Kue Lapis Moka Vla, Jajanan Pasar Tradisional Khas Jepara Yang Mudah Dibuat Di rumah

18 Nov 2021 19:00 1787 Hits 11 Comments Approved by Plimbi
Kue lapis moka vla 

Kue lapis moka vla merupakan salah satu jajan pasar tradisional khas daerah Jepara yaitu cake yang terbuat dari bahan dasar berupa campuran tepung beras dan tepung tapioka sehingga terciptalah adonan kalis berasa nikmat dan harum disebabkan karena adanya campuran daun pandan di dalamnya. Ini adalah sejenis kue lapis yang terdiri dari 5 lapisan. Bahan-bahan membuatnya adalah tepung beras, tepung tapioka, gula merah, gula pasir, santan, garam, pala dan daun pandan sebagai fungsi aroma. Adonan dibuat hingga kalis lalu dibagi menjadi 2 lapisan atas dimana pada permukaan paling atas ditaburi pala yang ditumbuk halus. Sedangkan garam dan daun pandan merupakan pelengkap dalam masing-masing adonan.

Varian rasa membuat cake ala jajanan khas daerah Jepara ini yaitu moka kerap digunakan untuk melezatkan olahan kopi yang dicampur dengan susu dan cokelat. Sajian ini terasa manis dan gurih sehingga sangat mudah menjadi pendamping beragam aneka camilan ringan lainnya. Juga, moka memberikan cita rasa manis yang bisa dikolaborasikan bersama dengan bahan tambahan seperti kelapa. Hal ini memungkinkan untuk terciptanya sebuah olahan yang lebih nikmat dan kaya rasa saat dicicipi. Contohnya adalah cake tiramisu merupakan salah satu makanan penutup bertekstur lembut memakai bahan dasar mascarpone. Cake basah ini sangat kental rasa kopi yang membedakannya dari cake dessert lainnya.

Tiramisu versi original terkenal dengan menyimpan beraneka inovasi menarik bahan-bahan tambahan yang sangat mudah ditambahkan ke dalamnya seperti dengan menambahkan coconut flakes dan lapisan moka untuk mendapatkan cita rasa yang ramai sehingga tidak membosankan. Moka dan kelapa dalam hal ini adalah bahan serasi dalam membuat kukis kering yang manis. Tak cuma versi original, contoh lainnya adalah tiramisu cake pun terkenal dengan aneka inovasi menarik yang dapat ditambahkan ke dalam beragam bahan-bahan pendamping. Seperti dengan menambahkan coconut flakes dan lapisan moka guna memperoleh keramaian rasa pada kue yang dihasilkan nantinya. Moka dan kelapa cocok untuk disajikan dalam olahan kukis garing dan manis dimana bahan dari kelapa ditambahkan ke dalam adonan utama pada kue sedangkan moka bisa berfungsi sebagai filling. Bahan-bahan lainnya yang dibutuhkan untuk menemani kelapa pada adona kue adalah tepung terigu, brown sugar, telur, mentega, soda kue dan bubuk pengembang. Setelah kue selesai dipanggang selanjutnya bisa tambahkan mocha filling di permukaannya untuk mempersedap rasa dan mempercantik tampilan kue.

Ada beberapa jenis kue yang bercita rasa moka mulai dari cake, cheesecake, bolu panggang, bolu kukus, brownies, hingga beragam kue kering lainnya cocok memadukan cita rasa kopi, cokelat dan susu terhadap moka yang akan menciptakan cita rasa dan wangi yang unik tetapi lezat. Di dunia, ada banyak chef dan patisseries bereksperimen dengan moka dan berhasil menciptakan dessert yang menggiurkan.

Praktis Membuat Resep Kue Lapis Moka Vla

Waktu yang dipersiapkan untuk memasak adalah sekitar 30 menit, waktu untuk memasak adalah rata-rata 60 menit dan waktu total yang dibutuhkan adalah 1 jam 30 menit. Macam resep adalah kelompok dessert, cuisine Indonesia dengan saran penyajian sebanyak 20 potong.

Bahan-bahan yang wajib disediakan :

Bahan membuat adonan utama :

  • ¼ sdt pasta moka
  • 50 gram margarine dilelehkan
  • 2 sdm susu cair
  • ½ sdt baking powder
  • 15 gram kopi bubuk
  • 20 gram coklat bubuk
  • 120 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram gula pasir
  • ½ sdt cream of tartar
  • 250 gram putih telur

Bahan untuk membuat vla :

  • 1 kuning telur ayam
  • 30 gram tepung maizena dicairkan dengan 2 sdm air
  • 50 gram gula pasir
  • 250 ml susu cair

Cara membuat kue lapis moka vla :

Pertama-tama adalah membuat cake. Kocok putih telur dan cream of tartar sampai setengah mengembang lalu masukkan gula sedikit demi sedikit sambil dikocok sedang hingga mengembang. Lalu masukkan tepung terigu, coklat bubuk, kopi bubuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk-aduk agar tercampur merata. Tuangkan susu cair, margarin leleh dan pasta moka sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk lagi agar merata. Selanjutnya bagi adonan cake menjadi 3 bagian sama besar. Tuangkan masing-masing ke dalam 3 buah Loyang bentuk kotak memanjang yang sebelumnya sudah diolesi dengan margarin dan dialasi kertas roti. Panggang selama 30 menit dengan suhu sekitar 160 derajat C hingga matang dengan sempurna. Angkat dan dinginkan.

Kedua dalah membuat vla cake. Aduk susu cair dan gula pasir, masak sambil diaduk-aduk pelan hingga mendidih tetapi tidak pecah. Gunakan api kecil saja. Ketika sudah mendidih matikan api, tuang dua sendok sayur adonan ke dalam kuning telur lalu aduk rata dan masukkan lagi ke dalam panci. Masaka kembali sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Kentalkan dengan larutan tepung maizena. Masak sambil diaduk hingga keluar letupan-letupan kecil, angkat. Selagi hangat-hangat kuku cenderung panas, tuang dan ratakan vla ke atas cake, tutu dengan cake lainnya, dinginkan.

Potong-potong sesuai dengan selera dan sajikan bersama dengan garnis seperti buah ceri segar, anggur hijau, stroberi dibelah dua, potongan buah nangka atau potongan buah nanas manis.

Yang perlu diberi perhatian khusus adalah jaga konsistensi vla agar agak kental dan padat yaitu tidak terlalu cair sehingga membasahi cake. Jika vla yang dibuat terlalu cair maka akan mengganggu konsistensi kue lapis saat dipotong dan disajikan. Jika anda suka maka hiasi selain dengan buah-buahan segar bisa memakai gula bubuk ayak dan buah manisan seperti kismis. Rasanya legit dan segar oleh garnis.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Jajan Pasar Tradisional Khas Jepara Yang Mudah Dibuat Di rumah : Kue Lapis Moka Vla ” yang kami kumpulkan dari beberapa sumber tulisan. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 38
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel