakan panci tekan atau presto. Perhatikan cara memproses kaldunya agar nutrisi daging yang tercampur ke dalam kuah tidak berkurang jumlahnya sehingga bisa mempengaruhi rasa kuah sup. Suir kecil-kecil daging dan juga sayuran dipotong kecil-kecil untuk memudahkan anda menelan isian sup, jika kesulitan, setidaknya kuahnya saja sudah cukup bernutrisi.

6/ Semangkok sup wonton

Sup wonton dibuat dari bahan jahe yang dapat menghangatkan tubuh. Wonton bertekstur lembut sehingga mudah untuk dikunyah dan ditelan.

7/ Semangkok tekwan hangat

Sup yang satu ini dibuat dengan menggunakan kaldu dari udang. Lalu ditambahkan bihun yang bertekstur lembut agar mudah ditelan dan sekaligus bisa menggantikan nasi.

8/ Semangkok panas sop tahu serabut

Meskipun terbuat dari bahan-bahan yang sangat sederhana, sup ini tetap mampu tampil sempurna dengan menyuguhkan cita rasa yang gurih dan segar karena di dalamnya menggunakan jahe untuk kuahnya. Gunakan tahu sutra agar lebih mudah menelan.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.femina.co.id/tip-masak/8-makanan-berkuah-untuk-penderita-covid-19-yang-merasa-mual/

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 38
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel