Inilah 7 Tips yang Wajib Diperhatikan dan Dilakukan Oleh Para Ibu Sebagai Bekal Perawatan Bayi Sehat

18 Nov 2021 11:00 216 Hits 5 Comments Approved by Plimbi
Tips perawatan bayi sehat 

Kalau anda sebagai seorang ibu tidak memiliki pengalaman dalam merawat bayi-bayi anda maka dikhawatirkan bayi-bayi tersebut akan tumbuh menjadi anak-anak yang tidak sehat jasmani dan rohani. Tentu saja ini bukanlah menjadi harapan para ibu di masa depan terhadap bayi-bayi mereka karena akan merugikan mereka memiliki anak yang sakit-sakitan atau cacat mental. Bayi pun bisa menjadi bayi yang rewel sepanjang hari karena ikut merasakan situasi tak nyaman ini.

Maka dari itu untuk bisa menghindari hal-hal buruk terjadi terhadap bayi anda, sejak dini hari bekali diri anda dengan info lengkap tentang bagaimana cara merawat bayi yang baik. Simak penjelasan kami tersebut di bawah ini.

1/ Bayi anda sering rewel atau menangis di waktu malam hari

  • Apabila karena lapar maka berilah susu menjelang tidur malam agar bayi anda kenyang dalam jangka waktu lama.
  • Bila bayi anda buang air (dengan mencium atau meraba popoknya) maka segera ganti popoknya dengan uang baru dan bersihkan seputar alat genetalianya hingga benar-benar bersih dengan memakai kapas kemudian keringkan dengan lap bersih yang lembut dan kering.
  • Bila baju bayi anda basah karena keringat maka segera dibuka dan bersihkan tubuhnya dengan waslap, keringkan lalu ganti dengan baju yang menyerap keringat.
  • Jika telapak tangan atau kakinya dingin maka kenakan kaos kaki dan selimut agar bayi tetap merasa hangat. Jika masih berumur dua atau tiga bulan maka anda bisa membedongnya dengan menggunakan selimut bayi. Perhatikan suhu ruangan, jika menggunakan AC maka gunakan suhu berkisar antara 25 sampai dengan 27 derajat C.
  • Apabila bayi anda masih merasa terganggu maka ninabobokkan dengan bersenandung atau memutarkan lagu-lagu yang tenang sambil mengayun-ayunkan atau mengelus-elus punggung atau dahinya. Bisa juga dengan meredupkan lampu kamarnya serta usahakan ruangan dalam keadaan hangat dan tidak pengap.
  • Apabila karena kolik (menangis secara terus-menerus dan melengking seperti kesakitan) maka segera gendong bayi anda dalam posisi rebah di dada anda dan elus-elus atau tepuk-tepuk punggungnya. Kadang-kadang gerakan yang teratur saat anda melangkah pelan-pelan sambil menggendongnya membuat bayi merasa nyaman dan tertidur kembali.

2/ Bayi anda mulai suka mencakar dirinya terutama di bagian wajah

Apabila anda belum sempat memotong kukunya maka kenakan dulu kaos tangan bayi. Kalau kaos tangan belum ada, anda bisa menggunakan kaos kakinya sebagai kaos tangan. Kaos kaki biasanya sulit terlepas dari tangannya. Alihkan perhatian bayi dengan mainan-mainan yang berbunyi di kaos tangannya sehingga mereka asyik bermain.

3/ Khawatir dan takut memotong kuku bayi

Perlu diketahui bahwa kuku lebih mudah dipotong sehabis bayi dimandikan. Minta bantuan seseorang untuk mengajaknya berbicara sementara anda memotong kukunya. Atau tunggu sampai bayi anda tertidur misalnya setelah disusui. Dalam kondisi tidur, bayi-bayi tersebut tidak akan banyak bergerak sehingga anda menjadi lebih mudah meluruskan jari-jari munfilnya (yang biasanya dalam kondisi menggenggam). Gunakan gunting kuku khusus untuk bayi yang aman untuk jemari bayi yang masih sangat lunak.

4/ Meskipun anda memandikan dengan air hangat, tubuh bayi kadang-kadang masih menggigil

  • Periksa pintu dan jendela rumah apakah sudah tertutup semua. Karena sedikit saja ada angin yang masuk kamar akan membuat tubuh bayi yang basah menjadi menggigil.
  • Pastikan ruangan dalam kondisi cukup hangat dan suhu air mandi sekitar 38 derajat C. Cek dengan mencelupkan siku anda ke dalam air.
  • Begitu diangkat dari air, segera bungkus bayi dengan memakai handuk untuk menghangatkannya.

5/ Mata bayi tampak lengket

  • Anda jangan terburu-buru merasa khawatir karena ini biasa terjadi pada bayi yang baru lahir. Pertama-tama bersihkan matanya dengan kapas yang dibasahi air matang yang bersih dari arah hidung ke telinga. Pakai satu kapas untuk sekali pembersihan.
  • Hindari terlihat ada cairan kuning dan sangat lengket, jika kondisi sangat parah maka segera konsultasikan ke dokter.

6/ Tali pusar bayai masih basah dan ada cairan putih

  • Tidak perlu terburu-buru merasa khawatir karena hal ini tidak membutuhkan penanganan khusus. Pastikan tali pusat tidak mengeluarkan bau busuk.
  • Setelah bayi selesai dimandikan, bungkus tapi pusat dengan kain kasa yang sebelumnya dibasahi dengan air alkohol 70 persen.
  • Jangan ditaburi apa pun baik itu antibiotic atau bedak.
  • Segera konsultasikan ke dokter apabila kulit sekitar tali pusar menjadi merah, bengkak atau tampak mengeluarkan darah.

7/ Bayi sering mengalami cegukan (sampai 5 hingga 10 menit) sehingga kelelahan

Kondisi cegukan terjadi karena adanya kontraksi mendadak di area otot diafragma. Susuilah bayi anda untuk mengurangi frekuensi cegukan. Pastikan kepala bayi saat menyusu dalam keadaan tegak, setelah selesai jangan lupa sendawakan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul “ Inilah 7 Tips Yang Wajib Diperhatikan Dan Dilakukan Oleh Para Ibu Sebagai Bekal Perawatan Bayi Sehat ” yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan informasi bermanfaat bagi para pembaca.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 38
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel