Inilah Ragam Makanan Khas Manado Terenak di Lidah Orang Asing

18 Nov 2021 16:00 494 Hits 6 Comments Approved by Plimbi
Makanan khas kota Manado

Beragam makanan khas Manado merupakan menu wajib yang harus anda kenal apalagi mendapatkan kesempatan untuk mencicipinya ketika berwisata ke kota sejuk ini. Di dalamnya banyak menyimpan makanan khas yang bercita rasa lezat di lidah orang asing sekali pun dan terdengar sangat akrab di telinga warga di luar kota Manado seperti ayam rica-rica atau bubur Manado yang sejak dahulu sangat populer akan cita rasa yang lezat dan kaya rempah. Tentunya ada banyak sekali kuliner khas lainnya yang bisa anda temukan di kota Manado yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

Makanan khas Manado menyajikan rasa yang benar-benar mantap di lidah siapa saja yang berkesempatan mencicipi dan mampu menggugah selera makan yang membuat anda akan merasa ketagihan untuk berburu lebih dari sekali.

Ada banyak pilihan menu makanan yang tersedia pastinya akan membuat selera makan anda menjadi semakin meningkat, seperti beberapa yang kami rekomendasikan tersebut di bawah ini.

1/ Masakan dari daging ayam bernama ayam woku belanga

Ayam woku belangan adalah sajian khas kota Manado pertama yang paling populer hingga seluruh wilayah Sulawesi dan luar pulau. Bahan utama yang digunakan untuk mengolah sajian ini adalah dari daging ayam kampung yang dibalur dengan bumbu lengkap seperti bawang merah, bawang putih, cabe hijau, cabai merah, jahe dan sereh serta daun jeruk nipis. Untuk memperoleh cita rasa gurih maka rempah utama ditambahkan kunyit, daun pandan, daun bawang, air perasan jeruk nipis, irisan tomat dan petikan daun kemangi. Proses memasak sajian ini tidak membutuhkan waktu yang lama dimana sajian ini memiliki dua jenis yaitu ayam woku belangan berkuah encer dan ayam woku belangan berkuah kental sesuai selera penikmat. Meskipun memiliki versi kuah yang berbeda namun untuk urusan rasa sama-sama menggugah selera.

2/ Masakan dari daging ayam bernama ayam tuturaga

Makanan khas Manado yang kedua adalah berupa olahan daging ayam yang disajikan bersama dengan kuah santan pedas yang memberikan sensasi makan daging ayam yang gurih berkuah pedas. Namanya adalah ayam tuturaga sekilas pandang menyerupai opor ayam yang diberi tambahan berupa perasan jeruk nipis dan sambal cabe yang menciptakan sensasi rasa asam-asam gurih dan pedas. Cocok disantap bersama dengan potongan lontong atau ketupat dan kerupuk.

3/ Sajian enak bubur tinutuan khas warga Manado

Sajian khas kota Manado yang ketiga adalah berasal dari daerah Tinutuan sehingga nama yang diberikan kepada makanan ini pun berhubungan dengan nama kota kecil yang terletak di daerah ini yaitu kota Tinutuan. Ini termasuk ke dalam salah satu sajian tradisional yaitu berupa olahan bubur yang dimasak dengan mencampur beragam bumbu lalu diolah dengan teknik memasak khas ala nenek-nenek dari Manado. Sekilas pandang, penampilan sajian ini mirip dengan bubur ayam khas kota Surabaya namun bubur tinutuan tidak menggunakan daging ayam di dalamnya melainkan hanya berisikan sayuran dan berfungsi sebagai salah satu menu sarapan pagi yang menyehatkan tubuh. Tinutuan disajikan bersama dengan lauk pelengkap seperti beberapa biji perkedel kentang, sepotong ikan asin, beberapa biji perkedel jagung dan secukupnya sambal roa. Cita rasa bubur sangat lembut dan komposisi rasa yang begitu unik membuat siapa saja akan tergoda untuk mencicipinya. Banyak ditemukan di warung-warung tenda seputaran kota Tinutuan di Manado.

4/ Makanan tradisional khas warga Manado, cakalang fufu

Menu khas warga Manado yang keempat adalah bernama cakalang fufu yang terbuat dari bahan utama ikan cakalang berukuran besar. Seperti diketahui bahwa ikan cakalang banyak ditemukan di wilayah perairan kota Manado sehingga ketika musim panen tiba dengan hasil yang melimpah ruah, masyarakat kota Manado mengolah sebagian hasil panen menjadi beragam jenis masakan yang diawetkan, salah satunya adalah cakalang fufu yang kerap dijadikan sebagai oleh-oleh khas Manado yang unik. Dimana proses pengasapan ikan cakalang terlebih dahulu melakukan pembubuan terhadap daging ikan cakalang segar lalu diawetkan dengan cara diasap agar ikan-ikan ini mampu bertahan selama kurang lebih 1 bulan dalam suhu ruangan.

5/ Makanan dari laut khas warga Manado yang kaya rempah, ikan kuah asam

Apabila anda adalah salah seorang penikmat olahan ikan segar dari laut maka tak ada salahnya mencicipi semangkok sop panas ikan kuah asam khas warga Manado yang bisa dijadikan sebagai pilihan tepat pendamping nasi putih hangat ketika tiba waktu makan siang. Sajian khas Manado ini menyuguhkan sensasi rasa pedas dan asam-asam gurih yang sangat segar, ikan kuah asam mempunyai rasa yang sangat menggoda sehingga siapa saja suka menyantapnya. Rasa yang begitu identik menyebabkan masakan yang satu ini menjadi populer hingga keluar kota Manado.

6/ Camilan unik dan lezat dari Manado wajib dicoba, panada

Panada adalah salah satu jajanan khas warga Manado yang sekilas pandang menyerupai kue pastel dengan bagian pinggirnya bergerigi yang menyebabkan tampilan jajanan ini terlihat unik. Meskipun memiliki bentuk yang hampir sama dengan pastel namun kedua jenis makanan ini tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya karena panada dibuat dari adonan yang menyerupai adonan roti sehingga memiliki tekstur cenderung lebih kalis. Isian di dalamnya juga berbeda, panada wajib diisi dengan suwiran ikan cakalang atau jenis ikan laut lainnya. Menampilkan sensasi rasa yang unik dan sangat enak karena suwiran ikan dicampur dengan beragam rempah menyerupai sajian khas Pulau Dewata yang kaya rasa. Cocok dimakan sebagai sarapan pagi teman minum kopi.

7/ Camilan ringan yang segar dari Manado, gohu

Yang dimaksud dengan gohu adalah makanan ringan yang bercita rasa segar yaitu sejenis asinan khas Manado yang tidak bisa anda temukan dimanapun selain di Manado. Asinan ini dibuat dari bahan-bahan seadanya di dapur dan di kebun yaitu bahan utama adalah buah pepaya mengkal yang diiris agak tebal dengan pisau bergigi lalu dicampur dengan kuah kental asam manis pedas yang terdiri dari bahan-bahan seperti cabe, cuka, gula aren, jahe, air dan bakasang yaitu telur yang baru saja dikeluarkan dari salah satu perut ikan laut sudah melalui proses fermentasi. Rasanya unik menyerupai asinan tetapi lebih segar dan kaya akan rasa yang menjamin anda akan ketagihan berkali-kali jika sudah mendapatkan kesempatan mencoba sekali. Cocok dimakan pada waktu siang hari menjelang makan siang.

8/ Sajian dari ayam yang melegendaris di Manado, ayam isi buluh

Kuliner khas warga Manado yang terakhir adalah terkenal kaya akan cita rasa rempah-rempah yang menyengat tajam seperti masakan dari Pulau Dewata yaitu bernama ayam isi buluh menjamin mampu menggugah selera makan siapa saja. Terbuat dari bahan utama yaitu daging ayam, masakan ini diolah dengan memakai tehnik memasak yang unik yaitu digodok dalam sebatang buluh berukuran besar atau bambu. Penggodokan atau pemanggangan dilakukan di atas bara api dari batok kelapa yang memberikan aroma khas yaitu wangi hingga daging ayam berubah warna menjadi kecoklatan. Dari aroma yang dikeluarkan sudah mampu menggoda orang yang menghirupnya untuk mencicipinya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul “ Inilah Beberapa Ragam Makanan Khas Manado Terenak Di Lidah Orang Asing, Yuk Mencicipinya ” yang kami rangkum dari beberapa sumber tulisan. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 38
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel