Kenalkan Kepada Anak-Anak Tercinta Beberapa Jenis Tumbuhan Langka di Indonesia yang Terancam Punah

16 Nov 2021 19:40 685 Hits 5 Comments Approved by Plimbi
Tanaman langka 

Indonesia adalah salah satu negara besar yang dikenal sebagai negara kepulauan yang di dalamnya menyimpan keberagaman flora atau tanaman yang sangat beragam jumlahnya. Menurut buku yang berjudul ‘ Atlas Flora Dan Fauna ’ di dalamnya mengulas fakta bahwa terdapat sekitar 37.000 jenis tanaman tinggi yang tumbuh dengan subur di wilayah Indonesia. Bahkan dari 37.000 tanaman tersebut, ditemukan sekitar 14.800 sampai dengan 18.500 tanaman endemik atau tanaman yang hanya ada di Indonesia saja.

Meskipun demikian, di balik jumlahnya yang sangat besar, terdapat satu hal yang menjadi kabar buruk terhadap perkembangan tanaman tersebut di masa depan. Ini erat hubungannya dengan keberadaan beberapa jenis tanaman yang terancam mulai mengalami kepunahan. Ancaman kepunahan terhadap beberapa jenis tanaman ini disebabkan oleh banyak faktor yaitu salah satu penyebab utamanya adalah adanya alih fungsi lahan yang menyebabkan beberapa jenis tanaman tersebut kehilangan habitatnya.

Tanaman apa sajakah yang termasuk ke dalam kelompok tanaman dilindungi karena keberadaannya mulai punah di Indonesia bahkan di dunia ? Berikut penjelasan yang bisa kami berikan tersebut di bawah ini.

1/ Tanaman langka anggrek tebu

Anggrek tebu adalah kelompok anggrek terindah di dunia dan pernah tercatat di dalam buku ‘Guinness World Records ’ sebagai salah satu tanaman hias paling banyak dikoleksi oleh pemburu tanaman hias mahal di dunia. Namun saat ini tanaman yang satu ini terancam eksistensinya lantaran tanaman yang memiliki daun dan bunga menyerupai corak seperti kulit harimau ini terlalu banyak diburu oleh orang-orang hingga ke dalam hutan. Padahal waktu yang dibutuhkan untuk tumbuh dari anggrek ini sangatlah lama. Nah hal inilah yang menyebabkan tanaman yang satu ini menjadi semakin langka kian hari dan terancam mengalami kepunahan.

2/ Tanaman langka pohon damar

Tanaman yang mempunyai nama ilmiah adalah agathis dammara ini terancam punah karena secara terus-menerus dieksploitasi oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab pada hutan-hutan besar di Indonesia. Banyak dari mereka mengambil secara liar batang tanaman ini untuk kepentingan sendiri dengan memanfaatkan batang-batang yang kokoh sebagai kayu untuk beragam kebutuhan dan getahnya sebagai bahan pembuatan kopal.

3/ Tanaman langka pohon ulin

Tanaman endemik Kalimantan ini terkenal karena memiliki batang yang sangat kuat. Sama seperti pohon damar, pohon ulin saat ini jumlahnya semakin langka lantaran banyak ditebang untuk pemenuhan kebutuhan bisnis konstruksi bangunan dalam skala besar seperti pembangunan rumah, jembatan dan kapal laut.

4/ Tanaman langka pohon tengkawan

Sama seperti tanaman tersebut di atas, pohon tengkawan yang memiliki nama ilmiah yaitu shorea ini sudah lama termasuk dalam daftar tanaman langka sebagai akibat terlalu berlebihan mengalami eksploitasi. Banyak orang yang memanfaatkan pohon ini dengan cara mengumpulkan biji-bijinya yang dihasilkan dari bunga tanaman ini untuk selanjutnya diproduksi menjadi minyak aromaterapi. Saat ini tanaman ini hanya ditemukan di daerah asalnya saja yaitu di Kalimantan.

5/ Tanaman langka bunga padma raksasa

Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Rafflesia Arnoldii ini menjadi salah satu tanaman yang keberadaanya terancam punah. Tanaman yang bunganya termasuk ke dalam bunga terbesar di dunia ini ternacam punah lantaran masifnya penebangan hutan dan perburuan hewan yang menjadi penyebar bibit bunga itu.

6/ Tanaman langka edelweis Jawa

Terkenal dengan nama populer yaitu bunga senduru, tanaman edelweis Jawa memiliki habitat di sekitar area pegunungan yang bercuaca sangat dingin dimana saat ini tanaman ini sudah termasuk ke dalam tanaman yang keberadaannya mulai hilang. Mulai punahnya bunga dengan nama ilmiah anaphalis javanic ini disebabkan oleh perilaku yang tidak bertanggung jawab yang biasa dilakukan oleh para pendaki gunung. Mereka dengan mudahnya memetik bunga ini dalam jumlah besar untuk dijadikan sebagai bunga / buket kering untuk beragam fungsi seperti hiasan hadiah atau lukisan dari bunga edelweis Jawa yang dikeringkan. Hingga saat ini, diketahui bahwa jenis tanaman ini hanya tersisa di Gunung Papandayan, Gunung Gede, Gunung Pangrango dan Gunung Rinjani.

7/ Tanaman langka kantong semar

Ini adalah termasuk salah satu jenis tanaman karnivora yang memangsa serangga-serangga kecil beterbangan di sekitar mulut / kantong semar untuk dijadikan makanan / pupuk mereka. Saat ini tanaman ini sudah termasuk ke dalam daftar tanaman yang mulai langka di Indonesia.

Keunikan tanaman ini adalah seperti robot yang bisa distel yaitu mampu membuka dan menutup kantong semar secara otomatis yang menyebabkan tanaman ini menjadi primadona para pengkoleksi tanaman hias mahal sehingga banyak yang memburunya hingga ke tengah hutan. Hal inilah yang membuat keberadaan tanaman ini kian hari menjadi semakin langka.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Kenalkan Kepada Anak-Anak Tercinta Beberapa Jenis Tumbuhan Langka Di Indonesia Yang Terancam Punah ” dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan informasi bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 49
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel